Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Kamu suka buah apel hijau? Apel hijau memiliki rasa yang lebih asam. Namun, ada banyak manfaat apel hijau untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk simak selengkapnya manfaat apel hijau untuk kesehatan dalam artikel ini.

Buah Apel Hijau

Umumnya, apel hijau adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Faktanya, dalam 100 gram apel atau satu apel ukuran sedang, mengandung 52 kalori dan beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan serat. Selain itu, buah apel juga mengandung banyak vitamin dan mineral, misalnya vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalsium, magnesium, dan kalium yang baik untuk tubuh.

Manfaat Apel Hijau

Berikut adalah beberapa manfaat apel hijau untuk kesehatan:

1. Kaya akan Serat

Apel hijau mengandung serat larut dan tidak larut, yang membantu menjaga pencernaan sehat dan mencegah sembelit. Selain itu, apel hijau  juga mengandung serat pektin yang berfungsi meningkatkan bakteri baik di usus. Bakteri ini berperan dalam pemecahan makanan dalam usus.

2. Menyehatkan Jantung

Lebih lanjut, kandungan serat, flavonoid, dan antioksidan dalam apel hijau dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal terpenting, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi beberapa buah, seperti apel, pir dan persik, dapat menurunkan risiko penyakit kolesterol tinggi, penyakit jantung, bahkan stroke.

3. Menjaga Berat Badan

Konsumsi apel hijau dapat membantu mengontrol berat badan karena kandungan seratnya yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Apel hijau berukuran sedang memiliki kandungan serat sebanyak 14% dari kebutuhan serat harian. Tentunya, dengan cara ini akan lebih terkontrol untuk membantu penurunan berat badan.

4. Mengandung Antioksidan

Setidaknya, apel hijau mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko terjadinya penyakit degeneratif.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain itu, kandungan flavonoid dan antioksidan dalam apel hijau juga berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

6. Menyehatkan Kulit

Sementara, vitamin C dalam apel hijau membantu memelihara kolagen dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

7. Mencegah Diabetes Tipe 2

Konsumsi apel hijau dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu mencegah diabetes tipe 2.

8. Menjaga Fungsi Otak

Beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa dalam apel hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah penurunan kognitif pada usia lanjut.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A dan antioksidan lutein dalam apel hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula.

10. Membantu Detoksifikasi

Kandungan air dan serat dalam apel hijau membantu proses detoksifikasi tubuh dan membersihkan sistem pencernaan.

Itu tadi penjelasan mengenai manfaat apel hijau untuk kesehatan. Meski diyakini dapat mencegah berbagai macam penyakit, terlalu banyak mengonsumsi apel hijau tetap tidak disarankan karena bisa membuat perut kembung. Hal ini dapat terjadi karena kandungan serat dan fruktosa yang tinggi. Rasa asam pada apel hijau juga bisa memperparah gejala maag, seperti mulas dan mual. Jadi, jika Anda merasakan hal tersebut, segera konsultasi dengan dokter agar segera diberi penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan

PharmEasy. Akses pada 2023. Green Apple: Uses, Benefits, Side Effects and More!
BeBeautiful. Akses pada 2023. Green Apple Health Benefits
Emoha. Akses pada 2023. 10 Amazing Health Benefits of Green Apples for Elders.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn