Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Bawang putih telah menjadi bagian dapur selama berabad-abad. Bumbu ini memiliki khasiat kuratif dan obat karena sifat antibakteri dan antiseptiknya. Khasiat bawang putih yang bermanfaat karena adanya senyawa Allicin. Yuk simak selengkapnya manfaat bawang putih bagi kesehatan di bawah ini!

Banyak Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bawang putih mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan yang nyata, seperti perlindungan terhadap flu biasa dan kemampuan membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Berikut ini adalah manfaat bawang putih bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Mencegah Batuk dan Pilek

Bawang putih mentah berpotensi menangkal infeksi batuk dan pilek. Mengonsumsi dua siung bawang putih yang dihaluskan saat perut kosong memiliki manfaat yang maksimal. Untuk anak-anak dan bayi, menggantungkan siung bawang putih pada benang di lehernya diharapkan dapat meredakan gejala hidung tersumbat.

Minyak bawang putih mungkin memiliki sifat anti-inflamasi. Dalam kasus nyeri dan peradangan pada persendian atau otot, mengoleskan minyak bawang putih secara topikal mungkin bermanfaat. Menggosok area yang terkena dengan minyak bawang putih berpotensi membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Allicin, senyawa yang terkandung dalam bawang putih menghentikan oksidasi LDL (kolesterol jahat). Ini mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi bawang putih secara teratur mengurangi kejadian penggumpalan darah dan dengan demikian membantu mencegah tromboemboli. Bawang putih juga menurunkan tekanan darah sehingga baik bagi penderita hipertensi.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Bawang putih meningkatkan kesehatan otak karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Ini efektif melawan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Bawang putih mungkin baik untuk arteri dan tekanan darah Anda.

Saat kita makan bawang putih, belerang yang ada dalamnya berubah menjadi gas yang kita sebut hidrogen sulfida. Gas ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah kita, sehingga lebih mudah mengontrol tekanan darah. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang apakah menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan Anda mungkin bermanfaat atau tidak.

4. Meningkatkan Pencernaan

Masalah pencernaan membaik dengan memasukkan bawang putih mentah ke dalam makanan. Ini bermanfaat bagi usus dan mengurangi peradangan. Makan bawang putih mentah membantu membersihkan cacingan. Hal baiknya adalah menghancurkan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik pada usus.

5. Menyeimbangkan Gula Darah

Mereka yang menderita diabetes memantau kadar gula darahnya dengan mengatur konsumsi bawang putih mentah. Bawang putih telah lama berpotensi dalam pengobatan tradisional. Sungguh menarik bagaimana hal ini dapat membantu dalam berbagai hal. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mungkin efektif dalam mengatasi kutil, stomatitis gigi tiruan, tukak vena, dan bahkan luka kulit. Jadi, jika Anda menghadapi salah satu masalah ini, menggunakan bawang putih mungkin bisa membantu.

6. Meningkatkan Imunitas

Bawang putih melindungi terhadap radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Seng dalam bawang putih meningkatkan kekebalan. Vitamin C membantu melawan infeksi. Ini sangat bermanfaat melawan infeksi mata dan telinga karena memiliki sifat antimikroba.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bawang putih membantu mencegah jerawat dan mencerahkan bekas jerawat. Luka dingin, psoriasis, ruam, dan lecet semuanya bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan jus bawang putih. Ini juga melindungi terhadap sinar UV dan karenanya mencegah penuaan.

8. Mencegah Kanker dan Tukak Lambung

Karena tingginya jumlah antioksidan, bawang putih melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru, prostat, kandung kemih, lambung, hati dan usus besar. Tindakan antibakteri bawang putih mencegah tukak lambung karena menghilangkan penularan dari usus.

9. Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Bawang putih mengurangi ekspresi gen yang bertanggung jawab dalam pembentukan sel adiposa yang menyimpan lemak. Ini juga meningkatkan termogenesis dalam tubuh dan menyebabkan pembakaran lebih banyak lemak dan menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Selain baik untuk menurunkan berat badan, bawang putih juga kaya nutrisi. Faktanya, satu siung bawang putih mentah yang beratnya sekitar 3 gram mengandung, antara lain:

  • Mangan
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Selenium
  • Serat
  • Kalsium, tembaga, kalium, zat besi, dan lain-lain.

10. Dapat Meningkatkan Performa Atletik

Bawang putih dianggap sebagai salah satu zat “peningkat kinerja” terbaik. Dahulu kala, penggunaannya untuk mengobati kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja para pekerja. Studi pada hewan pengerat menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih membantu meningkatkan kinerja olahraga. Orang yang menderita penyakit jantung mengonsumsi bawang putih selama 6 minggu dan hal ini mengakibatkan penurunan detak jantung sebesar 12% dan kapasitas olahraga yang lebih baik.

11. Melawan ISK dan Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Jus bawang putih segar berpotensi mengurangi pertumbuhan bakteri E. Coli penyebab infeksi saluran kemih (ISK). Ini juga membantu mencegah infeksi ginjal.

Bawang putih mengurangi infeksi pada luka, meningkatkan pertumbuhan rambut, kesehatan tulang dan kesehatan hati. Sebagian besar pengobatan rumahan hanya efektif jika bawang putih kita konsumsi secara mentah.

12. Mengurangi Kelelahan saat Berolahraga

Menurut penelitian di Jepang, bawang putih mentah yang terendam dalam campuran air dan alkohol mungkin memiliki efek signifikan pada ketahanan olahraga. Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa bawang putih memang dapat memperbaiki gejala kelelahan olahraga.

13. Mengurangi Toksisitas Darah

Bagi orang yang rentan terhadap keracunan timbal akibat pekerjaan, bawang putih mungkin merupakan solusi organik terbaik. Penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih sebenarnya lebih aman dan lebih baik dalam mengurangi keracunan timbal dalam darah dibandingkan d-Penicillamine, yang merupakan obat umum yang digunakan untuk mengobati hal yang sama.

14. Mengatasi Defisiensi Estrogen

Masa menopause pada wanita lanjut usia sering dikaitkan dengan kurangnya hormon wanita yang disebut estrogen karena produksi protein yang disebut sitokin tidak teratur. Konsumsi bawang putih diketahui dapat mengatur hal ini sampai batas tertentu dan oleh karena itu, mungkin efektif dalam mengatasi kekurangan estrogen setelah menopause.

15. Mengurangi Efek atau Timbulnya Osteoarthritis

Mengonsumsi bawang putih dalam pola makan rutin Anda juga dapat membantu mencegah atau mengurangi timbulnya osteoartritis. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih mengandung senyawa yang dikenal sebagai diallyl disulfide yang membantu menjaga kepadatan tulang sehingga berpotensi menunda timbulnya penyakit terkait tulang seperti osteoartritis.

16. Mencegah Penyumbatan Jantung

Bawang putih juga dipercaya dapat membantu mengurangi lengketnya trombosit dalam darah Anda. Trombosit ini bertanggung jawab atas pembekuan darah. Mengonsumsi bawang putih dalam dosis yang sehat dapat membantu mengurangi efek pembekuan trombosit yang berlebihan pada darah. Oleh karena itu, ini dapat membantu mencegah penggumpalan darah yang tidak perlu di dalam arteri yang dapat mencapai jantung dan menyebabkan serangan jantung.

Nah, sekarang kita telah tahu manfaat bawang putih bagi kesehatan, baik mentah atau dikonsumsi sebagai suplemen, Anda dapat mengambil langkah pertama menuju diri Anda yang lebih sehat dan lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa bawang putih memiliki beberapa kelemahan, seperti bau mulut. Beberapa orang juga alergi terhadap bawang putih. Jika Anda memiliki kelainan pendarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah, bicarakan dengan dokter sebelum menambah asupan bawang putih.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Pharm Easy. Akses pada 2023. 10 Health Benefits of Garlic – Good For Heart, Skin, Brain & More
Healthline. Akses pada 2023. 11 Proven Health Benefits of Garlic
Spice World Inc. Akses pada 2023. The Top 8 Health Benefits of Garlic
Medical News Today. Akses pada 2023. Garlic: Proven health benefits and uses

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn