Manfaat Beras Organik untuk Bayi

Manfaat Beras Organik untuk Bayi

ReliDoc – Jakarta. Beras organik dapat menjadi pilihan yang baik untuk makanan bayi karena tidak mengandung residu pestisida atau bahan kimia tambahan yang mungkin ada dalam beras konvensional. Apa saja manfaatnya untuk bayi? Simak selengkapnya manfaat beras organik untuk bayi pada artikel ini ya.

Apa itu Beras Organik?

Beras organik adalah beras yang ditanam dan produksinya dengan mematuhi praktik pertanian organik. Pertanian organik melibatkan penggunaan metode alami dan berkelanjutan yang menghindari penggunaan pestisida sintetis, herbisida, pupuk kimia, dan bahan tambahan lainnya yang penggunaannya umum dalam pertanian konvensional. Produksi beras organik dengan menjaga keselarasan lingkungan, kesehatan tanah, dan kesejahteraan hewan.

Perbedaan Beras Organik dan Non Organik

Pastinya, perbedaan antara beras organik dan non-organik terutama berkaitan dengan cara tanam dan proses beras tersebut dan apakah beras tersebut memenuhi standar pertanian organik. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara keduanya:

1. Metode Pertanian

  • Beras Organik: Penanaman beras organik menggunakan metode pertanian organik. Ini berarti tanaman beras ditanam tanpa menggunakan pestisida sintetis, herbisida, dan pupuk kimia yang umumnya digunakan dalam pertanian konvensional. Pertanian organik juga fokus pada penggunaan pupuk organik dan praktik yang lebih ramah lingkungan.
  • Beras Non-organik: Penanaman beras non-organik (konvensional) dengan menggunakan metode konvensional yang mungkin melibatkan penggunaan pestisida sintetis, herbisida, dan pupuk kimia untuk mengendalikan hama, penyakit tanaman, dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

2. Penggunaan Bahan Kimia

  • Beras Organik: Dalam pertanian organik, menghindari penggunaan bahan kimia sintetis sebisa mungkin. Ini bertujuan untuk menghasilkan beras yang lebih bebas dari residu pestisida dan bahan kimia pertanian lainnya.
  • Beras Non-organik: Dalam pertanian konvensional, penggunaan bahan kimia pertanian seperti pestisida, herbisida, dan pupuk kimia umum dan biasanya penggunaannya untuk melawan hama dan meningkatkan hasil pertanian.

3. Residu Pestisida dan Bahan Kimia

  • Beras Organik: Beras organik memiliki potensi lebih rendah untuk mengandung residu pestisida dan bahan kimia pertanian, karena metode pertanian yang lebih alami.
  • Beras Non-organik: Beras konvensional mungkin memiliki kemungkinan lebih tinggi mengandung residu pestisida dan bahan kimia pertanian karena penggunaan bahan kimia dalam proses pertanian.

4. Harga

  • Beras Organik: Beras organik cenderung memiliki harga yang lebih tinggi bila kita bandingkan dengan beras konvensional. Ini timbul karena biaya produksi yang lebih tinggi dalam pertanian organik.
  • Beras Non-organik: Beras konvensional umumnya memiliki harga yang lebih rendah.

5. Nutrisi dan Kualitas

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beras organik mungkin memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik daripada beras konvensional. Namun, perbedaan ini mungkin tidak signifikan.

Manfaat Beras Organik Bagi Bayi

Berikut adalah beberapa manfaat beras organik untuk bayi:

  1. Mengapa dianjurkan untuk dikonsumsi bayi, karena pada masa MPASI ( (Makanan Pendamping Air Susu Ibu), bayi membutuhkan nutrisi yang optimal dan aman. Sebisa mungkin alami tanpa bahan pengawet atau bahan kimia lainnya.
  2. Sebagai sumber karbohidrat, karena menempati peran terbesar sesuai kebutuhan bayi. Selain itu, saat masa pengenalan makanan, bayi disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tinggi gula atau memiliki rasa yang kuat.
  3. Keunggulannya yang menjadi pertimbangan yaitu terdapat kandungan vitamin B1, B12 dan di dalamnya. Lebih lengkap dan dalam jumlah optimal membantu pembentukan energi pada sel-sel tubuh bayi.
  4. Kandungan mineral yang menunjang pertumbuhan tubuh untuk mempercepat pertumbuhan tinggi dan berat badan. Ini juga bermanfaat untuk kesehatan otak, membuat bayi lebih pintar.
  5. Fosfor dan tanin berada pada tingkat optimal. Fungsi keduanya adalah untuk meningkatkan reaksi, mengembangkan saraf motorik, membantu bayi tetap aktif, aktif dan mudah belajar dari lingkungan sekitarnya.
  6. Manfaat lain dari beras organik untuk bayi adalah kandungan antioksidan. Hal ini penting karena mendukung daya tahan tubuh terhadap risiko penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan polutan lingkungan.
  7. Pemberian bahan makanan alami lebih dianjurkan karena sistem pencernaan bayi masih lemah. Selain mengurangi risiko kesehatan di masa depan dari penumpukan bahan kimia dalam tubuh, kadarnya dapat meningkat dari hari ke hari.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai manfaat beras organik untuk bayi. Ketika membeli beras organik, pastikan untuk melihat label sertifikasi organik yang menunjukkan bahwa produk ini telah memenuhi standar dari lembaga sertifikasi organik terkemuka. Namun ada baiknya Ibu menyiapkannya sendiri. Yang mana ibu-ibu harus memasukkan beras bayi organik sebagai bahan utamanya. Sebelum memberikan beras organik kepada bayi Anda, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi bayi untuk memastikan bahwa keputusan ini sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan perkembangan individu bayi Anda.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Beras Organik untuk Bayi

Healthline. Akses pada 2023. Brown Rice for Babies: Age, Benefits, Best Preparations.
Solidstars. Akses pada 2023. Can Babies Eat Rice and Rice Cereal? – Solid Starts.
Organix. Akses pada 2023. Organic Baby Rice Cereal For 6 Months +.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn