Manfaat Bermain Tenis Meja atau Pingpong untuk Kesehatan

Manfaat Bermain Tenis Meja atau Pingpong untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Tenis meja atau lebih dikenal oleh pingpong kini sedang populer, seperti yang telah dipertandingkan belum lama ini pada event TOSI Turnamen Olahraga Selebriti Indonesia season 2, antara pasangan Ariel Noah dan Raffi Ahmad melawan Desta dan Gading Marten. Ternyata olahraga pingpong atau tenis meja mempunyai banyak manfaat, terutama untuk tubuh kamu, yuk simak selengkapnya cara bermain dan manfaat bermain tenis meja atau pingpong untuk kesehatan di bawah ini!

Tenis Meja, Olahraga yang Cukup Populer

Tenis meja atau pingpong adalah salah satu olahraga yang cukup populer dan mudah dimainkan. Selain sebagai olahraga yang menyenangkan, bermain tenis meja juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Olahraga tenis meja atau pingpong dapat dimainkan secara perorangan ataupun berpasangan. Pertandingan tenis meja dapat bermain dalam 3 set, 5 set atau 7 set, umumnya menggunakan 5 set. Sistem perhitungan rally point yaitu 11 poin per set.

Pemain dinyatakan menang bila mendapatkan 11 poin sebanyak 2 set untuk pertandingan 3 set, atau menang 3 set untuk pertandingan 5 set. 

Cara Bermain Tenis Meja

Berikut ini cara bermain tenis meja yang perlu kita perhatikan:

  1. Siapkan Peralatan
    Sebelum bermain tenis meja, pastikan untuk menyiapkan peralatan yang perlu seperti raket tenis meja atau yang lebih terkenal dengan istilah bet, bola pingpong, dan meja tenis meja. Pastikan juga untuk memakai sepatu yang nyaman dan pakaian yang memungkinkan Anda bergerak dengan leluasa.
  2. Posisi Tubuh
    Pastinya, posisi tubuh saat bermain tenis meja sangat penting. Pastikan kamu berdiri tegak dan kaki terbuka selebar bahu. Pastikan juga tubuh Anda rileks dan jangan tegang.
  3. Gerakan Bet
    Demikian pula, gerakan bet atau raket tenis meja adalah kunci dalam bermain tenis meja. Pastikan untuk mengayunkan bet dengan gerakan yang benar dan sesuai. Gerakan bet yang tepat dapat mempengaruhi kecepatan, arah, dan rotasi bola.
  4. Bermain dengan Lawan
    Terakhir, bermain tenis meja membutuhkan konsentrasi dan reaksi yang cepat. Pastikan Anda fokus saat bermain dan siap untuk merespons bola yang datang dari lawan. Jangan lupa untuk menyesuaikan gerakan bet dengan kecepatan dan arah bola yang datang.

Teknik Dasar Bermain Tenis Meja

Berikut adalah teknik dasar bermain pingpong atau tenis meja:

1. Teknik Dasar Genggaman/Pegangan

Pertama-tama, teknik grip tenis meja terbagi menjadi dua jenis yaitu penholder grip dan shakehand grip. Bergantung pada kebiasaan atlet, beberapa variasi genggaman dapat untuk penempatan jari-jari dari kedua teknik genggaman tersebut. Pegangan terbaik untuk seorang atlet adalah yang senyaman mungkin dan sesuai dengan kebiasaan atlet.

  • Penholder Grip

Pegangan penholder adalah pegangan yang digunakan oleh atlet yang bersifat menyerang. Jenis pegangan ini juga terkenal sebagai pegangan gaya Asia, karena penggunaannya banyak oleh pemain Asia. Pemain dengan sikap ini bertubuh kecil, sehingga gerakannya lincah.

  • Shakehand Grip atau Jabat Tangan

Jabat tangan adalah pegangan yang penggunaannya oleh atlet yang merupakan kombinasi dari bertahan dan menyerang. Keunggulan jabat tangan adalah variasi pukulan, dari forehand hingga back hand. Sedangkan kelemahan dari genggaman ini adalah gerakan pergelangan tangan tidak sebebas saat penholder grip.

2. Posisi Siap

Dalam tenis meja, posisi siap sangat penting, terutama saat mengembalikan bola dari lawan. Untuk mengembalikan tembakan lawan, posisi serang pemain harus siap agar pemain mudah menjangkau dan menguasai bola.

Olahrga tenis meja mempunyai tiga ciri, yaitu kecepatan (speed), putaran (rotation) dan penempatan (placement). Untuk menyesuaikan proses pelatihan dengan karakter yang diinginkan, pemain harus memahami karakteristik tersebut untuk meningkatkan performa tenis meja mereka.

3. Pukulan Dasar Tenis Meja

Pukulan tenis meja dengan telapak tangan dan punggung memiliki 2 komponen arah, yaitu komponen ke depan dan komponen naik/turun. Ada begitu banyak pukulan dalam tenis meja yang pada dasarnya pukulan mulai dengan pukulan service.

Macam-Macam Pukulan dalam Tenis Meja atau Pingpong

Berikut adalah macam-macam pukulan dalam olahraga tenis meja atau pingpong:

1. Pukulan Forehand

Pukulan forehand adalah pukulan dengan menggunakan sisi depan bet. Untuk melakukan pukulan forehand, Anda harus memegang bet dengan tangan kanan (atau kiri jika Anda kidal) dan mengayunkan bet dari bawah ke atas untuk memukul bola.

2. Pukulan Backhand

Sementara, pukulan backhand adalah pukulan dengan menggunakan sisi belakang bet. Untuk melakukan pukulan backhand, Anda harus memutar tubuh ke arah sisi backhand dan memukul bola dengan sisi belakang bet.

3. Forehand Topspin

Selain itu, forehand topspin adalah pukulan forehand dengan gerakan memutar bet ke arah depan untuk memberikan efek putaran bola ke atas. Penggunaan pukulan ini sering untuk memberikan tekanan pada lawan dan memaksa mereka melakukan kesalahan.

4. Backhand Topspin

Demikian pula, backhand topspin adalah pukulan backhand dengan gerakan memutar bet ke arah depan untuk memberikan efek putaran bola ke atas. Pukulan ini sering digunakan sebagai respons terhadap bola lawan atau sebagai serangan.

5. Forehand Smash

Forehand smash adalah pukulan forehand yang kuat dan aksinya dengan gerakan memukul bola ke arah bawah. Penggunaan pukulan ini dapat untuk mengakhiri poin atau sebagai respons terhadap bola lawan yang tinggi.

6. Backhand Smash

Backhand smash adalah pukulan backhand yang kuat dan aksinya dengan gerakan memukul bola ke arah bawah. Penggunaan pukulan ini dapat untuk mengakhiri poin atau sebagai respons terhadap bola lawan yang tinggi.

7. Service

Service adalah pukulan awal yang dilakukan pada awal setiap poin. Ada berbagai macam jenis service, seperti service pendek, service panjang, dan service samping.

Itulah beberapa macam pukulan pada permainan tenis meja. Setiap pukulan memiliki kegunaan dan keunggulan masing-masing tergantung pada situasi permainan dan strategi yang digunakan.

Manfaat Bermain Tenis Meja untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat bermain tenis meja untuk kesehatan kamu:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bermain tenis meja dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena olahraga ini melibatkan gerakan yang cukup intensif dan mengeluarkan keringat.

2. Meningkatkan Koordinasi dan Konsentrasi

Bermain tenis meja dapat membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan serta konsentrasi. Karena permainan ini membutuhkan pergerakan yang cepat dan tepat, maka Anda harus berfokus dan terus mengamati gerakan bola.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

Bermain tenis meja melibatkan gerakan yang membutuhkan kekuatan otot, terutama di tangan, lengan, dan kaki. Dengan bermain tenis meja secara rutin, Anda dapat meningkatkan kekuatan otot dan memperbaiki postur tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Bermain tenis meja dapat membantu meningkatkan kesehatan mental karena olahraga ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, bermain tenis meja juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan sosial.

5. Meningkatkan Kecepatan Reaksi

Bermain tenis meja membutuhkan kecepatan reaksi yang tinggi karena bola yang datang dapat bergerak dengan sangat cepat. Dengan bermain tenis meja secara rutin, Anda dapat meningkatkan kecepatan reaksi Anda.

Itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam bermain tenis meja, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari hanya bermain saja, tapi jangan sampai kamu sakit ya karena terlalu fokus bermain tenis meja. Apabila kamu sakit bisa dikonsultasikan ke dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Bermain Tenis Meja atau Pingpong untuk Kesehatan

Table tennis day. Akses pada 2024. 9 Basic Skills in Table Tennis.
Expert Table Tennis. Akses pada 2024. How to Play Table Tennis (in 12 Simple Steps).
Kata Data. Akses pada 2024. 5 Teknik Dasar Tenis Meja, dari Memegang Bet sampai Pukulan.
Kompas. Akses pada 2024. Variasi Gerak Langkah atau Footwork dalam Tenis Meja.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn