Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Rambutan adalah buah tropis yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Anda dapat menikmati buah ini dalam salad, atau makanan penutup dan mendapatkan manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah rambutan untuk kesehatan? Simak selengkapnya pada artikel ini!

Kandungan Nutrisi pada Rambutan

Rambutan kaya akan nutrisi seperti vitamin B5, yang berperan penting dalam membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Hal yang terpenting, vitamin B5 hanya tersedia melalui makanan, dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda, oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi 5 mg setiap hari.

Ringkasnya, rambutan juga merupakan sumber yang sangat baik untuk:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Kalsium
  • Folat
  • Kolin

Satu buah rambutan ukuran sedang mengandung:

  • Kalori: 7
  • Protein: Kurang dari 1 gram
  • Lemak: Kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 2 gram
  • Serat: Kurang dari 1 gram
  • Gula: Kurang dari 1 gram

Manfaat Konsumsi Buah Rambutan

Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam rambutan dapat memberikan manfaat nutrisi penting. Misalnya, folat adalah vitamin penting yang penting untuk pembelahan sel yang sehat dan duplikasi DNA. Oleh karena itu, dokter merekomendasikan wanita yang ingin hamil untuk mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram folat setiap hari karena sangat penting untuk menghindari cacat lahir.

Selanjutnya, rambutan juga kaya akan kalium atau potasium, mineral yang membantu detak jantung, fungsi ginjal, dan kontraksi otot. Selain itu, rambutan dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti:

1. Menurunkan Risiko Kanker

Nyatanya, rambutan kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Mengonsumsi antioksidan membantu melawan radikal bebas, yaitu produk limbah dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel Anda. Setidaknya, antioksidan telah terbukti mengurangi kerusakan sel dan berpotensi mengurangi risiko kanker pada banyak orang.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain itu, rambutan telah terbukti mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh dalam beberapa cara. Pertama, vitamin C dalam rambutan berhubungan dengan fungsi kekebalan dan kesehatan. Mengonsumsi cukup vitamin C secara teratur dapat membantu mendukung kesehatan kekebalan tubuh dalam jangka panjang. Kedua, penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak tertentu dari buah rambutan dapat membantu melawan infeksi. Ekstrak ini dapat mencegah replikasi virus, membantu sistem kekebalan Anda melawan kuman dengan lebih mudah.

3. Membantu Sistem Pencernaan

Selanjutnya, rambutan dapat membantu sistem pencernaan Anda menjadi lebih tangguh. Mereka menawarkan serat makanan dalam bentuk larut dan tidak larut. Serat makanan dalam rambutan dapat membantu mengurangi sembelit dengan menambah massa tinja dan mencegah impaksi. Serat tidak larut juga memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan Anda, membantu usus Anda menangani makanan yang lebih kompleks dengan mudah.

Penutup

Itulah tadi manfaat buah rambutan yang baik untuk kesehatan Anda. Sekilas rambutan tampak menakutkan karena kulit luarnya yang berbulu tampak sulit dibuka. Namun buah-buahan ini mudah dikupas jika Anda memahami prosesnya. Kulitnya tidak sulit untuk dipotong dan rambut halus bagian luarnya lembut dan tidak berbahaya. Selamat makan buah rambutan!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Healthline. Akses pada 2023. Rambutan Fruit: Nutrition, Health Benefits and How to Eat It
WebMD. Akses pada 2023. Health Benefits of Rambutan
Conserve Energy Futur. Akses pada 2023. 13 Health Benefits of Eating Rambutan

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn