Manfaat Hiking atau Mendaki Gunung untuk Kesehatan

Manfaat Hiking atau Mendaki Gunung untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Sinar matahari yang hangat menerpa wajah Anda, suara angin yang bertiup melalui pepohonan di atas kepala, dan nuansa lembut tanah dari jalan setapak di bawah sepatu gunung Anda. Pengalaman mendaki gunung atau hiking lebih dari sekedar kesenangan. Itu juga baik untukmu. Simak manfaat hiking atau mendaki gunung untuk kesehatan pada artikel ini!

Apa itu Hiking atau Mendaki Gunung?

Hiking atau mendaki gunung adalah aktivitas dengan tingkat kesulitan sedang, yang melibatkan berjalan kaki melintasi jarak jauh, biasanya melalui jalan setapak. Durasi kegiatan bervariasi antara program pendek setengah hari dan rencana perjalanan yang lebih panjang yaitu lebih dari 20 hari. Biasanya ini merupakan aktivitas yang memungkinkan kelompok dengan ukuran berbeda.

Hiking dan trekking adalah dua istilah yang terkadang digunakan secara tidak jelas. Perbedaan antara masing-masingnya biasanya terletak pada durasi aktivitas tertentu. Hiking atau mendaki gunung dikaitkan dengan program yang lebih pendek, sedangkan trekking digunakan untuk menggambarkan program yang lebih panjang dalam seminggu atau lebih.

9 Manfaat Hiking atau Mendaki Gunung untuk Kesehatan

Hiking atau mendaki gunung adalah cara yang bagus untuk keluar ke alam dan berolahraga. Berikut ini beberapa manfaat dari hiking untuk kesehatan:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Seperti halnya olahraga lainnya, hiking memiliki manfaat kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan berolahraga, sirkulasi Anda meningkat dan jantung Anda menjadi lebih kuat. Sebaiknya setiap orang melakukan olahraga intensitas sedang setidaknya 150 menit setiap minggunya. Hal terpenting adalah meningkatkan konsumsi oksigen, jantung Anda mendorong darah ke otot, dan efisien otot Anda dapat mengekstraksi oksigen dari sirkulasi darah.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Anda mungkin menderita tekanan darah tinggi tanpa menyadarinya, itulah sebabnya hipertensi terkadang disebut sebagai “pembunuh diam-diam”. Gejalanya sulit dideteksi, dan jika tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti stroke atau serangan jantung. Tapi satu hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda yaitu olahraga, seperti aktivitas mendaki gunung.

3. Memerangi Diabetes

Sekitar 1 dari 10 orang menderita diabetes. Obat oral dan obat insulin dapat membantu mengatasi kondisi medis umum ini. Selain itu, menjadi aktif membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jika Anda penderita diabetes dan gula darah Anda tinggi, Anda sebenarnya bisa menurunkan gula darah Anda dengan berolahraga secara teratur.

4. Mengatasi Kegemukan atau Obesitas

Hiking atau mendaki gunung, yang bisa menjadi latihan seluruh tubuh, adalah cara yang bagus untuk membakar kalori. Untuk menurunkan berat badan, tujuannya adalah menciptakan defisit kalori. Intinya, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Untuk menurunkan sekitar 1 kg seminggu, Anda biasanya memerlukan defisit 500 kalori setiap hari. Hal ini dapat dilakukan melalui pola makan Anda, serta melalui aktivitas fisik.

Meskipun bentuk olahraga apa pun itu bagus, Anda sebaiknya fokus pada latihan ketahanan seperti hiking untuk mencegah hilangnya otot. Tubuh Anda dapat membakar otot untuk menghasilkan energi. Tetapi dengan membebani otot atau melakukan latihan beban, hal itu mengirimkan sinyal ke tubuh Anda untuk membakar lemak, bukan otot!

5. Mengurangi Depresi

Pastinya, langit biru cerah, bunga bermekaran, tupai bermain-main di antara pepohonan, berada di alam adalah cara yang bagus untuk menambah kebahagiaan secara alami. Hijau memiliki efek menenangkan yang mengatur aktivitas parasimpatis Anda dan mengurangi aktivitas simpatik atau respons melawan Anda. Dan saat Anda bergerak, tubuh Anda melepaskan endorfin, yaitu hormon yang dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kenikmatan. Ini juga meningkatkan sensitivitas Anda terhadap serotonin dan norepinefrin,hormon yang dapat meredakan perasaan depresi.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ringkasnya, jika Anda kesulitan mendapatkan tidur malam yang nyenyak, mendaki gunung mungkin bermanfaat. Paparan vitamin D dapat membantu mengontrol siklus bangun dan tidur Anda. Berada di luar ruangan dan berolahraga juga akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga ketika suhu internal kembali turun, hal ini dapat membuat Anda tertidur.

7. Membangun Otot dan Tulang yang Kuat

Tentu saja, saat Anda berolahraga, Anda memengaruhi kepadatan tulang tubuh Anda. Hal ini penting karena seiring bertambahnya usia, tulang kita secara alami kehilangan kepadatannya, yang dapat menyebabkan osteoporosis. Penelitian menunjukkan bahwa setelah usia 40 tahun, kita kehilangan sekitar 1% kepadatan tulang per tahun.

Mendaki gunung mempunyai peran yang baik dalam kepadatan tulang. Terutama jika Anda memakai tas punggung karena justru membebani tulang punggung. Dan ketika ingin membangun otot yang kuat, aktivitas hiking dapat membantu menjaga otot-otot tersebut tetap aktif dan aktif.

8. Memperbaiki Radang Sendi

Bagi penderita radang sendi, terutama pada lutut atau pinggul, Anda mungkin akan merasakan nyeri saat mencoba berolahraga. Tapi hiking adalah cara mudah untuk meningkatkan detak jantung Anda tanpa terlalu membebani persendian Anda. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan di pagi hari pada penderita arthritis atau radang sendi.

9. Membantu Keseimbangan

Permukaan tanah saat mendaki, bukit, tanah, lumpur, bebatuan, dan akar pohon yang menyebabkan medan tidak rata. Saat Anda bernavigasi di luar ruangan, Anda dapat menyesuaikan perubahan keseimbangan Anda. Anda mengembangkan kekuatan, yang memainkan peran besar dalam keseimbangan. Untuk menjaga keseimbangan, Anda harus mampu merasakan perubahan dan pusat gravitasi Anda, menyesuaikan diri dengannya, dan kemudian juga memiliki kekuatan untuk melakukan penyesuaian tersebut.

Jadi, hiking adalah cara yang bagus untuk berolahraga dan memberikan manfaat tambahan seperti meningkatkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu sejumlah kondisi medis potensial. Tidak perlu menjadi ahli pendaki dalam semalam. Mulailah dari yang kecil dan lakukan perlahan sampai Anda merasa nyaman dengan lingkungan sekitar. Setiap pendakian memberikan kesempatan unik untuk merasakan langit di atas Anda, tanah di bawah Anda, dan kedamaian dalam diri Anda!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Hiking atau Mendaki Gunung untuk Kesehatan

National Park Service. Akses pada 2023. Benefits of Hiking
Cleveland Clini. Akses pada 2023. 9 Benefits of Hiking
American Hiking Society. Akses pada 2023. Health Benefits of Hiking

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn