Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Buah jeruk bali, memang terkenal karena memiliki ukuran yang lebih besar dan kulit yang lebih tebal di antara buah jeruk pada umumnya. Selain besar ukurannya, jeruk bali juga punya manfaat yang banyak pula untuk kesehatan. Simak manfaat jeruk bali untuk kesehatan pada artikel ini!

Jeruk Bali

Jeruk bali, jeruk besar, atau pomelo (ilmiah: citrus maxima) merupakan tanaman jeruk yang menghasilkan buah yang paling besar dari jeruk pada umumnya. Bobot buah jeruk bali bisa mencapai 1 hingga 2 kg. Daging buahnya berbulir dengan warna merah-oranye dan rasa yang cenderung terasa manis bercampur asam dan sedikit getir.

Selain itu, jeruk bali memiliki kulit tebal dengan bulir yang lebih besar terhadap spesies jeruk lainnya. Secara umum, tanaman ini memiliki tangkai daun bersayap, ukuran buah yang besar, dan bunga yang harum.

10 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk bali adalah buah jeruk tropis yang terkenal dengan rasanya yang manis namun asam. Ini kaya nutrisi, antioksidan, dan serat. Ini menjadikannya salah satu buah jeruk tersehat yang bisa Anda makan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jeruk bali mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan yang kuat. Berikut ini adalah 10 manfaat jeruk bali untuk kesehatan:

1. Buah yang Rendah Kalori dan Sangat Kaya akan Nutrisi

Jeruk bali adalah makanan yang bagus untuk masuk dalam diet seimbang. Itu karena tinggi nutrisi namun rendah kalori. Faktanya, ini adalah salah satu buah dengan kalori paling rendah. Ini menyediakan serat dalam jumlah yang cukup, selain lebih dari 15 vitamin dan mineral bermanfaat.

Berikut adalah beberapa nutrisi utama yang terkandung dalam setengah buah jeruk bali berukuran sedang:

  • Kalori: 52
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 64% dari asupan makanan yang dianjurkan
  • Vitamin A: 28% dari asupan makanan yang dianjurkan
  • Kalium: 5% dari asupan makanan yang dianjurkan
  • Tiamin: 4% dari asupan makanan yang dianjurkan
  • Folat: 4% dari asupan makanan yang dianjurkan
  • Magnesium: 3% dari asupan makanan yang dianjurkan

Selain itu, ini adalah sumber yang kaya akan beberapa senyawa tanaman antioksidan kuat, yang mungkin bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatannya.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Mengonsumsi jeruk bali secara teratur mungkin bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang kita kenal dapat melindungi sel Anda dari bakteri dan virus berbahaya.

Banyak vitamin dan mineral lain yang terkandung dalam jeruk bali bermanfaat bagi kekebalan tubuh, termasuk vitamin A. Vitamin A telah terbukti membantu melindungi terhadap peradangan dan beberapa penyakit menular. Ada sejumlah kecil vitamin B, seng, tembaga, dan zat besi. Semua ini bekerja sama  dalam tubuh untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Mereka juga membantu menjaga integritas kulit Anda, yang bertindak sebagai pelindung terhadap infeksi.

3. Menurunkan Berat Badan

Lebih daripada itu, jeruk bali juga memiliki beberapa khasiat yang terkait dengan penurunan berat badan, terutama kandungan seratnya, sehingga membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Selain itu, jeruk bali mengandung sedikit kalori tetapi banyak air, yang merupakan karakteristik lain yang dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Mengonsumsi jeruk bali secara teratur berpotensi mencegah resistensi insulin yang dapat menyebabkan penyakit gula darah. Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel Anda berhenti merespons insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur banyak proses dalam tubuh Anda. Ini terlibat dalam banyak aspek metabolisme Anda, tetapi karena perannya dalam pengendalian gula darah. Resistensi insulin pada akhirnya menyebabkan kadar insulin dan gula darah lebih tinggi, dua faktor risiko utama diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi jeruk bali secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol. Pertama, jeruk bali mengandung potasium atau kalium yang cukup tinggi, mineral yang bertanggung jawab atas banyak aspek kesehatan jantung. Setengah jeruk bali menyediakan sekitar 5% dari kebutuhan potasium harian Anda. Kedua, serat dalam jeruk bali juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengingat asupan serat yang tinggi terkait dengan penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol.

6. Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Jeruk bali mengandung beberapa antioksidan berbeda yang memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko beberapa penyakit. Antioksidan melindungi sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda.

Berikut ikhtisar antioksidan terpenting dalam jeruk bali:

  • Vitamin C. Ini adalah antioksidan kuat yang larut dalam air yang terdapat dalam jumlah tinggi dalam jeruk bali. Ini dapat melindungi sel dari kerusakan yang sering menyebabkan penyakit jantung dan kanker.
  • Beta karoten. Ini berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan dapat membantu mengurangi risiko beberapa kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan gangguan terkait mata seperti degenerasi makula.
  • Likopen. Hal ini terkenal dengan potensi kemampuannya dalam mencegah berkembangnya jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat. Ini juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor dan mengurangi efek samping pengobatan kanker yang umum.
  • Flavanon. Sifat anti-inflamasinya telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Batu Ginjal

Mengonsumsi jeruk bali dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal, yang timbul oleh penumpukan bahan limbah pada ginjal. Asam sitrat, asam organik yang ditemukan dalam jeruk bali, mungkin efektif mencegahnya dengan mengikat kalsium pada ginjal dan mengeluarkannya dari tubuh Anda. Selain itu, asam sitrat memiliki kemampuan untuk meningkatkan volume dan pH urin Anda, menghasilkan lingkungan yang kurang mendukung pembentukan batu ginjal.

8. Menghidrasi Tubuh

Jeruk bali mengandung banyak air sehingga sangat menghidrasi. Faktanya, air merupakan penyumbang sebagian besar berat buah. Terdapat hampir 118 ml air dalam setengah buah jeruk bali berukuran sedang, yang menyumbang sekitar 88% dari total beratnya. Meskipun minum banyak air adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi, mengonsumsi makanan kaya air juga dapat membantu.

9. Meningkatkan Energi dan Mood Anda

Aroma jeruk bali mungkin berguna sebagai bagian dari aromaterapi, yang biasanya terdiri dari penggunaan semprotan difusi dan minyak. Aromaterapi membantu meningkatkan mood dan energi fisik. Aroma jeruk sangat populer dalam aromaterapi, terutama bila digunakan dalam minyak esensial. Beberapa bukti menunjukkan adanya hubungan antara minyak esensial biji jeruk bali dan penurunan kadar kortisol, hormon stres.

10. Melindungi Kulit Anda

Jeruk bali mengandung vitamin C, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, penuaan, dan peradangan. Vitamin C sering digunakan dalam serum untuk menyembuhkan kulit, mencerahkan flek hitam, dan menghaluskan permukaan kulit. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan asupan vitamin C melalui makanan seperti jeruk bali dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi, perubahan warna, dan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, juga mengandung asam sitrat, asam malat, dan asam tartarat. Ini semua adalah jenis asam alfa-hidroksi (AHA) yang berbeda. AHA sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena beragam manfaatnya, termasuk meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit.

Penutup

Itulah tadi manfaat buah jeruk bali yang baik untuk kesehatan Anda. Namun perlu hati-hati jika Anda mengonsumsi obat penurun tekanan darah atau kolesterol. Senyawa dalam jeruk bali dapat memengaruhi cara tubuh Anda menyerap obat-obatan tersebut dan menyebabkan efek samping yang parah. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter, saat mengonsumsi obat-obatan, apakah buah tertentu menyebabkan efek samping.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan

Healthline. Akses pada 2023. 10 Health Benefits of Grapefruit
Johns Hopkins Medicine. Akses pada 2023. Grapefruit Benefits
Health. Akses pada 2023. 11 Health Benefits of Grapefruits
WebMD. Akses pada 2023. Health Benefits of Grapefruit

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn