Manfaat Jogging untuk Kesehatan

Manfaat Jogging untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Apakah kamu termasuk orang yang menyukai olahraga yang satu ini? Tahukah kamu jika jogging merupakan alternatif olahraga yang lebih efektif untuk membakar lemak di dalam tubuh? Yuk, ketahui manfaat jogging untuk kesehatan di sini!

Apa itu Jogging?

Jogging adalah bentuk aktivitas atau olahraga ringan yang melibatkan lari dengan kecepatan sedang atau pelan, biasanya dilakukan di luar ruangan, seperti taman atau jalur lari. Ini adalah olahraga yang sering dilakukan untuk meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan dan tentunya jogging dapat membentuk massa otot dengan baik, membakar kalori, mengurangi lemak tubuh dan yang paling penting dapat menjaga kesehatan jantung.

Pastinya, sebelum melakukan jogging, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut persiapan guna menambah rasa nyaman saat sedang berolahraga, terlebih saat jogging, seperti :

  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk aktivitas fisik. Pilih pakaian yang bisa menyerap keringat dan memudahkan gerakan.
  • Pastikan Anda menggunakan sepatu olahraga yang mendukung kaki dengan baik dan sesuai untuk lari. Sepatu yang tepat akan membantu menghindari cedera.
  • Lakukan pemanasan ringan sebelum jogging untuk mempersiapkan tubuh Anda. Ini bisa berupa peregangan otot dan gerakan ringan untuk menghangatkan tubuh.

Manfaat Jogging untuk Kesehatan

Tentunya, melakukan jogging memiliki manfaat yang banyak terlebih untuk kesehatan. Namun perlu untuk mengetahui bagaimana cara melakukan jogging yang benar. Berikut caranya:

  1. Perhatikan Postur Tubuh
    Pastikan untuk menjaga postur tubuh yang baik saat jogging. Pegang kepala tegak, bahu rileks, dan lengan berayun secara alami.
  2. Menerapkan Langkah Ringan
    Selanjutnya, cobalah untuk mengambil langkah yang ringan dan lembut. Hindari mendarat dengan kaki yang terlalu keras, karena ini dapat menyebabkan cedera.
  3. Jaga Ritme Pernapasan
    Selain itu, cobalah untuk bernapas dengan ritme yang konsisten dan teratur. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan melalui mulut.

Berikut manfaat jogging bagi tubuh dan kesehatan :

1. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Jogging membantu meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru Anda, serta memperkuat sistem kardiovaskular.

2. Membakar Kalori

Ini adalah bentuk olahraga aerobik yang efektif untuk membakar kalori dan membantu dalam manajemen berat badan.

3. Memperkuat Otot dan Tulang

Jogging melibatkan banyak otot dalam tubuh, yang membantu memperkuat otot dan tulang Anda.

4. Mengurangi Stres

Aktivitas fisik seperti jogging dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

Waktu yang Tepat untuk Jogging

Pendek kata, pemilihan waktu saat ingin jogging ternyata perlu diperhatikan loh. Idealnya, waktu terbaik untuk melakukan jogging adalah pada pagi hari atau sore hari. Pada pagi hari, udara umumnya lebih segar dan lebih sedikit polusi, yang membuat jogging lebih menyenangkan dan menyegarkan. Selain itu, jogging di pagi hari membantu Anda memulai hari dengan energi dan semangat yang positif. Sementara itu, jogging di sore hari bisa membantu menghilangkan stres setelah hari kerja dan memberi Anda kesempatan untuk bersantai setelahnya.

Namun, jangan ragu untuk menyesuaikan waktu jogging dengan jadwal dan preferensi pribadi Anda. Hal yang terpenting adalah tetap konsisten dalam menjaga rutinitas olahraga dan menikmati manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan Anda.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Jogging untuk Kesehatan

Betterhealth. Akses pada 2024. Running and jogging – health benefits
Luff, C. Verywell Fit. Akses pada 2024. 8 Tips for Proper Running Form.
Healthline. Akses pada 2024. The Benefits of Jogging
Weil, R. MedicineNet. Akses pada 2024. Running (Jogging).

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn