Manfaat Kacamata Hitam untuk Kesehatan Mata Kamu

Manfaat Kacamata Hitam untuk Kesehatan Mata Kamu

ReliDoc – Jakarta. Banyak orang membeli kacamata hitam di musim panas atau saat bepergian ke pantai. Tentu saja, sinar matahari yang terang, membuat kamu perlu untuk membeli kacamata hitam. Tapi, emangnya kacamata hitam atau sunglasses itu cuman buat aksesoris doang atau ada kegunaan lainnya ya? Yuk simak selengkapnya manfaat kacamata hitam untuk kesehatan mata kamu di bawah ini!

Kacamata Hitam Aksesoris Doang?

Kacamata hitam adalah jenis kacamata yang dirancang untuk melindungi mata dari sinar UV matahari yang berbahaya, serta mengurangi silau dan meningkatkan penglihatan dalam kondisi terang. Umumnya, mereka memiliki lensa yang terbuat dari bahan khusus yang menghalangi radiasi UV, dan banyak juga yang memiliki pelapis yang membantu mengurangi silau.

Setidaknya, kacamata hitam dapat dikenakan untuk mode dan fungsi, dan tersedia dalam berbagai gaya, bentuk, dan warna yang sesuai dengan preferensi dan bentuk wajah yang berbeda. Selain itu, beberapa kacamata hitam juga memiliki fitur khusus, seperti lensa terpolarisasi yang dapat membantu mengurangi silau lebih jauh, atau lensa fotokromik yang menggelap dalam cahaya terang dan mencerahkan dalam cahaya redup.

Faktanya, kacamata hitam adalah aksesoris penting untuk melindungi kesehatan mata Anda, dan disarankan untuk memakainya setiap kali Anda berada di luar, terutama selama di musim kemarau, atau saat kamu sedang ke pantai untuk healing saat matahari bersinar terik.

Manfaat Kacamata Hitam untuk Kesehatan Mata

Berikut beberapa manfaat kacamata hitam untuk kesehatan mata:

1. Perlindungan dari Sinar UV

Memang, matahari memancarkan sinar ultraviolet (UV) berbahaya yang dapat merusak mata dan kulit Anda. Untuk alasan ini, mengenakan kacamata hitam yang menghalangi sinar UVA dan UVB dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar berbahaya ini.

2. Mengurangi Risiko Katarak

Begitu pula, paparan sinar UV dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena katarak, yaitu area keruh pada lensa mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Ringkasnya, mengenakan kacamata hitam dapat membantu mengurangi risiko terkena katarak.

3. Penglihatan yang Lebih Baik dalam Kondisi Terang

Lebih daripada itu, kacamata hitam dapat membantu mengurangi silau, yang dapat memudahkan penglihatan dalam kondisi terang, seperti saat mengemudi atau berada di luar pada hari yang cerah.

4. Pencegahan Ketegangan Mata

Demikian pula, cahaya terang dapat menyebabkan ketegangan mata, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Alhasil, mengenakan kacamata hitam dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan membuat aktivitas seperti membaca atau bekerja di depan komputer menjadi lebih nyaman.

5. Mengurangi Risiko Kanker Mata

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakai kacamata hitam dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker mata, seperti melanoma mata.

Nah, itu dia manfaat yang didapatkan dari penggunaan kacamata. Kesimpulannya, kacamata hitam itu bukan hanya untuk fashion aja loh, ternyata ada manfaat yang penting untuk kesehatan mata kita di baliknya!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Kacamata Hitam untuk Kesehatan Mata Kamu

Eye Health Web. Akses pada 2023. Surfer’s Eye (Pterygium) — What You Can Do.
Healthline. Akses pada 2023. Pterygium.
MedicineNet. Akses pada 2023. Medical Definition of Photokeratitis.
WebM: Akses pada 2023. Tips to Help You Pick the Right Lenses.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn