Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Pernahkah kamu mendengar bahwa kopi hijau atau sebutan lainnya green coffee dapat membantu dalam proses diet? Yuk, ketahui manfaat kopi hijau untuk kesehatan di bawah ini!

Manfaat Kopi Hijau

Kopi Hijau atau banyak dikenal dengan green coffee sudah terkenal mampu menjadi solusi untuk menurunkan berat badan. Namun, mengkonsumsi kopi hijau ini masih menjadi perdebatan, karena tetap saja kopi hijau mengandung kafein yang tidak baik untuk konsumsi dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering.

Kopi hijau  atau green coffee merupakan biji kopi yang belum melalui proses pemanggangan dan hal ini membuat biji kopi tersebut mengandung banyak asam klorogenat, hal inilah yang membuat kopi hijau terkenal dapat membantu proses diet.  Kopi hijau atau green coffee ini semakin populer di kalangan yang ingin diet karena banyaknya testimoni penggunanya. Namun hal ini belum dapat dipastikan, masih perlu penelitian lebih lanjut lagi.

Selain dikonsumsi untuk diet, kopi hijau atau green coffee juga memiliki manfaat lain, yaitu:

1. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan asam klorogenat yang ada pada kopi hijau ternyata mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat. Senyawa antioksidan ini pada dasarnya dapat menangkal hormon kortisol aktif yang dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Meningkatkan Fokus

Mengonsumsi kopi sudah kerap kali menjadi alternatif agar seseorang dapat fokus dalam mengerjakan sesuatu, sama halnya dengan meminum kopi hijau ini. Kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat mengurangi kelelahan saat bekerja.

3. Menghambat Penuaan

Asam klorogenat pada kopi hijau ternyata dapat memperbaiki kulit, yang mana kulit bisa mendapatkan oksigen dan dapat ternutrisi dengan baik.

Bahaya Minum Kopi Hijau

Walaupun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, mengkonsumsi kopi hijau secara berlebih tetap saja memiliki dampak yang buruk dari kadar kafein di dalamnya. Berikut efek bahaya minum kopi hijau secara berlebih :

  1. Insomnia (sulit tidur)
  2. Sakit kepala dan perut
  3. Naiknya adrenalin tubuh yang membuat jantung berdetak lebih kuat
  4. Gelisah
  5. Mual dan muntah
  6. Peningkatan tekanan darah
  7. Kesulitan bernafas

Jika dalam kondisi hamil, sedang menyusui, menderita gangguan kecemasan, diabetes, diare, epilepsi, masalah pada lambung dan usus besar, tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan osteoporosis, tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi hijau, karena dapat memperburuk kondisi.

Nah, itu tadi manfaat dari kopi hijau serta dampak buruknya untuk kita ketahui. Agar kopi hijau dapat memberikan manfaat secara maksimal untuk membantu diet, barengilah dengan menerapkan pola makan dan hidup yang sehat dan jangan lupa juga untuk olahraga secara rutin.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Griffin.R.M. WebMD. Akses pada 2023. Green Coffee.
Hellosehat. Akses pada 2023. Manfaat Green Coffee.
National Health Service UK. Akses pada 2023. Eating A Balanced Diet

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn