Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Kunyit adalah bumbu masak yang berwarna oranye keemasan yang terkenal dapat menambah warna, rasa, dan nutrisi pada makanan. Kunyit berasal dari rimpang (akar) tanaman asli Asia dan penggunaannya dalam masakan selama ratusan tahun. Selain itu, ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan, simak di bawah ini!

Apa saja Manfaat Kunyit bagi Kesehatan?

Kerabat jahe, bumbu berwarna kuning-oranye cerah ini umum dalam masakan India, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. Bumbu ini juga sebagai obat seperti India selama berabad-abad untuk mengatasi masalah seperti masalah pernapasan.

Belakangan ini, kunyit sebagai makanan super yang mampu melawan kanker, meredakan depresi, dan masih banyak lagi. Faktanya, kurkumin merupakan bahan aktif utama dalam kunyit. Ia memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan kunyit untuk kesehatan yang terbukti:

1. Mengandung Senyawa Bioaktif dengan Khasiat Obat

Faktanya, kandungan kurkumin pada kunyit tidak terlalu tinggi. Itu sekitar 3%, menurut beratnya. Sebagian besar penelitian mengenai ramuan ini menggunakan ekstrak kunyit yang sebagian besar mengandung kurkumin itu sendiri, dengan dosis biasanya melebihi 1 gram per hari.

Akan sangat sulit untuk mencapai tingkat ini hanya dengan menggunakan kunyit sebagai bumbu makanan Anda. Itu sebabnya sebagian orang memilih menggunakan suplemen. Namun, kurkumin sulit terserap ke dalam aliran darah Anda. Untuk merasakan efek penuh kurkumin, bioavailabilitasnya (kecepatan tubuh Anda menyerap suatu zat) perlu ditingkatkan.

Ada baiknya jika konsumsi dengan lada hitam yang mengandung piperine. Piperine adalah zat alami yang meningkatkan penyerapan kurkumin sebesar 2.000%.Faktanya, suplemen kurkumin terbaik mengandung piperine, dan ini membuatnya jauh lebih efektif.

Kurkumin juga larut dalam lemak, yang berarti terurai dan larut dalam lemak atau minyak. Itulah mengapa sebaiknya mengonsumsi suplemen kurkumin dengan makanan tinggi lemak.

2. Kandungan Kurkumin, Senyawa Anti Inflamasi Alami

Peradangan sangatlah penting. Ini membantu melawan penjajah asing dan berperan dalam memperbaiki kerusakan pada tubuh Anda. Meskipun peradangan akut dan jangka pendek bermanfaat, hal ini dapat menjadi perhatian jika menjadi kronis dan menyerang jaringan tubuh Anda sendiri.

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa peradangan kronis tingkat rendah dapat berperan dalam beberapa kondisi kesehatan dan penyakit. Ini termasuk:

  • penyakit jantung
  • kanker
  • sindrom metabolik
  • penyakit Alzheimer
  • berbagai kondisi degeneratif

Itu sebabnya segala sesuatu yang dapat membantu melawan peradangan kronis berpotensi penting dalam mencegah dan membantu mengatasi kondisi ini.

Meskipun topik peradangan sangat beragam dan kemungkinan besar tidak ada jawaban yang sederhana, intisari dari kurkumin adalah bahwa kurkumin merupakan zat bioaktif yang dapat melawan peradangan. Namun, dosis yang sangat tinggi diperlukan untuk mendapatkan hasil pengobatan.

3. Meningkatkan Kapasitas Antioksidan dalam Tubuh

Kerusakan oksidatif, banyak yang meyakini menjadi salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit. Ini melibatkan radikal bebas, molekul yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan. Selanjutnya, radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein, atau DNA.

Alasan utama mengapa antioksidan sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Kurkumin merupakan antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas karena struktur kimianya.

Selain itu, penelitian pada hewan dan seluler menunjukkan bahwa kurkumin dapat memblokir aksi radikal bebas dan dapat merangsang aksi antioksidan lainnya. 

4. Meningkatkan Faktor Neurotropik yang Diturunkan dari Otak

Sebelum para ilmuwan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang neuron, orang meyakini bahwa neuron tidak dapat membelah dan berkembang biak setelah masa kanak-kanak. Namun, mereka kini tahu bahwa bukan itu masalahnya. Neuron mampu membentuk koneksi baru, dan di area tertentu pada otak, neuron tersebut dapat berkembang biak dan bertambah jumlahnya.

Salah satu pendorong utama proses ini adalah faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). Ini adalah gen yang terlibat dalam pembuatan protein yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kehidupan neuron. Protein BDNF berperan dalam memori dan pembelajaran, dan dapat ditemukan pada area otak yang bertanggung jawab untuk makan, minum, dan berat badan.

Banyak gangguan otak umum terkait dengan penurunan kadar protein BDNF, termasuk depresi dan penyakit Alzheimer. Menariknya, penelitian pada hewan menemukan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kadar BDNF otak.

Dengan melakukan hal ini, hal ini mungkin efektif dalam menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Namun, karena penelitian ini dilakukan pada hewan, sulit untuk mengatakan apa arti hasilnya bagi manusia.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Para peneliti telah mempelajarinya selama beberapa dekade dan belajar banyak tentang mengapa hal ini terjadi. Tidak mengherankan, penyakit jantung sangatlah rumit dan berbagai hal berkontribusi padanya.

Kurkumin dapat membantu membalikkan banyak langkah dalam proses penyakit jantung. Manfaat utama kurkumin untuk penyakit jantung adalah meningkatkan fungsi endotel, lapisan pembuluh darah Anda. Disfungsi endotel adalah penyebab utama penyakit jantung. Ini terjadi ketika endotelium Anda tidak mampu mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga sama efektifnya dengan olahraga pada wanita pascamenopause. 

6. Membantu Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Ada berbagai bentuk kanker yang tampaknya terpengaruh oleh suplemen kurkumin. Ahli telah mempelajari kurkumin sebagai ramuan bermanfaat dalam pengobatan kanker dan terbukti mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat:

  • berkontribusi terhadap kematian sel kanker
  • mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor)
  • mengurangi metastasis (penyebaran kanker)

7. Berguna dalam Mengobati Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah bentuk demensia yang paling umum dan dapat menyebabkan hingga 70% kasus demensia. Meskipun pengobatan untuk beberapa gejalanya sudah ada, belum ada obat untuk Alzheimer. Itulah mengapa mencegah hal ini terjadi sangatlah penting.

Mungkin ada kabar baik karena kurkumin telah terbukti melewati sawar darah-otak. Diketahui bahwa peradangan dan kerusakan oksidatif berperan dalam penyakit Alzheimer, dan kurkumin memiliki efek menguntungkan pada keduanya.

Selain itu, ciri utama penyakit Alzheimer adalah penumpukan protein kusut yang disebut plak amiloid. Studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu membersihkan plak ini.

8. Mengatasi Radang Sendi atau Artritis

Artritis adalah masalah umum di negara-negara Barat. Ada beberapa jenis radang sendi, yang sebagian besar melibatkan peradangan pada persendian. Mengingat kurkumin adalah senyawa anti-inflamasi yang kuat, masuk akal jika kurkumin dapat membantu mengatasi radang sendi. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan.

Dalam sebuah penelitian pada penderita rheumatoid arthritis, kurkumin bahkan lebih efektif dibandingkan obat anti inflamasi.

9. Melawan Depresi

Kurkumin telah menunjukkan harapan dalam mengobati depresi. Dalam uji coba terkontrol, 60 orang dengan depresi diacak menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi Prozac, kelompok lainnya mengonsumsi 1 gram kurkumin, dan kelompok ketiga mengonsumsi Prozac dan kurkumin.

Setelah 6 minggu, kurkumin menghasilkan perbaikan serupa dengan Prozac. Kelompok yang mengonsumsi Prozac dan kurkumin memiliki hasil terbaik. Menurut penelitian kecil ini, kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan.

10. Membantu Menunda Penuaan dan Melawan Penyakit Kronis

Jika kurkumin benar-benar dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer, kurkumin mungkin juga memiliki manfaat untuk umur panjang. Hal ini menunjukkan bahwa kurkumin mungkin berpotensi sebagai suplemen anti penuaan.

Mengingat oksidasi dan peradangan diyakini berperan dalam penuaan, kurkumin mungkin memiliki efek lebih dari sekadar mencegah penyakit.

Itulah manfaat dari bumbu kunyit untuk kesehatan. Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah, seperti potensi meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit Alzheimer dan kanker. Selain itu, kunyit adalah anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat dan juga dapat membantu memperbaiki gejala depresi dan radang sendi.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

WebMD. Akses pada 2023. Health Benefits of Turmeric
Healthline. Akses pada 2023. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin
John Hopkins Medicine. Akses pada 2023. Turmeric Benefits

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn