Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Kesehatan

Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Hewan peliharaan bukan cuman untuk jalan-jalan dan lari-larian di rumah ataupun menemani kamu di saat kesepian aja loh. Tapi bisa juga untuk kesehatan kamu, yuk simak manfaat hewan peliharaan untuk kesehatan kamu di bawah ini!

Hewan Peliharaan Punya Manfaat Lain?

Umumnya, hewan peliharaan bukan hanya teman yang lucu dan menggemaskan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kesehatan mental, dan bahkan meningkatkan tingkat aktivitas fisik.

Beberapa Hewan yang Bisa Kamu Jadikan Peliharaan

Tentu saja, setiap hewan memiliki manfaat dan karakteristik berbeda yang menjadikannya hewan peliharaan yang unik. Berikut beberapa hewan yang bisa kamu jadikan peliharaan:

1. Anjing

Anjing dikenal karena kesetiaan dan kasih sayang mereka dan menjadi sahabat yang baik. Mereka juga sangat baik untuk meningkatkan aktivitas fisik dan mempromosikan sosialisasi melalui jalan-jalan dan perjalanan ke taman.

2. Kucing

Kucing adalah hewan peliharaan dengan pemeliharaan rendah yang memberikan kenyamanan dan relaksasi melalui mendengkur dan meringkuk. Mereka juga bagus untuk mengurangi tingkat stres dan bisa menjadi hewan peliharaan yang seru.

3. Ikan

Ikan adalah hewan peliharaan yang menenangkan dan damai yang dapat memberikan lingkungan yang menenangkan. Mereka juga perawatannya rendah dan tidak membutuhkan banyak ruang atau perhatian.

4. Burung

Burung adalah hewan cerdas dan sosial yang dapat dilatih untuk melakukan trik dan memiliki kepribadian yang unik. Mereka juga memberikan manfaat memiliki hewan peliharaan tanpa perlu banyak aktivitas fisik.

5. Kelinci

Kelinci adalah hewan peliharaan yang lembut dan penuh kasih sayang yang cocok untuk keluarga dengan anak-anak. Perawatannya juga rendah, tetapi membutuhkan banyak ruang untuk berolahraga dan bermain.

6. Babi Guinea

Babi Guinea adalah hewan sosial yang menikmati kebersamaan dengan babi guinea lain atau manusia. Mereka juga mudah dirawat dan baik untuk keluarga dengan anak-anak.

7. Hamster

Hamster adalah hewan peliharaan kecil dengan perawatan rendah yang bagus untuk anak-anak. Mereka juga bagus untuk memberikan rasa tanggung jawab dan mengajari anak-anak tentang tanggung jawab tentang kepemilikan hewan peliharaan.

8. Ular

Ular adalah hewan peliharaan dengan pemeliharaan yang bagus untuk individu yang lebih memilih hewan peliharaan yang tidak konvensional. Mereka juga menarik untuk diamati dan dapat membantu mengurangi stres.

9. Kadal

Kadal bisa menjadi hewan peliharaan bagi individu yang suka mengamati binatang. Ada beberapa jenis kadal yang bisa dipelihara, seperti green iguana, bearded dragon, leopard gecko. Mereka juga membutuhkan perawatan, tetapi membutuhkan kondisi khusus, seperti panas dan cahaya, untuk berkembang.

10. Kura-Kura

Kura-kura adalah hewan peliharaan yang menarik dan berumur panjang yang dapat memberikan rasa tanggung jawab dan meningkatkan hubungan dengan alam. Mereka membutuhkan perawatan khusus, seperti suhu dan kondisi air tertentu.

Manfaat Hewan Peliharaan untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat hewan peliharaan yang dapat berdampak positif untuk kesehatan:

1. Mengurangi Stres

Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan dapat menurunkan kadar kortisol, hormon yang terkait dengan stres. Mengelus, bermain dengan, atau sekadar berada di sekitar teman berbulumu dapat membantu rileks dan menghilangkan stres.

2. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Memiliki hewan peliharaan, terutama anjing, dapat mendorong kamu untuk berolahraga lebih banyak. Membawa anjing dengan berjalan-jalan atau bermain dengannya di taman bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mendapatkan aktivitas fisik dan udara segar.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Hewan peliharaan ditemukan memiliki dampak positif pada depresi, kecemasan, dan kesepian. Mereka memberikan kenyamanan, cinta tanpa syarat dan dapat meningkatkan suasana hati dan harga diri.

4. Mempromosikan Sosialisasi

Membawa hewan peliharaan keluar di depan umum, seperti pergi ke taman anjing atau berjalan-jalan, bisa menjadi peluang bagus untuk bertemu orang baru dan bersosialisasi. Hewan peliharaan dapat bertindak sebagai pembuka percakapan dan membantu memecahkan kebekuan dalam situasi sosial.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Memiliki hewan peliharaan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, penurunan risiko penyakit jantung, dan sikap yang lebih menenangkan, yang semuanya berkontribusi pada jantung yang lebih sehat.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Meskipun memiliki hewan peliharaan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seseorang, ada juga beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan:

● Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap bulu hewan peliharaan, rambut, atau air liur, yang menyebabkan gejala seperti bersin, gatal, dan pilek.

● Stres

Merawat hewan peliharaan terkadang bisa membuat stres, terutama jika hewan peliharaan tersebut membutuhkan banyak perhatian, atau jika pemiliknya memiliki gaya hidup yang sibuk.

● Gigitan dan Cakaran

Hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, terkadang dapat menggigit atau mencakar pemiliknya, yang menyebabkan risiko infeksi.

● Penyakit Zoonosis

Beberapa hewan peliharaan, seperti burung dan reptil, dapat membawa penyakit yang dapat ditularkan ke manusia.

● Biaya Finansial

Hewan peliharaan memerlukan kunjungan rutin ke dokter hewan, makanan, perlengkapan perawatan, dan biaya lainnya. Biaya kepemilikan hewan peliharaan dapat bertambah dengan cepat dan dapat menjadi beban bagi sebagian pemilik.

● Masalah Perilaku

Beberapa hewan peliharaan mungkin mengembangkan masalah perilaku, seperti agresi atau perilaku destruktif, yang mungkin sulit untuk dikelola.

Kesimpulannya, memiliki hewan peliharaan dapat membawa kegembiraan dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Baik itu anjing, kucing, burung, atau hewan lainnya, memiliki hewan peliharaan dapat memberikan manfaat fisik, mental, dan emosional yang meningkatkan kualitas hidup kita.

Hal yang utama, kamu perlu menjaga diri kamu dan juga hewan peliharaan kamu loh ya. Ingat ketika kamu mengadopsi mereka, mereka sudah menjadi bagian keluargamu ya. Lalu, tetap jangan lupa untuk menjaga kesehatan kamu, karena mungkin saja kamu bisa terkena penyakit dari hewan peliharaan kamu loh.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Kesehatan

Health Direct. Akses pada 2023. 7 Ways Pets Improve Your Mental Health.
Mental Health Foundation. Akses pada 2023. Pets and Mental Health.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn