Manfaat Menanam Pohon bagi Lingkungan

Manfaat Menanam Pohon bagi Lingkungan

ReliDoc – Jakarta. Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia! Tentunya, banyak orang memutuskan untuk memperkaya kebunnya dengan menanam pohon. Kebanyakan dari mereka melakukannya untuk keindahan atau untuk memberikan keteduhan ekstra di musim panas. Namun, ada lebih banyak manfaat dari pohon daripada yang Anda bayangkan. Mari simak manfaat menanam pohon bagi lingkungan di artikel ini!

10 Manfaat Menanam Pohon bagi Lingkungan

Menanam pohon dianggap sebagai aktivitas paling menarik dan ramah lingkungan yang dapat dilakukan oleh banyak orang untuk menjadikan planet ini tempat yang lebih baik. Pohon memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya bagi segala sesuatu di planet ini, mulai dari hewan laut hingga banyak orang yang bekerja di seluruh dunia. Menanam pohon tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar tetapi juga seluruh masyarakat, seperti menghilangkan karbon dari atmosfer. Masyarakat yang tinggal di dekat pepohonan merasakan banyak manfaat seperti peningkatan kualitas hidup mereka. Pohon mempunyai dampak positif terhadap kesehatan mental dengan mengurangi stres dan mendorong aktivitas di luar ruangan. Berikut ini banyak manfaat menanam pohon bagi lingkungan:

1. Mengurangi Perubahan Iklim

Jika manusia mahir dalam suatu hal, maka hal tersebut akan menumpuk karbon dioksida berlebih di atmosfer. CO2 yang berbahaya berkontribusi terhadap perubahan iklim, masalah terbesar yang dihadapi dunia saat ini. Namun pepohonan membantu melawannya. Mereka menyerap CO2, mengeluarkannya dari udara dan menyimpannya sambil melepaskan oksigen. Setiap tahun, satu hektar pohon menyerap jumlah karbon dioksida yang setara dengan mengendarai mobil Anda sejauh 26.000 mil. Pohon adalah alat utama kita untuk bertahan hidup; hanya satu pohon yang dapat menghasilkan oksigen yang cukup untuk empat orang.

2. Memurnikan Udara

Pernahkah Anda merasakan “udara lebih bersih” di hutan atau di tepi laut? Ya, Anda benar karena pohon diketahui dapat memurnikan udara. Mereka menyerap gas polutan seperti nitrogen oksida, ozon, ammonia, sulfur dioksida. Pepohonan juga menyerap bau dan bertindak sebagai penyaring partikel kecil yang terperangkap di daun. Satu hektar pohon dewasa setiap tahunnya dapat menyediakan oksigen bagi 18 orang.

3. Mendinginkan Jalanan

Setiap tahun kita mendengarkan berita mengejutkan tentang pemanasan global. Misalnya, suhu rata-rata di Los Angeles telah meningkat sebesar 6F dalam 50 tahun, dan suhu rata-rata global meningkat sebesar 1,4 F. Hal ini terjadi seiring dengan menurunnya tutupan pohon. Menebang pohon dan menggantinya dengan jalan dan bangunan aspal yang menyerap panas membuat kota menjadi lebih hangat. Pepohonan mendinginkan kota hingga 10 F dengan memberikan keteduhan dan melepaskan air.

4. Penyejuk Udara Alami

Tahukah Anda bahwa pohon yang ditempatkan secara strategis di sekitar rumah Anda dapat mengurangi kebutuhan AC secara signifikan? Hal ini tidak hanya akan membuat dompet Anda lebih tebal, tetapi juga akan mengurangi karbon dioksida dan emisi dari pembangkit listrik. Arsitek dan pemerhati lingkungan duduk bersama dan menghasilkan solusi hebat – atap hijau. Atap hijau adalah cara luar biasa untuk menggabungkan vegetasi ke dalam rumah Anda dan memberikan manfaat lingkungan bagi komunitas Anda sekaligus menghemat uang untuk tagihan pendingin.

5. Menghemat Air

Selain untuk mendinginkan, pepohonan juga membantu menghemat air. Karena keteduhan yang mereka berikan, air akan menguap secara perlahan dari tumbuhan rendah. Pohon membutuhkan sekitar 15 galon air seminggu untuk bertahan hidup, dan mereka melepaskan sekitar 200-450 galon air per hari.

6. Mencegah Pencemaran Air

Air bisa penuh dengan polutan fosfor dan nitrogen. Tanpa pepohonan, air hujan mengalir ke lautan dan perairan tanpa disaring. Pepohonan memecah curah hujan dan memungkinkan air masuk ke dalam bumi dan meresap ke dalam tanah. Oleh karena itu, mereka mencegah air hujan mencemari lautan. Kecuali pepohonan, infrastruktur hijau seperti atap hijau dapat membantu meredakan dampak air hujan.

7. Menyediakan Tempat Perlindungan bagi Satwa Liar

Pohon juga berkontribusi terhadap peningkatan keanekaragaman hayati karena pohon menjadi sumber makanan dan habitat alami bagi satwa liar. Satu pohon apel menghasilkan sekitar 20 gantang buah per tahun yang dapat memberi makan banyak burung, serangga, dan satwa liar. Ini dapat ditanam di permukaan yang sangat kecil tetapi memiliki dampak lingkungan yang luar biasa. Pohon yang paling banyak ditanam sebagai rumah bagi burung, tupai, dan lebah adalah pohon oak dan sycamore.

8. Sumber Energi Terbarukan

Saat ini, salah satu masalah terbesar dunia adalah bahan bakar fosil. Selain sifat racunnya, mereka juga tidak akan ada selamanya. Begitu banyak perusahaan yang berfokus pada sumber energi terbarukan. Jika dipanen dan dikelola secara berkelanjutan, pohon dapat menjadi sumber energi terbarukan. Bahan bakar ini mudah digunakan, sudah ada sejak dahulu kala, dan dengan pengelolaan hutan yang cerdas, bahan bakar ini dapat menjadi bahan bakar ramah lingkungan yang sangat baik.

9. Memperkuat Tanah

Pepohonan adalah salah satu mitra terbaik dalam bidang pertanian. Mereka bertindak positif dalam beberapa cara: mengurangi erosi tanah, meningkatkan kesuburan dan membantu tanah memperoleh kelembapan. Daun pohon yang tumbang lebih rendah mengurangi suhu tanah dan mencegah tanah kehilangan terlalu banyak kelembapan. Daun-daun membusuk yang jatuh ke tanah berubah menjadi nutrisi untuk pertumbuhan pohon dan mendorong perkembangan mikroorganisme.

10. Mengendalikan Erosi

Hujan dan angin adalah dua kekuatan erosi utama yang merusak tanah gundul. Ketika jatuh dari ketinggian, tetesan air hujan memperoleh kekuatan dan momentum yang cukup kuat untuk menembus tanah begitu menyentuh tanah. Sebaliknya, jika lahan kering, maka angin dapat menimbulkan kerusakan yang cukup besar. Pohon memecah tetesan air hujan dan melemahkan kekuatannya, sementara akar menyatukan tanah dan melindunginya dari pengaruh angin.

Pastinya ada banyak manfaat lingkungan dari menanam pohon. Dengan menanam pohon secara strategis di sekitar rumah, Anda dapat memberikan manfaat yang luar biasa terhadap lingkungan. Tidak hanya akan membantu memulihkan kualitas hidup di komunitas, berkontribusi terhadap lingkungan dan membantu melawan perubahan iklim. Namun Anda juga akan memberikan contoh. Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Menanam Pohon bagi Lingkungan

Greenpop. Akses pada 2023. 10 Environmental Benefits of Planting a Tree
Bowling Green Kentucky. Akses pada 2023. Benefits of Planting Trees
Seed Formations. Akses pada 2023. 10 Benefits of Planting Trees for the Environment

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn