Manfaat Olahraga Biliar atau Bola Sodok untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga Biliar atau Bola Sodok untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Biliar atau bola sodok (billiards) adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat membutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil. Apa manfaat olahraga biliar atau bola sodok untuk kesehatan? Yuk simak pada artikel ini!

Teknik Dasar Pukulan Biliar atau Bola Sodok

Ada 4 jenis pukulan dasar dalam teknik bermain biliar atau bola sodok yang harus kita ketahui dan kuasai. Berikut ini 4 jenis pukulan dasar biliar, meliputi:

1. Stop Shoot

Jenis pukulan ini merupakan jenis pukulan termudah dalam permainan biliar. Titik pukul stik dilakukan tepat di tengah-tengah bola putih (Cue Ball). Efek yang dilakukan adalah, bola akan berhenti di tempat, jika dipukul sejajar dengan bola sasaran, atau minimal bergerak seminimal mungkin setelah membentur bola sasaran.

2. Draw Shoot

Jenis pukulan ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di bawah titik tengah, secara polos dipukul pada titik jam 6. Efek dari pukulan ini adalah bola akan berjalan mundur setelah terkena bola sasaran. Ini terjadi jika bola sasaran dipukul secara sejajar.

3. Follow Shoot

Jenis pukulan ini adalah sebuah pukulan yang tujuannya untuk membuat bola putih bergerak maju setelah mengenai bola sasaran. Teknik bola ini adalah dengan cara memukul bola putih sedikit ke atas dari garis tengah. Efek yang terjadi adalah apabila bola sasaran dipukul secara sejajar, bola putih akan berjalan maju.

4. Spin Shoot

Melakukan jenis pukulan ini dalam teknik bermain biliar ini dengan cara memukul bola sedikit ke kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang timbul dari jenis pukulan ini adalah, laju bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau pun memantul ke tepi meja.

Manfaat Olahraga Biliar atau Bola Sodok untuk Kesehatan

Umumnya, banyak orang suka bermain biliar, karena ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan Anda, atau sekadar menghabiskan waktu bersama teman. Namun, ada lebih banyak hal dalam bermain biliar daripada yang Anda bayangkan, bukan hanya teknik.

Bermain biliar sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat  olahraga biliar atau bola sodok untuk kesehatan:

1. Membakar Kalori

Kebanyakan orang tidak menganggap bermain biliar sebagai olahraga berat, dan sebagian besar, Anda mungkin tidak akan kehabisan napas saat bermain. Namun bukan berarti gerakan Anda tidak membakar kalori. Faktanya, rata-rata pemain akan dengan mudah berjalan sekitar satu mil hanya dalam satu permainan biliar. Kelihatannya tidak banyak, tapi daripada hanya duduk di sofa sambil menonton TV, itu jauh lebih banyak.

2. Membangun Fokus

Mencoba menemukan sudut sempurna untuk melakukan pukulan Anda itu membutuhkan banyak fokus. Hampir semua yang Anda lakukan di meja biliar (misalnya mengobrol dengan teman-teman Anda) memerlukan perhatian yang cukup serius. Kemampuan untuk memperhatikan detail-detail kecil dan fokus pada tugas yang ada sambil menghalangi stimulus eksternal penting bagi semua orang. Bermain biliar secara teratur dapat membantu Anda membangun keterampilan semacam itu, yang juga bisa sangat berguna saat Anda jauh dari meja.

3. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Sama seperti biliar yang membantu membangun fokus Anda, juga dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis Anda di meja dan dalam kehidupan. Misalnya, menghitung pukulan yang sulit atau belajar mengiris bola dengan tepat memerlukan pemikiran logis dan langkah demi langkah.

4. Meningkatkan Peregangan dan Menyeimbangkan Kekuatan

Saat Anda bermain biliar, Anda harus melakukan lebih banyak peregangan, perlu membungkuk di atas meja untuk mencapai bola putih atau cue ball pada sudut yang diinginkan, terlebih lagi ketika diperlukan pukulan yang rumit. Terkadang, Anda harus berdiri dengan satu kaki, yang akan meningkatkan stabilitas Anda.

5. Mempertajam Pikiran Anda

Pemain biliar seringkali memiliki pikiran yang lebih tajam, karena permainan ini memerlukan perhitungan dan perkiraan matematis mental untuk dilakukan, seperti fisika dasar dan geometri saat bermain.

6. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata secara Signifikan

Karena koordinasi tangan dan mata merupakan faktor penting untuk memenangkan permainan biliar, tangan Anda akan menjadi lincah dan cepat serta mampu melakukan tugas-tugas yang terbatas dan kecil.

7. Mengencangkan Otot

Sebagai pemain biliar, Anda akan mendapat manfaat dari pengencangan otot kaki, punggung, dan pinggul yang berdampak rendah karena Anda harus terus membungkuk dan mengulurkan tangan saat bermain.

8. Keterampilan Kognitif menjadi Jauh Meningkat

Stimulasi yang Anda dapatkan secara mental saat bermain biliar kaya dan bervariasi, karena setiap rak yang rusak menghadirkan tata letak yang tak terbatas. Tata letak ini akan selalu menantang visualisasi, imajinasi, dan keterampilan pemecahan masalah kreatif Anda.

Itulah tadi manfaat bermain bola sodok atau biliar untuk kesehatan Anda. Menghabiskan waktu bersama teman-teman dan keluarga sambil bermain biliar tentu sangat menyenangkan. Karena selain bisa refreshing, kita juga sambil melakukan olahraga yang bermanfaat. Namun bila ada gangguan kesehatan saat bermain biliar, dapat segera dikonsultasikan dengan dokter.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Olahraga Biliar atau Bola Sodok untuk Kesehatan

A and C Billiards and Barstools. Akses pada 2023. What Are the Health Benefits of Playing Billiards?
Health Fitness Revolution. Akses pada 2023. Top 10 Health Benefits of Playing Billiards
Decathlon Blog. Akses pada 2023. Top 7 Benefits of Playing Billiards

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn