Manfaat Power Nap, yang Bisa Kamu Dapatkan

Manfaat Power Nap, yang Bisa Kamu Dapatkan

ReliDoc – Jakarta. Mengantuk karena banyak kerjaan? Kamu bisa lakukan power nap loh untuk men-charge diri kamu kembali, yuk simak di bawah ini untuk penjelasan dan manfaat power nap yang bisa kamu dapatkan!

Power Nap! Tingkatkan Produktivitas Kamu!

Umumnya Power nap adalah tidur singkat yang dilakukan pada siang hari, biasanya berlangsung selama 15-30 menit. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas dengan memberikan tubuh dan pikiran kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Power nap sering dilakukan pada sore hari, saat siklus alami tidur-bangun tubuh cenderung mengalami jeda kewaspadaan.

Berikut beberapa strategi utama untuk berhasil melakukan power nap:

  • Temukan tempat yang tenang dan nyaman untuk berbaring atau beristirahat.
  • Setel alarm untuk membangunkan Anda setelah 15-30 menit, untuk menghindari tidur nyenyak.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan masker tidur atau penyumbat telinga untuk menghalangi cahaya dan kebisingan.
  • Rilekskan tubuh Anda dan jernihkan pikiran Anda dengan menarik napas dalam-dalam beberapa kali atau berfokus pada gambar atau pikiran yang menenangkan.

Manfaat Power Nap

Terpenting, banyak keuntungan dari power nap atau siklus tidur singkat termasuk peningkatan kinerja otak dan peningkatan daya tahan tubuh. Direktur Universitas Arizona, Program Penelitian Tidur dan Kesehatan Tucson, Dr. Michael Grandner, mendukung hal ini. Di antara 15 dan 45 menit tidur siang, katanya, dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi kelelahan di siang hari. Power nap sebenarnya cukup umum dan sering digunakan oleh banyak perusahaan besar di seluruh dunia, termasuk Google, Nike, dan NASA.

Faktanya, power napping telah mengambil kehidupannya sendiri di kota-kota besar Jepang, mendapatkan nama Inemuri. Tidur siang seharusnya hanya berlangsung selama satu jam, karena tidur siang yang lebih lama dapat membuat kamu merasa lelah dan linglung saat bangun.

Berikut beberapa manfaat potensial untuk tidur siang, termasuk:

  • Peningkatan kewaspadaan dan produktivitas: Power nap dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan kinerja mental Anda, membuatnya lebih mudah untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas.
  • Peningkatan kreativitas: Beberapa penelitian menemukan bahwa power nap dapat membantu meningkatkan kreativitas dan keterampilan memecahkan masalah.
  • Mengurangi stres: Power nap dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dengan memberi tubuh dan pikiran kesempatan untuk beristirahat dan bersantai.
  • Kesehatan fisik yang lebih baik: Power nap telah terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan fisik, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kekurangan dari Power Nap

Berikut beberapa potensi kerugian untuk melakukan power nap, termasuk:

  • Sulit tidur di malam hari: Jika Anda tidur siang terlalu larut, hal itu dapat mengganggu kemampuan Anda untuk tertidur di malam hari.
  • Mengantuk setelah bangun tidur: Memang beberapa orang mungkin merasa pening atau bingung setelah bangun dari tidur siang, yang bisa menjadi gangguan sementara.
  • Gangguan dengan jadwal tidur yang teratur: Setidaknya, tidur siang dengan interval yang tidak teratur dapat mengganggu siklus tidur-bangun alami Anda dan mempersulit untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.
  • Stigma sosial: Meskipun dalam beberapa budaya atau lingkungan kerja, tidur siang dapat dipandang sebagai tanda kemalasan atau kurangnya produktivitas.

Hal yang terpenting bahwa manfaat ini dapat bervariasi dari orang ke orang, dan beberapa orang mungkin tidak merasakan manfaat apa pun dari tidur siang. Penting juga untuk mempertimbangkan waktu tidur siang kamu, karena tidur siang terlalu larut dapat mengganggu kemampuanmu untuk tertidur di malam hari. Sehingga bisa menyebabkan kamu sakit loh.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel

Kemenkeu. Akses pada 2024. Power Nap: Meningkatkan Produktifitas Pekerjaan Dengan Tidur
The Sleep Doctor. Akses pada 2024. How Long Is a Power Nap?
Sleep Foundation. Akses pada 2024. Napping: Benefits and Tips
WebMD. Akses pada 2024. The Secret (and Surprising) Power of Naps

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn