Manfaat Sahur dan Pemilihan Makanan Sahur yang Baik

Manfaat Sahur dan Pemilihan Makanan Sahur yang Baik

ReliDoc – Jakarta. Bingung mau sahur dengan makanan apa? Lagi nyari yang sehat-sehat dan bergizi biar puasa kamu kuat? Ini dia artikel yang membahas manfaat sahur dan pemilihan makanan yang baik buat tubuh kamu. Simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Sahur buat Kamu yang Berpuasa!

Sahur adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi pada waktu menjelang fajar, sebelum memulai puasa. Faktanya, sahur memiliki manfaat yang penting bagi tubuh selama berpuasa. Namun, memilih makanan yang baik untuk sahur juga sangat penting untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari sahur.
Berikut adalah beberapa manfaat sahur dan tips pemilihan makanan sahur yang baik:

1. Menjaga Energi Tubuh

Pastinya, sahur dapat membantu menjaga energi tubuh selama berpuasa. Terutamanya, makan sahur akan memberikan energi yang cukup untuk memulai puasa sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk di siang hari.

2. Menghindari Dehidrasi

Umumnya, makanan sahur yang mengandung air seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu menghindari dehidrasi selama puasa. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, pusing dan lesu.

3. Meningkatkan Metabolisme

Sahur dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Makan sahur akan membantu tubuh memulai proses pencernaan dan mengatur kadar gula darah sehingga membantu menjaga metabolisme tubuh.

4. Menghindari Lapar Berlebihan

Makan sahur dapat membantu menghindari lapar berlebihan saat berpuasa. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan sahur yang tepat, tubuh akan merasa kenyang lebih lama dan menghindari keinginan untuk makan yang berlebihan saat berbuka.

Baca juga: Bulan Ramadan, Ini dia 8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Tips Memilih Makanan Sahur yang Baik

Berikut ini adalah tips pemilihan makanan sahur yang baik:

1. Pilih Makanan yang Kaya Serat

Pada umumnya, makanan yang kaya serat seperti oatmeal, gandum, dan buah-buahan dapat membantu menghindari lapar berlebihan selama berpuasa dan mempercepat proses pencernaan.

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Protein

Selain itu, makanan yang kaya protein seperti telur, ayam, atau kacang-kacangan dapat membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan menjaga massa otot.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Tentu saja, konsumsi air putih yang cukup saat sahur sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

4. Hindari Makanan Berlemak dan Berat

Makanan berlemak dan berat dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat tubuh merasa lebih lelah selama berpuasa. Jadi sebaiknya hindari makanan seperti gorengan, daging berlemak, dan makanan cepat saji.

5. Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Makanan dengan indeks glikemik rendah seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil selama berpuasa.

Nah, itu dia manfaat dari sahur dan makanan yang sesuai buat kamu yang sedang menjalankan puasa, bisa kamu praktekkan disesuaikan untuk puasa kamu ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Sahur dan Pemilihan Makanan Sahur yang Baik

MSD Manual. Akses pada 2024. Carbohydrates, Proteins, and Fats
Saudi German Health. Akses pada 2024. 7 health benefits of Suhoor.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn