Manfaat Sarapan untuk Tubuh dan Kesehatan

Manfaat Sarapan untuk Tubuh dan Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Apakah kamu termasuk dalam golongan orang yang tidak suka sarapan? Sarapan pagi ternyata punya segudang manfaat loh bagi kesehatan dan tubuh. Yuk, baca selengkapnya manfaat sarapan untuk tubuh dan kesehatan di bawah ini!

Sarapan Apakah Penting?

Bagi sebagian orang sarapan pagi sering sekali melewatkannya atau bahkan disepelekan, dengan alasan terburu-buru, malas menyiapkan makanan dan ada juga yang tidak menyukai sarapan dengan alasan takut sakit perut, ngantuk, dan lainnya. Ini adalah kebiasaan buruk! Sarapan pagi adalah hal yang penting dan wajib dilakukan sebelum memulai segala aktivitas pada pagi hari, kenapa ?

Sarapan pagi adalah sumber energi kita saat pagi hari. Sering kali kita mengabaikan, bahwasannya lambung atau perut membutuhkan asupan makanan agar lapisan dinding lambung tidak teriritasi akibat asam lambung yang berlebihan. Hal ini yang terkadang membuat perut sakit, mual dan bahkan muntah-muntah. Jangan lupa juga, jika tubuh membutuhkan energi untuk memulai segala aktifitas. Saat kamu sering mengabaikan sarapan, maka hal ini juga dapat mengganggu kesehatan. Sarapan, tentunya memiliki banyak manfaat terlebih bagi kesehatan.

Manfaat Sarapan untuk Tubuh dan Kesehatan

Berikut manfaat sarapan yang harus kamu ketahui:

1. Membantu Melindungi Tubuh dari Penyakit

Tahukah kamu jika sering mengabaikan sarapan, tubuh akan memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, dibanding yang sering sarapan dengan mengkonsumsi seporsi sereal gandum utuh atau biji-bijian dengan campuran susu. Pada dasarnya, serat pada sereal gandum atau biji-bijian, bertugas untuk mengikat kolesterol jahat agar cepat dibuang ke luar tubuh sebelum mencapai arteri.

Sarapan dengan mengkonsumsi makan sehat, hal ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, obesitas dan diabetes, karena sarapan dapat menyeimbangi kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin. Kebiasaan sarapan pagi juga dapat membantu dalam mengurangi mengkonsumsi kalori. Namun, jika sering mengabaikan sarapan, resiko terkena penyakit aterosklerosis tinggi.

2. Membantu untuk Lebih Fokus dan Bersemangat

Memulai hari dengan sarapan akan membantu kamu untuk lebih fokus. Karena jika dalam kondisi lapar, konsentrasi atau fokus kamu akan terganggu atau menurun  dan jika melakukan aktifitas dalam keadaan lapar, pasti akan mempengaruhi semangat kamu dan totalitas kamu dalam bekerja atau beraktivitas.

3. Membantu Keberhasilan Diet

Sarapan pagi dapat membantu kamu dalam mengontrol kadar kalori yang kamu konsumsi dan hal ini dapat membantu kamu dalam kelancaran proses diet. Karena saat kamu sarapan kamu tidak akan kalap saat makan siang, dan keinginan untuk ngemil juga akan berkurang karena perut masih terisi.

4. Membantu Menaikkan Mood

Dalam kondisi perut sudah terisi dengan sarapan, hal ini akan membantu kamu dalam mengontrol emosi saat bekerja atau beraktivitas. Namun, sebaliknya, saat dalam keadaan lapar karena tidak sarapan, cenderung akan mudah marah dan lemas.

5. Memberikan Kebutuhan Nutrisi pada Tubuh

Mengonsumsi makan sehat saat sarapan, akan membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin pada tubuh.

6. Menambah Energi

Ini adalah manfaat yang pada umumnya kita ketahui. Sarapan adalah hal yang baik untuk dilakukan, untuk menjaga keseimbangan energi yang masuk dan keluar saat beraktivitas atau bekerja.

7. Mengontrol Gula Darah

Seperti penjelasan sebelumnya diatas, kebiasaan sarapan dapat membantu mencegah kemungkinan resistensi insulin yang memicu diabetes dan bagi penderita diabetes, sarapan dapat mencegah terjadinya hipoglikemia.

Menu Sarapan Sederhana

Berikut menu sarapan sehat dan sederhana yang dapat kamu nikmati, dan tetap lezat tentunya.

  1. Oatmeal + susu + buah-buahan (pisang, kiwi, strawberry)
  2. Roti + susu + buah-buahan + telur mata sapi
  3. Telur mata sapi + Keju
  4. Sandwich
  5. Bubur ayam
  6. Lontong sayur
  7. Nasi uduk
  8. Satu butir telur rebus dan satu buah pisang
  9. Sereal + susu
  10. Yogurt

Sarapan adalah hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga metabolisme dan kesehatan tubuh. Bagaiimana? Sekarang sudah tahu kan manfaat baik dari sarapan. Jadi jangan lupa untuk sarapan ya Reli Friends!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Sarapan untuk Tubuh dan Kesehatan

WebMD. Akses pada 2020. Breakfast: Is It the Most Important Meal?
Floridamilk. Akses pada 2023. Why You Should Eat Breakfast Every Day
WebMD. Akses pada 2023. Eating Breakfast Cuts Calories and Heart Risk.
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Nutrition and Healthy Eating.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn