Manfaat Senam Lantai bagi Tubuh

Manfaat Senam Lantai bagi Tubuh

ReliDoc – Jakarta. Memiliki tubuh kencang sempurna adalah impian yang menjadi kenyataan! Tetapi dengan jadwal sibuk yang dimiliki semua orang akhir-akhir ini, pergi ke gym bisa merepotkan dan membeli peralatan mahal. Bagaimana jika ada cara hemat biaya untuk menurunkan berat badan? Ya! Senam lantai adalah cara yang bagus untuk tetap bugar. Yuk simak manfaat senam lantai bagi tubuh di bawah ini!

Apa itu Senam Lantai?

Umumnya, senam lantai digunakan sebagai kegiatan untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga senam lantai ini siapa saja bisa melakukannya, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Senam lantai mudah dan bisa dilakukan di mana saja, misalnya di rumah. Anda bisa melakukan latihan ini tanpa membutuhkan peralatan yang rumit. Cukup siapkan matras atau alas senam lantai, dan ruang yang cukup untuk Anda melakukan gerakan senam.

Terkadang kita melupakan keindahan dan keefektifan dari hal-hal sederhana dalam hidup. Senam lantai di atas alas lantai adalah hal sederhana yang tidak membutuhkan peralatan berteknologi tinggi. Jika Anda memasukkan rutinitas lantai ke dalam rutinitas Anda, membangun otot yang signifikan di tubuh Anda seperti kekuatan inti, daya tahan otot, dan kelenturan membantu membakar lemak dan keseluruhan bentuk tubuh Anda.

Lebih daripada itu, senam lantai mengencangkan bagian tubuh Anda, memberi Anda tampilan yang ideal. Bahkan, berbagai ahli kebugaran telah menyarankan bahwa senam lantai ini bagus untuk tubuh Anda.

Tips Melakukan Senam Lantai

Pendek kata, senam lantai itu mudah dan semua orang dapat melakukannya, terlepas dari tingkat kebugaran, usia, atau jenis kelamin mereka. Berikut beberapa tips yang harus kita perhatikan untuk melakukan olahraga senam lantai:

  • Lakukan pemanasan sebelum melakukan rutinitas senam lantai untuk meregangkan lengan, kaki, pinggul, dan otot leher Anda dengan beberapa gerakan rotasi. Ingatlah untuk melakukan peregangan dan pendinginan setelahnya.
  • Pilih campuran latihan kekuatan dan gerakan fleksibilitas untuk menjadikannya latihan yang lengkap.
  • Lantai ruang tamu rumah Anda adalah tempat yang tepat untuk berolahraga. Atur daftar putar musik latihan pilihan Anda, atau putar video latihan yang dapat Anda lakukan.
  • Pastikan ada cukup ruang bagi Anda untuk bergerak di lantai tanpa menabrak apa pun. Anda juga dapat melakukan latihan ini di taman – yang Anda butuhkan hanyalah pakaian olahraga yang tepat dan matras.
  • Kenakan pakaian nyaman yang tidak membuat Anda sesak dan meregang saat melakukan senam lantai.
  • Senam lantai bisa dilakukan dengan atau tanpa sepatu, tergantung kenyamanan Anda.
  • Pilih waktu yang konsisten. Jika menurut Anda pagi hari adalah waktu terbaik untuk berolahraga, jadikan itu jadwal rutin untuk melakukannya pada waktu yang sama setiap hari. Hal yang sama berlaku untuk berolahraga di sore atau malam hari.
  • Hidrasi diri Anda sesering mungkin, tidak hanya selama latihan tetapi sepanjang hari.
  • Ikuti diet teratur untuk melengkapi latihan senam Anda dan dapatkan hasil terbaik untuk usaha Anda.
  • Jika Anda merasa tidak nyaman saat melakukan salah satu latihan, segera hentikan untuk menghindari cedera.

Manfaat Senam Lantai bagi Tubuh

Berikut ini adalah manfaat dari senam lantai bagi tubuh kita:

1. Mengencangkan Otot dan Kekuatan Tubuh

Anda tidak perlu melakukan banyak set dengan dumbel dan barbel untuk membangun massa otot. Beberapa latihan berat badan paling dasar, seperti push-up dan sit-up, bagus untuk mengencangkan dan membangun otot serta menambah kekuatan tubuh.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Gerakan peregangan statis yang dilakukan di lantai membantu meningkatkan jangkauan gerakan di berbagai bagian tubuh.

3. Meningkatkan Keseimbangan dan Stabilitas

Melakukan senam lantai membantu membangun keseimbangan dalam tubuh kedua sisi tubuh memberikan stabilitas saat melakukan berbagai gerakan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Latihan kekuatan yang dilakukan di lantai sama efektifnya untuk membakar kalori dan membantu penurunan berat badan sebagai bentuk latihan lainnya.

5. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Berbagai latihan lantai seperti gerakan crunch dan bridge membantu meningkatkan berfungsinya sistem pencernaan dan mencegah gas lambung menumpuk.

6. Membantu Wanita Pulih Lebih Cepat setelah Melahirkan

Penurunan berat badan setelah melahirkan serta mendapatkan kembali kekuatan dalam tubuh dimungkinkan melalui berbagai latihan lantai karena berdampak rendah gerakan.

7. Membantu Pemulihan dari Operasi dan Penyakit

Atlet yang cedera, seperti yang sedang dalam masa pemulihan di punggung bawah, sangat diuntungkan dengan melakukan senam lantai sebagai cara rehabilitasi. Mereka yang telah menjalani proses pembedahan untuk mengobati berbagai kondisi, juga direkomendasikan senam lantai untuk mengurangi dampak pada tubuh, agar menjadi lebih baik.

Itulah manfaat dari senam lantai bagi tubuh kita. Kesimpulannya, senam lantai adalah senam sederhana, yang dapat Anda lakukan di mana saja dengan berbaring di atas alas lantai sederhana. Meskipun sederhana, pastinya latihan terus-menerus dapat memberikan hasil yang Anda inginkan, untuk menurunkan berat badan. Jadi, mulailah berolahraga! Bila kamu mengalami cedera saat berolahraga, kami sarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Senam Lantai bagi Tubuh

VOI id. Akses pada 2023. 7 Benefits of Floor Gymnastics for Children and Parents
Weekand. Akses pada 2023. Floor exercises to stay in shape
WellAndGood. Akses pada 2023. Floor Exercise id One of the Best Ways to Work Your Core.
StylesAtLife. Akses pada 2023. 18 Different Floor Exercises Names List and Its Benefits.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn