Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Apakah kamu termasuk dalam orang yang suka makan tomat? Ternyata tomat punya segudang manfaat loh bagi kesehatan. Yuk, simak manfaat tomat untuk kesehatan selengkapnya di sini!

Buah Tomat

Umumnya, buah tomat sarat dengan zat yang disebut lycopene. Ini memberi mereka warna merah cerah dan membantu melindungi mereka dari sinar ultraviolet matahari. Dengan cara yang hampir sama, ini dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan. Tomat juga mengandung potasium, vitamin B dan E, serta nutrisi lainnya.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Berikut manfaat tomat untuk kesehatan yang harus kamu ketahui:

1. Menjaga Sistem Imun

Zat Lycopene adalah antioksidan – melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel-sel Anda dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Karena itu, makanan tinggi lycopene, seperti tomat, dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker paru-paru, perut, atau prostat. Beberapa penelitian menunjukkan mereka mungkin membantu mencegah penyakit di pankreas, usus besar, tenggorokan, mulut, payudara, dan leher rahim juga.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Likopen juga dapat membantu menurunkan kadar LDL, atau kolesterol “jahat”, serta tekanan darah Anda. Dan itu dapat menurunkan peluang Anda terkena penyakit jantung. Nutrisi lain dalam tomat, seperti vitamin B dan E dan antioksidan yang disebut flavonoid, juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

3. Membantu Menjaga Mata Anda

Tomat memiliki zat yang disebut lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar biru yang dibuat oleh perangkat digital seperti smartphone dan komputer. Mereka juga dapat membantu menjaga mata Anda dari rasa lelah dan meredakan sakit kepala akibat kelelahan mata. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka bahkan mungkin membuat Anda lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki bentuk yang lebih serius dari penyebab utama kebutaan di AS: degenerasi makula terkait usia.

4. Mencegah Kerusakan Paru-Paru

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat bermanfaat bagi penderita asma dan dapat membantu mencegah emfisema, suatu kondisi yang secara perlahan merusak kantung udara di paru-paru Anda. Itu mungkin karena lycopene, lutein, dan zeaxanthin, di antara antioksidan lainnya, melawan zat berbahaya dalam asap tembakau, yang merupakan penyebab utama emfisema. Para ilmuwan mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang efek tersebut.

5. Mencegah Stroke

Memasukkan lebih banyak tomat ke dalam makanan Anda dapat membuat Anda lebih kecil kemungkinannya terkena stroke, yaitu ketika aliran darah terputus ke bagian otak Anda. Studi menunjukkan bahwa mereka dapat meredakan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga darah agar tidak membeku. Semua hal tersebut dapat membantu mencegah stroke.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Studi telah menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu penyakit gusi gingivitis dan periodontitis dengan cara yang sama dapat membantu mencegah kanker – dengan melawan radikal bebas. Tetapi makan banyak tomat mentah dapat merusak enamel pada gigi Anda – berkat tingginya jumlah asam – dan menyikat segera setelahnya dapat memperburuknya. Jadi, sebaiknya tunggu setidaknya 30 menit sebelum Anda menyikat.

7. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Anda tahu topi dan tabir surya dapat membantu melindungi Anda dari sinar matahari. Nah, lycopene dalam tomat juga dapat melakukan sesuatu untuk itu, mungkin dengan cara yang sama melindungi tomat. Ini bukan pengganti tabir surya, dan Anda tidak mengoleskannya ke kulit Anda. Namun, ini membantu dengan bekerja pada sel Anda dari dalam.

Keamanan dan Efek Samping dari Buah Tomat

Tomat umumnya dapat ditoleransi dengan baik dan alergi tomat sangat jarang. Meskipun alergi tomat jarang terjadi, individu yang alergi terhadap serbuk sari rumput lebih cenderung alergi terhadap tomat. Kondisi ini disebut sindrom alergi makanan serbuk sari atau sindrom alergi oral.

 

Pada sindrom alergi oral, sistem kekebalan Anda menyerang protein buah dan sayuran yang mirip dengan serbuk sari, yang menyebabkan reaksi alergi seperti gatal di mulut, tenggorokan gatal, atau pembengkakan mulut atau tenggorokan. Orang dengan alergi lateks juga dapat mengalami reaksi silang terhadap tomat.

Tomat itu enak untuk dibuat juice dan manis, penuh antioksidan, dan dapat membantu melawan beberapa penyakit. Selain itu, tomat juga sangat tinggi lycopene, senyawa tanaman yang terkait dengan peningkatan kesehatan jantung, pencegahan kanker, dan perlindungan terhadap sengatan matahari. Pastinya, tomat bisa menjadi bagian berharga dari diet sehat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Tomat untuk Kesehatan

HealthLine. Akses pada 2023. Tomatoes 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
WebMD. Akses pada 2023. The Health Benefits of Tomatoes.
EverydayHealth. Akses pada 2023. 8 Potential Health Benefits of Tomatoes.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn