Mencegah Infeksi Penyakit di Penginapan saat Liburan

Mencegah Infeksi Penyakit di Penginapan saat Liburan

ReliDoc – Jakarta. Saat liburan, tidak jarang dari kita memilih untuk staycation bersama keluarga atau teman untuk menjadi pilihan berlibur. Tapi tahukah kamu cara mencegah infeksi penyakit di penginapan saat liburan? Yuk, simak di bawah ini!

Berkunjung ke Penginapan saat Liburan? Tetap Hati-hati ya!

Berkunjung ke hotel atau penginapan lain selama liburan dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Namun, hal ini juga bisa membawa risiko infeksi  penyakit jika kita tidak berhati-hati. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengambil tindakan pencegahan agar terhindar dari infeksi penyakit saat menginap di hotel atau penginapan lain selama liburan.

Cara Mencegah Infeksi Penyakit di Penginapan saat Liburan

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah infeksi penyakit saat menginap di hotel atau penginapan lain selama liburan:

1. Periksa Kebijakan Kebersihan Hotel atau Penginapan Lain

Sebelum memesan kamar di hotel atau penginapan lain, pastikan untuk memeriksa kebijakan kebersihan mereka. Pastikan bahwa mereka memiliki prosedur yang ketat dalam membersihkan dan mensterilkan kamar serta area umum, seperti lobby, restoran, dan lift. Beberapa hotel bahkan menawarkan teknologi canggih seperti lampu UV atau ionisasi udara untuk memastikan kebersihan yang lebih optimal.

2. Selalu Mencuci Tangan dan Menggunakan Hand Sanitizer

Pastikan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah memegang barang-barang di kamar hotel, seperti remote TV atau telepon. Selain itu, bawa sanitizer tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol dan gunakan setiap kali diperlukan.

3. Hindari Kontak Fisik dengan Orang Lain

Coba hindari kontak fisik dengan orang lain di hotel atau penginapan lain. Ini termasuk memberikan jarak sosial dan menghindari berjabat tangan. Selain itu, hindari kerumunan di area umum seperti lobby dan restoran.

4. Bawa Perlengkapan Kebersihan Pribadi

Saat bepergian, selalu bawa perlengkapan kebersihan pribadi seperti sabun dan handuk. Selain itu, bawa juga tisu basah antibakteri dan tisu kering untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh seperti handle pintu dan lift.

5. Hindari Penggunaan Area Umum

Hindari penggunaan area umum yang memiliki risiko tinggi untuk penyebaran virus, seperti gym atau sauna. Jika harus menggunakan, pastikan untuk membersihkan area dengan sanitizer sebelum dan setelah digunakan.

6. Hindari Makan bersama Orang Lain

Hindari makan bersama orang lain di restoran atau area makan umum. Pilih opsi makan di dalam kamar dan memesan makanan yang diantar langsung ke kamar.

7. Lakukan Check Out secara Online

Beberapa hotel dan penginapan lain menawarkan opsi check out secara online. Ini memungkinkan Anda untuk membayar tagihan Anda dan menghindari kontak fisik dengan staf hotel atau penginapan lain.

Menginap di hotel atau penginapan lain selama liburan dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Namun, penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk mencegah infeksi penyakit dan agar kamu tidak sakit.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Mencegah Infeksi Penyakit di Penginapan saat Liburan

The Conversation. Akses pada 2023. Prepare for a healthy holiday with this A-to-E guide.
WHO. Akses pada 2023. Six ways to protect yourself and those around you during the holiday season.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn