Mencegah Pilek dan Flu saat Liburan di Kondisi Iklim yang Berubah

Mencegah Pilek dan Flu saat Liburan di Kondisi Iklim yang Berubah

ReliDoc – Jakarta. Iklim saat bepergian ke luar kota berubah-ubah dan malah bikin kamu pilek dan flu? Hati-hati, jaga kesehatan kamu walaupun sedang liburan di luar kota ya. Nah, kamu perlu tahu cara mencegah pilek dan flu di saat liburan, yuk cek di bawah ini!

Penanganan Alami Batuk Iklim yang Berubah Bisa Bikin Kamu Sakit!

Perubahan iklim yang signifikan dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Suhu yang lebih dingin atau lebih panas dari biasanya dapat membuat tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap infeksi, termasuk pilek dan flu. Hal ini terjadi karena perubahan suhu yang tiba-tiba dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita.

Saat suhu turun, tubuh kita akan merespons dengan mempersempit pembuluh darah pada permukaan kulit dan mempercepat denyut jantung. Hal ini dapat mempengaruhi suplai oksigen ke seluruh tubuh dan membuat tubuh kita lebih rentan terhadap infeksi. Suhu dingin juga dapat membuat lendir di hidung dan tenggorokan kita menjadi lebih tebal dan menyerupai lem, yang dapat memperlambat gerakan rambut kecil di saluran napas kita yang bertugas untuk menghilangkan partikel yang dapat menyebabkan infeksi.

Di sisi lain, suhu yang sangat panas juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita. Tubuh kita akan merespons dengan meningkatkan denyut jantung dan mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Namun, jika suhu terlalu panas, keringat tidak dapat cukup untuk menjaga suhu tubuh dan kita dapat mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita dan membuat kita lebih rentan terhadap infeksi.

Selain itu, perubahan iklim juga dapat mempengaruhi penyebaran virus dan bakteri. Beberapa virus dan bakteri dapat berkembang biak dengan lebih mudah di lingkungan yang lembab dan dingin, seperti saat cuaca musim hujan. Sedangkan di lingkungan yang sangat panas, kelembapan rendah dapat membuat udara menjadi lebih kering dan mempercepat penyebaran virus dan bakteri.

Tips Mencegah Pilek dan Flu

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah pilek dan flu saat liburan di tempat yang berbeda dengan kondisi iklim yang berubah:

1. Bawa Perlengkapan yang Diperlukan

Ketika kamu berlibur ke tempat yang berbeda dengan kondisi iklim yang berubah, pastikan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan seperti jaket, selimut, dan sepatu hangat. Dengan membawa perlengkapan yang diperlukan, kamu dapat menghindari terkena suhu dingin yang berlebihan, dan mengurangi risiko terkena pilek dan flu.

2. Cuci Tangan dengan Teratur

Memang, mencuci tangan dengan teratur merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk mencegah terkena pilek dan flu. Jadi, pastikan untuk mencuci tangan setelah kamu berada di tempat-tempat umum seperti toilet, transportasi umum, atau tempat makan. Selain mencuci tangan, kamu juga dapat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan kamu.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Jangan lupa untuk minum air yang cukup dan hindari minuman beralkohol, minuman dingin dan makanan yang berlemak.

4. Istirahat yang Cukup

Tentu saja, istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika kamu berlibur ke tempat yang berbeda dengan kondisi iklim yang berubah, pastikan untuk memberi tubuh waktu istirahat yang cukup agar tubuh kamu dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.

5. Gunakan Masker

Saat berada di tempat-tempat umum seperti transportasi umum atau tempat wisata, pastikan untuk menggunakan masker. Masker dapat membantu mengurangi risiko terkena pilek dan flu dari orang lain dan melindungi kamu dari paparan virus.

6. Berolahraga secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh kamu. Meskipun kamu berlibur ke tempat yang berbeda dengan kondisi iklim yang berubah, jangan lupa untuk tetap berolahraga secara teratur.

7. Hindari Stres yang Berlebihan

Stres yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kamu dan membuat kamu lebih rentan terkena pilek dan flu. Hindari stres yang berlebihan dan pastikan untuk bersantai dan menikmati liburan kamu.

Nah itu dia cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari flu dan pilek saat kamu bepergian ke luar kota dengan iklim yang berbeda.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Mencegah Pilek dan Flu saat Liburan di Kondisi Iklim yang Berubah

National Health Service. Akses pada 2023. Flu.
WebMD. Akses pada 2023. 9 Tips to Ease Flu Symptoms.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn