Mengontrol Stres dan Kecemasan untuk Mencegah Asam Lambung

Mengontrol Stres dan Kecemasan untuk Mencegah Asam Lambung

ReliDoc – Jakarta. Tahukah kamu jika stres dan kecemasan berlebih akan memicu munculnya berbagai penyakit, salah satunya asam lambung. Namun, masih banyak yang tidak menyadari akan hal ini. Yuk, baca selengkapnya mengontrol stres dan kecemasan untuk mencegah asam lambung di bawah ini!

Stres dan Kecemasan Memengaruhi Kesehatan

Timbulnya rasa cemas dan stres yang berlebihan dapat memicu berbagai penyakit. Tapi, masih banyak yang kurang menyadari hal ini. Stres  dan kecemasan adalah respon refleks dari tubuh. Namun, stres dan kecemasan yang berlebihan juga berdampak buruk bagi kesehatan dan dapat memicu berbagai penyakit. Inilah mengapa, stres dan kecemasan perlu dikelola dengan baik.

Hubungan Asam Lambung dan Stres Kecemasan

Stres dan Kecemasan adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung bahkan memperburuk gejalanya. Asam lambung muncul saat asam yang berada dalam lambung naik kembali menuju ke kerongkongan. Dalam hal ini, stres akan membuat kondisi menjadi lebih buruk, dan kecemasan merupakan respon terhadap stres. Inilah mengapa, stres akan membuat gangguan asam lambung langsung kambuh.

Seseorang dengan tingkat stres yang tinggi akan mengalami  gangguan pencernaan yang biasanya lebih parah dibandingkan  seseorang dengan kondisi serupa namun tidak sedang stres. Gejalanya seperti nyeri dan nyeri ulu hati yang berlebihan pada perut, yang terkadang bisa sangat mengganggu aktivitas. Stres dapat berperan dalam kambuhnya masalah lambung ini, sedangkan penyakit asam lambung dapat meningkatkan tingkat stres seseorang.

Kemudian ada beberapa faktor lain yang turut menyebabkan kambuhnya masalah lambung, seperti kebiasaan makan dalam jumlah banyak sebelum istirahat atau sebelum tidur, makan makanan pedas asam dan berlemak, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

Para peneliti juga menyarankan beberapa kemungkinan alasan fisik untuk ini:

  1. Kecemasan dapat mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, sekelompok otot yang menjaga perut tetap tertutup dan mencegah asam masuk ke kerongkongan.
  2. Reaksi stres dan kecemasan dapat menyebabkan ketegangan otot permanen. Hal itu dapat meningkatkan tekanan pada organ itu dan meningkatkan kadar asam.
  3. Tingkat kecemasan yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam lambung  

Dengan begitu penting bagi pengidap penyakit asam lambung untuk mengetahui cara mencegah asam lambung naik. Pasalnya, penyakit ini bisa kambuh kapan saja dan menyebabkan perut terasa nyeri dan panas. Tentunya hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara Mengontrol Stres dan Kecemasan untuk Mencegah Asam Lambung

Mengontrol stres dan rasa cemas dapat membantu untuk mencegah kambuhnya asam lambung. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol stres dan rasa cemas:

1. Habiskan Waktu dengan Melakukan Hal yang Disukai

Hal ini dapat membantu untuk berpikir positif dan membantu membangun mood yang bagus dalam melakukan kegiatan lainnya.

2. Olahraga yang Rutin

Olahraga dapat membantu merenggangkan otot tegang dan membantu merilekskan tubuh dan pikiran, contohnya melakukan Yoga, Jogging, sepedahan, dan lain sebagainya.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup membuat tubuh terasa segar, membuat tubuh lebih leluasa tuk bergerak dan juga dapat membuat pola istrahat yang nyaman.

4. Perbanyak Tertawa

Tertawa merupakan pereda stres secara alami.

5. Menghindari Makanan Pemicu

Mengontrol makanan yang dikonsumsi dapat membantu dalam mencegah asam lambung, seperti cokelat, kopi, makanan pedas, asam, atau makanan berlemak.

Mulai sekarang, belajarlah untuk mengtrol stres dan rasa cemas, agar terhindar dari asam lambung dan berbagai penyakit lainnya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Mengontrol Stres dan Kecemasan untuk Mencegah Asam Lambung

Healthline. Akses pada 2023. Can Stress Cause Acid Reflux?
Healt.Kompas. Akses pada 2023. Mengapa stres bisa sebabkan asam lambung

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn