Mie Shirataki Dapat Menurunkan Berat Badan?

Mie Shirataki Dapat Menurunkan Berat Badan

ReliDoc – Jakarta. Mie sehat ala jepang atau mie shirataki merupakan makanan unik yang sangat mengenyangkan namun rendah kalori. Apakah benar konsumsi mie shirataki dapat menurunkan berat badan atau membuat badanmu menjadi langsing? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Mie Shirataki?

Mie Shirataki adalah mie yang panjang dan berwarna putih. Mereka sering pula disebut mie ajaib atau mie konjak. Terbuat dari glukomanan, sejenis serat yang berasal dari umbi gajah atau konjak. Konjak tumbuh di Jepang, Cina, dan Asia Tenggara. Ini mengandung sangat sedikit karbohidrat yang dapat dicerna – tetapi sebagian besar karbohidratnya berasal dari serat glukomanan.
“Shirataki” dalam bahasa Jepang berarti “air terjun putih”, yang menggambarkan tampilan mie yang bening. Mie ini dibuat dengan mencampurkan tepung glukomanan dengan air biasa dan sedikit air jeruk nipis, yang membantu mie mempertahankan bentuknya. Campuran tersebut lakukan proses perebusan lalu akan terbentuk menjadi mie atau potongan seperti nasi.

Mie shirataki mengandung banyak air. Faktanya, mereka mengandung sekitar 97% air dan 3% serat glukomanan. Mereka juga sangat rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat yang dapat kita cerna. Variasi yang dengan nama mie tahu shirataki sangat mirip dengan mie shirataki tradisional, tetapi dengan tambahan tahu yang memberikan sedikit tambahan kalori dan sedikit karbohidrat yang dapat kita cerna.

Manfaat Mie Shirataki bagi Kesehatan

Berbeda dengan makanan sehat lainnya, mie shirataki ini tidak mengandung banyak nutrisi. Mereka tidak mengandung vitamin atau mineral apa pun kecuali produsen menambahkannya. Beberapa produsen menambahkan sedikit tahu atau bahan lainnya, namun manfaat nutrisi dari penambahan ini biasanya tidak signifikan. Meski begitu, sebagai makanan rendah kalori, mie shirataki menawarkan beberapa manfaat kesehatan:

1. Mengendalikan Diabetes

Serat larut dalam mie shirataki dapat memperlambat laju penyerapan karbohidrat oleh tubuh. Hal ini dapat membantu penderita diabetes menghindari lonjakan gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa glukomanan, tepung konjak dalam mie shirataki, membantu penderita penyakit gula darah ini. Penderita penyakit ini harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan glukomanan, karena dapat mempengaruhi pengobatannya.

2. Manajemen Berat Badan

Meskipun belum ada penelitian yang secara khusus menargetkan mie shirataki, makanan berserat tinggi bermanfaat dalam pengendalian berat badan. Karena serat mengenyangkan, Anda mungkin merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit. Mereka yang menjalani diet ketogenik mungkin menikmati mie shirataki sebagai pengganti makanan tinggi karbohidrat. Penyelidikan terhadap glukomanan, tepung dalam mie shirataki, menemukan bahwa glukomanan membantu pengelolaan berat badan. Namun, hasil terbaik datang dari kombinasi glukomanan dengan pola makan sehat dan olahraga.

3. Meningkatkan Kesehatan Usus Besar

Serat dalam makanan berkontribusi terhadap kesehatan yang baik dengan mengurangi sembelit. Ini meningkatkan fungsi usus secara umum, yang mengurangi risiko wasir, divertikulitis, dan kanker kolorektal. Serat dalam mie shirataki merupakan serat larut yang berfungsi sebagai prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus besar.

Mie Shirataki adalah pengganti mie tradisional yang bagus. Selain sangat rendah kalori, makanan ini membantu Anda merasa kenyang dan mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu, juga memiliki manfaat untuk pengelolaan gula darah, kadar kolesterol, dan kesehatan pencernaan.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Mie Shirataki Dapat Menurunkan Berat Badan?

Medical News Today. Akses pada 2023. Shirataki noodles: 6 health benefits, nutrition facts, and meals
WebMD. Akses pada 2023. Health Benefits of Shirataki Noodles
Healthline. Akses pada 2023. Shirataki Noodles: The Zero-Calorie ‘Miracle’ Noodles

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn