Olahraga untuk Kesehatan Fisik hingga Mental

olahraga untuk kesehatan relidoc

ReliDoc – Jakarta. Kita selalu mendengar bahwa olahraga menyehatkan kamu, akan tetapi dengan jadwal kerja yang padat, kesibukan sehari-hari, hingga kamu yang tidak punya kebiasaan olahraga. Artikel ini ingin membahas tentang olahraga untuk kesehatan itu penting, bukan untuk fisik aja, tapi olahraga untuk kesehatan mental kamu loh. Yuk simak artikelnya di sini!

Olahraga untuk Kesehatan

Walaupun Anda jarang melakukan olahraga dikarenakan kesibukan Anda, akan tetapi tidak ada kata telat untuk melakukan olahraga. Aktif secara fisik dapat meningkatkan kesehatan otak Anda, membantu mengatur berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, dan meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menjaga keterampilan dalam berpikir, dan belajar seiring bertambahnya usia. Olahraga juga dapat mengurangi risiko depresi dan kecemasan dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Berikut, beberapa keuntungan lainnya, yaitu:

1. Menjaga Berat Badan

Bersama dengan diet, olahraga berperan penting dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Untuk menjaga berat badan Anda, kalori makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh harus sama dengan energi yang Anda bakar. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus menggunakan lebih banyak kalori daripada makan dan minum yang Anda lakukan.

2. Mengurangi Risiko Kesehatan Anda

Dari waktu ke waktu, olahraga memperkuat jantung Anda dan meningkatkan sirkulasi oksigen Anda. Sehingga, peningkatan aliran darah meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh Anda, hal ini membantu menurunkan risiko penyakit jantung seperti kolesterol tinggi, penyakit arteri koroner, dan serangan jantung. Kemudian, olahraga yang teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida.

Di sisi lain, olahraga menurunkan risiko Anda untuk mengembangkan beberapa kanker umum. Sejauh ini, orang dewasa yang berpartisipasi dalam jumlah yang lebih besar dari aktivitas fisik telah mengurangi risiko terkena kanker dari:

  • Kandung kemih
  • Dada
  • Kolon (proksimal dan distal)
  • Endometrium
  • Kerongkongan (adenokarsinoma)
  • Ginjal
  • Paru-paru
  • Perut (kardia dan non-kardia adenokarsinoma)

3. Menguatkan Tulang dan Otot Anda.

Kapan saja, seiring bertambahnya usia, penting untuk melindungi dan menjaga tulang, persendian, dan otot Anda. Dan lagi, tulang dan otot menopang tubuh Anda dan membantu Anda bergerak. Jadi, menjaga tulang, sendi, dan otot tetap sehat dapat membantu Anda untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan aktif secara fisik.

Selain itu, aktivitas penguatan otot seperti angkat beban dapat membantu Anda meningkatkan atau mempertahankan massa dan kekuatan otot Anda. Hal ini penting untuk orang dewasa yang lebih tua yang dimana mengalami penurunan massa otot dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia. Perlahan-lahan meningkatkan jumlah berat dan jumlah pengulangan yang Anda lakukan sebagai bagian dari aktivitas penguatan otot akan memberi Anda lebih banyak manfaat, berapa pun usia Anda.

4. Memperbaiki Tidur Anda.

Olahraga yang Anda lakukan dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan tidur lebih lama. Olahraga ringan di siang hari dapat membantu Anda tidur lebih baik, sementara tidak cukup tidur dapat menyebabkan tingkat aktivitas fisik harian yang lebih rendah.

5. Tingkatkan Kesehatan Seksual Anda.

Olahraga yang teratur dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi (DE) pada pria. Bagi mereka yang sudah mengalami DE, melakukan olahraga dapat membantu meningkatkan fungsi seksual mereka. Lalu pada wanita, olahraga dapat meningkatkan gairah seksual.

6. Tingkatkan Kesehatan Mental dan Suasana Hati Anda.

Olahraga dapat melawan depresi yang kuat karena beberapa alasan. Pertama, ini mendorong semua jenis perubahan di otak, termasuk pertumbuhan saraf, mengurangi peradangan, dan pola aktivitas baru yang meningkatkan perasaan tenang. Lalu, ini juga melepaskan endorfin, bahan kimia kuat di otak Anda yang memberi energi pada Anda dan membuat Anda merasa baik. Akhirnya, olahraga juga dapat berfungsi sebagai pengalih perhatian, memungkinkan Anda menemukan waktu tenang untuk keluar dari siklus pikiran negatif yang memberi depresi.

Kapan Harus Olahraga untuk Kesehatan?

Untuk orang dewasa berusia 19–64 tahun disarankan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. Apabila tidak mempunyai waktu berolahraga, Anda dapat membagi waktu olahraga menjadi 2 sesi per hari, misalnya 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore hari.

Cara Membuat Olahraga Menjadi Rutinitas

  1. Jadikan Aktivitas Sehari-hari Lebih Aktif.
    Perubahan dan aktivitas kecil dapat membantu. Anda dapat menggunakan tangga dibandingkan lift, cuci mobil sendiri, hingga parkir lebih jauh dari tujuan Anda.
  2. Aktiflah Bersama Teman dan Keluarga.
    Memiliki pasangan olahraga dapat membuat Anda lebih menikmati olahraga, seperti keluarga, teman, maupun pasangan Anda. Lalu, coba rencanakan kegiatan sosial yang melibatkan olahraga.
  3. Jadikan Olahraga Lebih Menyenangkan.
    Cobalah lakukan aktivitas olahraga dengan mendengarkan musik atau menonton TV sambil berolahraga. Cobalah melakukan kombinasi aktivitas.

Kegiatan-kegiatan olahraga kecil dapat memberikan banyak keuntungan untuk kamu, sehingga apabila masih belum terbiasa, maka disarankan untuk memulai dari yang kecil terlebih dahulu agar membuat kebiasaan baru.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Olahraga untuk Kesehatan

CDC. Diakses Pada 2022. Benefits of Physical Activity
HelpGuide. Diakses Pada 2022. The Mental Health Benefits of Exercise
MedlinePlus. Diakses Pada 2022. Benefits of Exercise

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn