Pendinginan setelah Olahraga? Apakah Penting?

Pendinginan setelah Olahraga? Apakah Penting?

ReliDoc – Jakarta. Setelah olahraga pasti enaknya rebahan, tapi banyak yang bilang kalau kamu tidak melakukan pendinginan, akan terkena cedera loh. Emang iya? Yuk simak selengkapnya mengenai pentingnya pendinginan setelah olahraga di bawah ini!

Setelah Olahraga melakukan Pendinginan? Emang Penting?

Tentu saja, olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kondisi fisik, membantu mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan mental.

Umumnya, pendinginan setelah berolahraga adalah rangkaian aktivitas yang dilakukan setelah selesai berolahraga untuk membantu tubuh kembali ke keadaan normal. Setidaknya, pendinginan bisa dilakukan dengan berjalan-jalan santai, stretching, dan olahraga ringan lainnya. Hal terpenting, tujuan pendinginan setelah berolahraga adalah untuk mengurangi risiko cedera, membantu menghilangkan racun dari tubuh, serta membantu mengurangi kelelahan dan ketegangan otot.

Apa saja Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga?

Berikut beberapa manfaat dari pendinginan setelah berolahraga:

1. Mengurangi Risiko Cedera

Mengurangi risiko cedera adalah salah satu manfaat utama dari melakukan pendinginan setelah berolahraga. Karena, saat kita berolahraga, otot kita menjadi lebih fleksibel, sehingga rentan terhadap cedera. Maka, dengan melakukan pendinginan, otot akan kembali ke keadaan normal, dan membantu mengurangi risiko cedera.

2. Menghilangkan Racun dari Tubuh

Sementara itu, saat kita berolahraga, tubuh kita menghasilkan banyak zat-zat yang tidak diinginkan, seperti asam laktat. Faktanya, asam laktat adalah zat yang menyebabkan rasa sakit dan kelelahan setelah berolahraga. Selain itu, dengan melakukan pendinginan, tubuh kita dapat menghilangkan racun dari tubuh dan membantu mempercepat pemulihan.

3. Mengurangi Kelelahan dan Ketegangan Otot

Setelah berolahraga, otot kita menjadi tegang dan lelah. Demikian juga, dengan melakukan pendinginan, kita dapat membantu mengurangi kelelahan dan ketegangan otot. Ringkasnya, stretching dan olahraga ringan lainnya dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan membantu otot kembali ke keadaan normal.

Cara Mudah dalam Melakukan Pendinginan setelah Olahraga

Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pendinginan:

1. Berjalan-jalan Santai

Berjalan-jalan santai adalah salah satu cara yang baik untuk melakukan pendinginan setelah berolahraga. Selanjutnya, dengan berjalan-jalan santai, kita dapat membantu mengurangi denyut jantung dan membantu otot kembali ke keadaan normal.

2. Stretching

Pendeknya, stretching adalah cara yang baik untuk membantu otot kembali ke keadaan normal. Selain itu, stretching juga dapat membantu mengurangi kelelahan dan ketegangan otot. Jadi, lakukan peregangan atau stretching pada semua otot yang telah digunakan selama berolahraga.

3. Olahraga Ringan

Memang, olahraga ringan seperti yoga atau pilates adalah cara yang baik untuk melakukan pendinginan setelah berolahraga. Karena olahraga ringan dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan membantu otot kembali ke keadaan normal.

Nah itu dia manfaat yang didapat dari melakukan pendinginan setelah olahraga, lakukan ini agar kamu tidak sakit ya setelahnya, apabila sakit bisa hubungi dan konsultasi ke dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Pendinginan setelah Olahraga? Apakah Penting?

Mayo Clinic. Akses pada 2023. Aerobic Exercise: How to Warm Up and Cool Down.
Healthline. Akses pada 2023. 16 Cooldown Exercises You Can Do After Any Workout.
Verywell Fit. Akses pada 2023. The Benefits of a Cool Down After Exercise.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn