Pentingnya MP-ASI bagi Anak

Pentingnya MP-ASI bagi Anak

ReliDoc – Jakarta. Selamat Hari Gizi Nasional ke-64, yang diperingati setiap tanggal 25 Januari. Tema Hari Gizi Nasional tahun 2024 ini: “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” dengan slogan “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”.  Pastinya, bagi bayi yang berusia sekitar 6 bulan, memang perlu nutrisi dari Makanan Pendamping ASI atau biasa disingkat menjadi MP-ASI. Yuk simak pentingnya MP-ASI bagi anak di bawah ini!

Apa itu MP-ASI?

MP-ASI atau Makanan Pendamping ASI adalah masa yang mana bayi diperkenalkan dengan makanan selain ASI (ASI) atau susu formula. Biasanya, proses MP-ASI ini mulai saat bayi berusia sekitar 6 bulan, namun bisa berbeda-beda sesuai perkembangan individu masing-masing anak.

Pastikan MP-ASI menggunakan tekstur yang sangat lembut. Biarkan bayi mengunyah makanan yang lembut dan menggumpal dengan cepat, bahkan sebelum ia tumbuh gigi. Kemudian perkenalkan finger food.

Finger food adalah makanan padat yang ukurannya pas dengan genggaman bayi. Makanan tersebut bisa berupa kue, buah-buahan atau sayuran yang bisa anak makan sendiri tanpa bantuan orang tua. Bayi baru lahir dapat dengan mudah menggigit, mengunyah, dan menggenggam. Pemberian finger food sebaiknya pada bayi usia 8-9 bulan. Dengan memberikannya finger food dapat  melatih bayi untuk makan tanpa orang tua suapi, sekaligus melatih keterampilan motorik halusnya, serta kemampuannya untuk menggigit dan mengunyah makanan.

Mengapa MP-ASI Penting bagi Anak?

Berikut beberapa alasan mengapa MP-ASI penting bagi anak: 

1. Pemenuhan Gizi dan Nutrisi

Faktanya, ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber makanan yang sempurna bagi bayi selama enam bulan pertama, namun setelah usia tersebut, ASI tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang semakin kompleks. Makanan pendamping membantu memastikan anak menerima nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

2. Pengenalan Rasa dan Tekstur

Makanan pendamping memungkinkan bayi Anda merasakan rasa dan tekstur makanan baru yang berbeda. Ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan nafsu makan dan membantu anak terbiasa dengan berbagai makanan dari waktu ke waktu.

3. Kecukupan Energi

Seiring dengan pertumbuhan, bayi membutuhkan lebih banyak energi daripada yang dapat diberikan oleh ASI saja. Pendek kata, MP-ASI membantu memberikan energi ekstra yang penting untuk tetap sehat dan aktif.

4. Pentingnya Zat Besi

Simpanan zat besi dalam tubuh bayi mulai berkurang setelah usia 6 bulan. Sementara, MP-ASI yang tepat dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi anak Anda, yang penting untuk perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh.

5. Perkembangan Motorik

Selain itu, ketika bayi mencoba makanan dengan sendok atau meraih makanan sendiri, itu membantu mengembangkan keterampilan motorik halusnya. Proses ini melibatkan koordinasi tangan ke mulut, yang merupakan langkah pertama bagi bayi Anda untuk makan sendiri.

6. Keterampilan Sosial

Lebih dari pada itu, MP-ASI memberikan kesempatan bagi bayi untuk makan bersama keluarga, yang mendukung perkembangan keterampilan sosialnya dan menciptakan ikatan emosional dengan anggota keluarga lainnya.

Makanan yang Dapat Dijadikan Finger Food

Berikut beberapa makanan yang bisa kita jadikan finger food untuk bayi:

  1. Sayuran rebus seperti kentang, wortel, kembang kol, brokoli, atau ubi manis. Sebaiknya kita kukus atau panggang sampai empuk.
  2. Buah seperti buah apel matang, pir, mangga, pepaya, pisang matang, alpukat, buah naga, dan lain-lain.
  3. Sereal sebagai camilan untuk balita. Berikan sereal yang mudah dipegang olehnya dan pilihlah yang rendah gula serta tanpa tambahan zat pewarna.
  4. Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, kolin, vitamin B2, B12 dan folat yang sangat baik untuk perkembangan bayi. Pastikan telur sudah matang, karena telur mentah masih mengandung bakteri Salmonella yang dapat mengganggu saluran pencernaan.
  5. Keju mengandung kalsium yang baik untuk mendukung perkembangan tulang bayi. Oleh karena itu, sangat bagus untuk memberikan bayi Anda keju sebagai MP-ASI selama satu tahun pertama. Pilih keju yang lembut, tidak berbau, dan tidak lengket.
  6. Daging merupakan sumber zat besi yang baik untuk pertumbuhan. Tentu saja, sebaiknya untuk makan daging yang sudah matang, empuk dan suwir.

Kenalkan finger food pada anak sejak usia dini dan harus tetap waspada terhadap kemungkinan tersedak saat memakannya. Jadi, selalu awasi dan temani saat mengonsumsi finger food ya.

Itu dia penjelasan mengenai Pentingnya MP-ASI bagi Anak. Hal yang terpenting bahwa pemberian makanan padat harus dengan tepat, seperti arahan dari ahli kesehatan atau ahli gizi. Setiap anak memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dan MP-ASI perlu ada penyesuaian dengan kondisi dan perkembangan masing-masing anak. Jika kamu membutuhkan rekomendasi MP-ASI yang baik untuk anak, silahkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar segera mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Pentingnya MP-ASI bagi Anak

World Health Organization. Akses pada 2024. Complementary Feeding.
Pampers. Akses pada 2024. Best Finger Foods for Babies
Frontiers. Akses pada 2024. Complementary Feeding: Review of Recommendations, Feeding Practices, and Adequacy of Homemade Complementary Food Preparations in Developing Countries – Lessons from Ethiopia

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn