Penyakit Kutil

Penyakit Kutil

ReliDoc – Jakarta. Ada benjolan pada tangan atau kaki dan terasa keras? Sepertinya itu kutil, yang sering terjadi karena virus. Ingin tahu lebih lanjut mengenai penyakit kutil? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Kutil?

Umumnya, penyakit kutil, juga terkenal sebagai verruca plantaris, adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada telapak kaki atau jari kaki. Faktanya, penyakit ini timbul oleh human papillomavirus (HPV) dan dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit dengan kulit. Meskipun penyakit kutil tidak membahayakan jiwa, kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kesulitan dalam berjalan.

Selain itu, kutil terklasifikasikan sebagai tumor jinak yang timbul oleh human papillomavirus (HPV). Virus menginfeksi kulit, menyebabkan nodul dan pertumbuhan yang cepat. Infeksi dapat timbul oleh luka pada kulit atau dapat tertular dengan menyentuh orang yang sebelumnya telah terinfeksi virus.

Apa saja Gejala Kutil?

Berikut adalah gejala kutil yang dapat terjadi pada seseorang:

  • Bintil-bintil kecil pada telapak kaki atau jari kaki
  • Bintil-bintil berwarna keabu-abuan dengan titik-titik hitam pada bagian tengahnya
  • Nyeri saat berjalan atau berdiri
  • Perubahan bentuk kuku atau jaringan sekitarnya.

Jenis-Jenis Kutil

Kutil dapat terbagi menjadi beberapa jenis tergantung di mana mereka muncul di tubuh. Jenis yang pertama adalah kutil periungual, yaitu kutil yang terjadi di sekitar kuku. Setelah itu, kutil datar, yaitu kutil yang terjadi di wajah, lutut, dan siku yang menyerang anak-anak dan wanita muda dengan ciri-ciri sedikit timbul dan berwarna seperti daging.

Selain itu, ada kutil kelamin yang menyerang alat kelamin dan dubur dan ditularkan melalui kontak seksual. Berikutnya adalah kutil plantar, yang berada di bagian bawah kaki dan biasanya terinfeksi saat berjalan tanpa alas kaki. Terakhir, kutil filiform kecil, yang berukuran seperti rambut.

Faktor yang Menyebabkan Seseorang Terkena Kutil

Kutil biasanya timbul oleh infeksi virus, dan jenis yang paling umum adalah human papillomavirus (HPV). Ada banyak serotipe virus ini, lebih dari 100. Dari 100 serotipe, hanya beberapa yang menyebabkan kutil pada bagian tubuh selain alat kelamin. Beberapa serotipe menyebabkan kutil kelamin dan lainnya dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker serviks.

Virus ini ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit dan paling sering menginfeksi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti anak-anak, orang lanjut usia atau orang dengan imunodefisiensi (HIV/AIDS, penggunaan kortikosteroid dan diabetes melitus).

Cara Mencegah Kutil

Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kutil:

  • Hindari kontak kulit dengan kulit dengan orang yang menderita kutil.
  • Hindari berjalan pada area publik yang lembab atau basah seperti sauna atau kolam renang umum.
  • Jangan berbagi alas kaki, handuk, atau alat mandi dengan orang lain.
  • Gunakan alas kaki pada area publik yang basah atau lembab, seperti sandal atau sepatu khusus untuk kolam renang.
  • Jangan mencoba untuk menghilangkan bintil-bintil kutil dengan cara merobek atau menggaruknya, karena ini dapat menyebabkan penyebaran virus ke area yang lebih luas.

Cara Mengobati Kutil

Berikut adalah beberapa cara mengobati kutil:

  • Pengangkatan bintil-bintil dengan laser atau cairan nitrogen beku. Metode ini dapat menyebabkan rasa sakit dan memerlukan waktu penyembuhan yang lama.
  • Pengobatan topikal seperti krim yang mengandung asam salisilat atau asam trikloroasetat. Pengobatan ini umumnya tidak menyebabkan rasa sakit dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, tetapi memakan waktu lebih lama.
  • Pembedahan, biasanya hanya digunakan pada kasus yang parah dan ketika pengobatan lain tidak berhasil.

Sebelum memilih metode pengobatan yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai.

Jika Kamu memiliki gejala penyakit kutil atau memiliki pertanyaan tentang kondisi ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan kulit untuk pengobatan yang tepat. Semakin cepat Anda mendapatkan pengobatan, semakin mudah untuk mengatasi kondisi ini dan mencegah penyebarannya ke orang lain.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Penyakit Kutil

Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Disease & Conditions. Warts.
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Diseases & Conditions. Common Warts.
American Academy of Dermatology Association. Akses pada 2023. Warts: Overview.
Healthline. Akses pada 2023. Everything You Need to Know About Warts.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn