Peran Orang Tua dalam Mengawasi Kecanduan Game pada Anak

Peran Orang Tua dalam Mengawasi Kecanduan Game pada Anak

ReliDoc – Jakarta. Kecanduan game menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan bagi orang tua pada anaknya, karena peran orang tua sangat penting agar anak tidak kecanduan bermain video games, yuk simak dibawah ini bagaimana cara mengawasi kecanduan game pada anak dengan baik dan benar!

Anak Kecanduan Game? Harus Dibatasi Loh!

Umumnya, kecanduan game adalah kondisi di mana seseorang menjadi sangat tergantung pada bermain game dan kegiatan terkait game hingga mengganggu kehidupan sehari-hari dan kesehatan mentalnya. Kecanduan game dapat menyebabkan banyak bahaya. Berikut di antaranya:

1. Menurunkan Kesehatan Fisik

Memang, bermain game dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik seperti obesitas, gangguan tidur, sakit kepala, dan nyeri otot. Karena kebanyakan game dimainkan dalam posisi yang tidak sehat dan tidak aktif, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

2. Menurunkan Kesehatan Mental

Selanjutnya, kecanduan game juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres. Bermain game dalam waktu yang lama juga dapat mengurangi kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari, memperburuk keadaan kesehatan mental, dan menurunkan kemampuan seseorang dalam berinteraksi sosial.

3. Mengganggu Kinerja di Sekolah atau Pekerjaan

Selain itu, kecanduan game dapat mengganggu kinerja di sekolah atau pekerjaan karena seseorang mungkin lebih memilih untuk bermain game daripada menyelesaikan tugas-tugas atau pekerjaan yang seharusnya diselesaikan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja akademis atau pekerjaan, serta menyebabkan masalah dalam hubungan dengan keluarga, teman, dan rekan kerja.

4. Menyebabkan Ketergantungan

Setidaknya, kecanduan game dapat menyebabkan ketergantungan, yang membuat seseorang sulit untuk berhenti bermain game meskipun mereka menyadari bahwa perilaku mereka sudah merugikan. Ini dapat mengarah pada peningkatan risiko kecanduan narkoba, alkohol, dan perilaku berbahaya lainnya.

5. Berkomunikasi dengan Anak tentang Bahaya Kecanduan Game

Hal terutama, orang tua harus berkomunikasi dengan anak tentang bahaya kecanduan game dan dampaknya pada kesehatan mental dan fisik mereka. Kamu dapat membahas pengalaman atau kasus nyata yang terjadi pada orang lain yang mengalami kecanduan game dan bagaimana mereka harus menghindarinya.

Tentu saja, kecanduan game adalah masalah yang serius, dan orang tua harus memainkan peran penting dalam mengawasi perilaku anak saat bermain game. Ringkasnya, dengan mengajarkan batasan waktu bermain game, memantau perilaku anak, membatasi akses ke game yang tidak sesuai usia, memberikan alternatif kegiatan yang sehat, dan berkomunikasi dengan anak tentang bahaya kecanduan game, kamu dapat membantu anak kamu menghindari kecanduan game dan mengembangkan kebiasaan sehat untuk masa depan mereka.

Namun, orang tua juga harus mengawasi agar anaknya tidak sakit ya, karena anak juga bisa sakit akibat bermain game terlalu lama.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Peran Orang Tua dalam Mengawasi Kecanduan Game pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn