Pergi ke Luar Kota? Ini Cara Bebas Stres di Perjalanan

Pergi ke Luar Kota Ini Cara Bebas Stres di Perjalanan

ReliDoc – Jakarta. Akhir tahun mau keluar kota tapi malas di perjalanan karena stres? Tapi kita ingin ketemuan dengan orang-orang tercinta atau healing bersama teman atau keluarga kita. Sini kita kasih tips cara bebas stres di perjalanan, walaupun macet-macetan, kita perlu meminimalisir frustasi kita, yuk simak di artikel ini.

Pergi ke Luar Kota? Yuk Ikuti Tips Bebas Stress di Perjalanan!

Bepergian bisa menjadi cara yang bagus untuk beristirahat dan bersantai, tetapi juga bisa menjadi sumber stres. Dari pengepakan dan perencanaan hingga menjelajahi lingkungan yang asing, ada banyak hal yang bisa salah saat kamu berada di jalan. Namun, dengan sedikit persiapan dan pola pikir yang benar, kamu dapat melakukan perjalanan selanjutnya dengan mudah. Berikut adalah lima cara bebas stres untuk bepergian:

1. Rencanakan

Salah satu penyebab terbesar stres perjalanan adalah perasaan tidak siap atau tidak yakin dengan apa yang diharapkan. Untuk menghindarinya, luangkan waktu untuk melakukan riset dan membuat rencana perjalanan kamu. Ini dapat mencakup pemesanan penerbangan dan akomodasi kamu sebelumnya, membuat daftar aktivitas atau pemandangan yang ingin kamu lihat, dan mengemas semua yang kamu perlukan.

2. Tetap Teratur

Cara lain untuk mengurangi stres saat bepergian adalah dengan tetap teratur. Ini bisa berarti mengemas koper kamu dengan cara yang logis sehingga dapat dengan mudah menemukan apa yang butuhkan, atau menggunakan aplikasi perjalanan untuk melacak penerbangan dan reservasi. Tetap teratur akan membantu kamu merasa memegang kendali dan mengurangi risiko kesalahan di perjalanan.

3. Beristirahatlah

Sangat mudah terjebak dalam kegembiraan di tempat tujuan baru dan mencoba melakukan terlalu banyak hal. Tetapi penting untuk diingat untuk beristirahat dan memberi diri kamu waktu untuk istirahat dan bersantai. Ini bisa berarti mengambil istirahat di tempat tujuan sehari dari jalan-jalan untuk bersantai di pantai atau kolam renang, atau tidur sebentar di tengah hari untuk mengisi ulang tenaga.

4. Bersikap Fleksibel

Meskipun penting untuk memiliki rencana, penting juga untuk terbuka terhadap perubahan dan kejadian tak terduga. Hal-hal mungkin tidak selalu berjalan sesuai rencana, dan tidak apa-apa. Ini dapat membantu kamu lebih menikmati perjalanan dan mengurangi stres.

5. Jangan Berlebihan

Terakhir, ingat pentingnya bahwa kamu tidak harus melakukan semuanya dalam satu perjalanan. Tidak apa-apa untuk meninggalkan beberapa barang untuk perjalanan di masa depan, atau hanya bersantai dan bersantai saat kamu pergi. Jangan mencoba memasukkan terlalu banyak ke dalam jadwal kamu atau kamu mungkin akan merasa kewalahan dan stres.

Barang-Barang yang Perlu Dibawa saat ke Luar Kota

Saat kamu bepergian, penting untuk mengemas beberapa barang penting untuk memastikan bahwa kamu memiliki semua yang kamu butuhkan saat jauh dari rumah. Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam pengemasan:

● Identitas

Pastikan kamu memiliki tanda pengenal yang dikeluarkan pemerintah, seperti SIM atau KTP sebelum kamu melakukan perjalanan yang jauh, karena bisa saja terjadi pengecekan di perjalanan.

● Obat-Obatan

Jika kamu meminum obat resep apapun, pastikan untuk membawa cukup selama perjalanan kamu, serta obat-obatan yang dijual bebas yang mungkin kamu perlukan. Ada baiknya juga membawa kotak P3K dengan perlengkapan dasar seperti Band-Aids, pereda nyeri, dan antasida.

● Pakaian dan Sepatu

Kemas pakaian dan sepatu yang sesuai dengan cuaca dan aktivitas yang akan  kita lakukan. Jangan lupa mengemas beberapa lapis, karena cuaca dapat berubah secara tidak terduga.

● Elektronik

Bawa barang elektronik apa pun yang perlu, seperti ponsel, laptop, atau kamera. Pastikan untuk membawa pengisi daya dan adaptor apa pun yang mungkin Anda perlukan jika bepergian ke luar negeri.

● Uang dan Kartu Kredit

Ada baiknya membawa campuran uang tunai dan kartu kredit untuk keadaan darurat dan pengeluaran tak terduga.

● Dokumen Perjalanan

Simpan dokumen penting seperti paspor, tiket, dan dokumen asuransi perjalanan Anda di tempat yang aman dan mudah untuk menjangkaunya.

● Perlengkapan Mandi

Kemasi perlengkapan mandi, termasuk sikat gigi, pasta gigi, dan produk kebersihan pribadi lainnya yang mungkin kamu perlukan.

● ReliCare

Aplikasi ReliCare yang satu ini dapat memudahkan kamu untuk melakukan konsultasi, bahkan layanan ReliDoc telemedicine, saat ini bisa ke seluruh Indonesia loh. Yuk gunakan sekarang apabila kamu merasa tidak enak badan di perjalanan.

Dengan mengikuti tips ini, dapat membuat perjalanan berikutnya menjadi pengalaman yang bebas stres dan menyenangkan. Selamat jalan-jalan ya! Apabila kamu merasa sakit, bisa kok menggunakan layanan ReliDoc telemedicine di aplikasi ReliCare yang sudah bisa menjangkau seluruh Indonesia.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Pergi ke Luar Kota? Ini Cara Bebas Stres di Perjalanan

Centers for Disease Control and Prevention. Akses pada 2022. Drowsy Driving: Asleep at the Wheel.
Centers for Disease Control and Prevention. Akses pada 2022. Road Traffic Injuries and Deaths – Global Problem.
Family Doctor. Akses pada 2022. International Travel: Tips for Staying Healthy.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses pada 2022. Agar Sehat saat Mudik, Lakukan 2 Hal Ini.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn