Persiapan Tahun Baru? Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Hidangkan

Persiapan Tahun Baru Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Hidangkan

ReliDoc – Jakarta. Tahun Baru sebentar lagi, yuk simak di artikel ini makanan apa saja sih yang bisa bikin kamu sehat sambil nunggu tahun baru. Langsung aja cek 5 makanan sehat yang bisa kamu hidangkan untuk persiapan Tahun Baru di bawah ini yuk!

Tahun Baru? Makan-Makan Aja Dulu

Tahun Baru sudah dekat, dan itu berarti sudah waktunya untuk mulai mempersiapkan perayaan Tahun Baru kamu. Meskipun penting untuk menikmati diri sendiri dan sedikit memanjakan diri, ada baiknya juga memasukkan beberapa pilihan sehat ke dalam menu kamu.

5 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Hidangkan

Berikut lima makanan sehat dan enak yang bisa kamu sajikan di perayaan tahun baru kamu:

1. Sayuran

Pertama, sayuran adalah cara yang bagus untuk menambah nutrisi pada perayaan Tahun Baru kamu. kamu bisa menyajikan berbagai sayuran mentah atau matang, baik sebagai lauk maupun sebagai bagian dari hidangan utama. Beberapa pilihan termasuk sayuran panggang, brokoli kukus, atau salad sayur campur.

Agar tidak bosan, penyajian makanan sehat ini bisa dengan cara berbeda dan disajikan sebagai santapan tahun baru. Menyiapkan sayuran panggang bisa menjadi alternatif untuk menyajikan makanan sehat, kamu juga bisa menambahkan bumbu dan memakannya dengan menu BBQ.

Sayuran panggang lebih rendah kalori tetapi dikemas dengan nutrisi. Agar tidak kecewa, penting untuk mengetahui tips menyiapkan sayur panggang agar sayur matang merata, tidak terlalu lembek, dan renyah saat digigit.

2. Buah-buahan

Kedua, buah-buahan adalah pilihan sehat dan lezat lainnya untuk perayaan Tahun Baru kamu. kamu bisa menyajikan aneka buah segar atau beku, baik sebagai lauk maupun sebagai bagian dari makanan penutup. Beberapa pilihan termasuk irisan stroberi, nanas cincang, atau apel panggang.

Memanggang apel bisa menjadi cara yang enak dan sehat untuk menikmati buah ini di tahun baru. Berikut adalah beberapa potensi manfaat apel panggang untuk kesehatan kita seperti retensi nutrisi, memanggang apel telah terbukti mempertahankan lebih banyak antioksidan quercetin, yang terkait dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Memanggang apel dapat membantu melunakkan daging, membuatnya lebih mudah dicerna. Ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau kesulitan mengunyah dan menelan. Apel adalah sumber serat larut yang baik, yang telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Memanggang apel dapat membantu mempertahankan serat bermanfaat ini.

3. Biji-bijian

Ketiga, biji-bijian adalah sumber karbohidrat kompleks yang bagus dan bisa menjadi pilihan yang sehat dan memuaskan untuk perayaan Tahun Baru kamu. Beberapa pilihan termasuk quinoa, beras merah, atau pasta gandum. kamu bisa menyajikan biji-bijian ini sebagai lauk atau sebagai bagian dari hidangan utama.

Jagung bakar adalah hidangan khas Tahun Baru. Ternyata, makanan jenis ini mengandung beberapa nutrisi yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Jagung mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat serta beberapa mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apakah jagung bakar cukup sehat? Meski diolah dengan cara tertentu, jagung ternyata mengandung beberapa senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dibandingkan biji-bijian lainnya, jagung mengandung lebih banyak antioksidan yang baik untuk tubuh.

4. Kacang-kacangan

Selanjutnya, kacang-kacangan, seperti buncis, dan lentil, merupakan sumber protein dan serat yang baik dan bisa menjadi pilihan yang sehat dan memuaskan untuk perayaan Tahun Baru kamu.

Kacang-kacangan dapat menjadi sumber nutrisi bagi tubuh, membantu menjaga berat badan ideal, membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida, dan berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Protein Tanpa Lemak

Faktanya, protein tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, dan ikan, adalah cara yang bagus untuk menambah nutrisi pada perayaan Tahun Baru kamu. kamu bisa menyajikan protein tanpa lemak sebagai hidangan utama atau sebagai bagian dari salad atau bungkus.

Makanan laut seperti udang juga sering disajikan pada pesta malam pergantian tahun. Beberapa orang mungkin menghindari makanan jenis ini karena udang tidak boleh kita konsumsi secara berlebihan. Namun, udang merupakan jenis makanan laut yang mengandung nutrisi, antara lain protein, kalori, kalsium, magnesium, fosfor, potassium, seng, lemak omega-3 dan omega-6, serta antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari udang, hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

Tidak masalah makanan sehat apa yang kamu pilih untuk disajikan, yang terpenting adalah bersenang-senang dan menikmati perayaan bersama teman dan keluarga. Jadi mengapa tidak memasukkan beberapa pilihan bergizi dan lezat ke dalam menu perayaan Tahun Baru kamu?

Nah, ingat untuk jaga diet dan pola makan kamu ya, jangan sampai perut kamu malah sakit pada saat masuk di tahun baru.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Persiapan Tahun Baru? Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Hidangkan

Health. Akses pada 2023. 7 Things You Should Know About Shrimp.
Healthline. Akses pada 2023. Corn 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthline. Akses pada 2023. Is Fruit Good or Bad for Your Health? The Sweet Truth.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn