Rebahan Terus? Kamu Mungkin Terkena Clinomania

Rebahan Terus Kamu Mungkin Terkena Clinomania

ReliDoc – Jakarta. Rebahan itu memang mengasyikkan, menghabiskan waktu di tempat tidur dan scrolling media sosial, tapi kalau keseringan rebahan, kamu mungkin terkena yang namanya Clinomania loh, ingin tahu seputar Clinomania? Yuk simak di sini!

Rebahan Terus dan Clinomania, Apa Hubungannya?

Mungkin kamu pernah merasa senang rebahan seharian tanpa beranjak dari tempat tidur, bahkan menunda beberapa kegiatan penting demi rebahan. Tentu saja, ini bisa menjadi hal yang normal bagi sebagian orang. Tetapi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari, maka kamu mungkin mengalami Clinomania.

Ringkasnya, Clinomania adalah kebiasaan berbaring terus-menerus dan menghindari aktivitas fisik. Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan “rebahan terus-menerus”. Bahkan, orang yang menderita clinomania akan merasa sulit untuk beranjak dari tempat tidur dan melakukan aktivitas seperti bekerja, berolahraga, atau bahkan berkumpul dengan keluarga dan teman.

Mengapa Clinomania Bisa Terjadi?

Pada umumnya, penyebab dari clinomania bisa bervariasi, mulai dari masalah mental seperti depresi dan ansietas, hingga masalah fisik seperti sakit kepala, lelah, atau kondisi medis tertentu. Namun, beberapa orang juga dapat mengalami clinomania karena memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan tidak cukup tidur.

Faktanya, menurut para ahli, beberapa gejala yang bisa menunjukkan seseorang mengalami clinomania antara lain:

  1. Merasa sulit untuk beranjak dari tempat tidur dan menunda kegiatan penting.
  2. Ketergantungan pada tidur sepanjang hari.
  3. Menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur daripada melakukan aktivitas lain.
  4. Merasa lelah dan lesu sepanjang hari.
  5. Merasa kesulitan untuk berfokus dan mempertahankan konsentrasi.

Faktor Risiko Clinomania

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami clinomania. Berikut beberapa faktor risiko yang dikenal:

  1. Riwayat Keluarga: beberapa penelitian menunjukkan bahwa clinomania dapat berjalan dalam keluarga dan menjadi lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah mental seperti depresi atau ansietas.
  2. Masalah Kesehatan Mental: beberapa kondisi kesehatan mental seperti depresi, ansietas, dan gangguan bipolar dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami clinomania.
  3. Gaya Hidup yang Tidak Sehat: merokok, mengonsumsi alkohol, dan tidak cukup tidur dapat meningkatkan risiko clinomania.
  4. Lingkungan: tinggal di lingkungan yang membatasi aktivitas fisik dan sosial, seperti tinggal di rumah sendiri tanpa interaksi dengan orang lain, dapat meningkatkan risiko clinomania.
  5. Stres: mengalami stres yang berkepanjangan, baik fisik maupun emosional, dapat meningkatkan risiko clinomania.

Hal terpenting, bahwa faktor risiko clinomania bisa bervariasi dan tidak selalu sama pada setiap orang. Namun, identifikasi dan pengelolaan faktor risiko yang mungkin mempengaruhi seseorang dapat membantu mencegah atau mengatasi clinomania.

Cara Mengatasi Clinomania

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi clinomania, antara lain:

  • Menerapkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, menjaga pola makan, dan tidur yang cukup.
  • Berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan mental untuk mengetahui penyebab dan menentukan perawatan yang tepat.
  • Melakukan terapi atau perawatan medis yang diperlukan.
  • Mencoba untuk beraktivitas dan berkumpul dengan orang lain untuk mengurangi stres dan rasa kesepian.
  • Coba untuk mempunyai hewan peliharaan.
  • Terapi dengan musik.
  • Mencoba berbicara dengan diri sendiri.

Mengatasi clinomania membutuhkan perawatan yang tepat dan konsisten. Jangan biarkan kebiasaan tidur terlalu banyak mempengaruhi kualitas hidup dan aktivitas sehari-hari. Segera berkonsultasi dengan dokter.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Rebahan Terus? Kamu Mungkin Terkena Clinomania

Psychology Today. Akses pada 2023. Sleeping Addiction.
Sleep Foundation. Akses pada 2023. Dysania.
Healthline. Akses pada 2023. What to Do When You Can’t Get Out of Bed.
WebMD. Akses pada 2023. How to Recognize and Manage Dysania.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn