Sakit Kepala di Kantor? Berikut Cara Mengatasinya

sakit kepala di kantor

ReliDoc – Jakarta. Sakit kepala menjadi salah satu masalah ketika kamu sedang di kantor? Rasa nyeri di kepala membuat kamu menjadi tidak produktif di kantor, apalagi ketika terjadi selama seharian. Ingin tahu cara mengatasinya? Yuk simak artikelnya!

Sakit Kepala di Kantor? Kenapa Bisa?

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin mengalami sakit kepala di tempat kerja. Namun jangan bersedih. Ada kabar baiknya yaitu dengan mengetahui tentang potensi pemicu sakit kepala terkait pekerjaan, Anda dapat melakukan pencegahan agar tidak terjadi di masa depan. Berikut adalah beberapa pemicu terjadinya sakit kepala:

1. Stres dari Kerjaan

Stres kerja merupakan salah satu penyebab utama masalah kesehatan seperti sakit kepala di kalangan karyawan. Pekerjaan bisa menjadi salah satu sumber stres terbesar dalam hidup Anda dan sayangnya, itu juga bisa menjadi penyebab utama sakit kepala. Hal ini dapat berdampak negatif pada kualitas hidup, baik secara fisik maupun mental. Ketika stres, otot leher dan kulit kepala menjadi tegang atau berkontraksi. Hal ini yang memicu sakit kepala.

2. Dehidrasi

Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda tidak memiliki cukup cairan untuk berfungsi secara efektif, sehingga dapat berdampak pada banyak bagian tubuh Anda, termasuk sirkulasi darah Anda.

Orang yang mengalami dehidrasi sering kali mengalami penurunan tekanan darah atau volume darah yang lebih rendah. Apabila Ini terjadi, darah mungkin tidak mencapai otak Anda dengan cara yang seharusnya, maka hal ini dapat menyebabkan perasaan pusing atau migrain.

3. Jangan Telat Makan

Banyaknya pekerjaan kerap dijadikan alasan untuk melewatkan makan di kantor. Jangan jadikan ini sebagai kebiasaan. Melewatkan makan adalah salah satu pemicu migrain dan sakit kepala di tempat kerja. Bekerja akan menguras energi dimana kadar gula dalam tubuh adalah salah satu komponen pembakaran metabolisme pembentukan energi dalam tubuh. Ketika anda telat makan, kadar gula akan terus menurun seiring waktu dan hal inilah yang memicu sakit kepala.

4. Terlalu Banyak di Depan Monitor

Karyawan menghabiskan berjam-jam di depan desktop dan laptop mereka. Menatap layar komputer dalam waktu lama dapat membuat mata Anda terasa lelah dan tegang. Masalah penggunaan berlebihan otot mata ini akan memicu sakit kepala parah pada karyawan.

5. Postur Duduk yang Tidak Baik

Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk duduk, Anda harus menjaga postur tubuh yang baik. Karena postur tubuh yang buruk bisa menjadi akar penyebab sakit kepala di tempat kerja. Postur tubuh yang buruk membuat otot Anda tegang, membuat leher dan punggung bagian atas tegang, dan dapat menyebabkan sakit kepala tegang.

6. Tidur yang Tidak Cukup

Menemukan keseimbangan yang tepat untuk tidur malam yang nyenyak bisa jadi sulit. Terutama jika Anda bekerja di luar shift atau lembur, memiliki pekerjaan rumah tangga yang mengganggu tidur Anda, atau menderita insomnia. Gangguan pada pola tidur normal, tidur kurang dari 6 jam per malam, atau bahkan tidur terlalu banyak biasanya dikaitkan dengan sakit kepala tegang.

Sakit Kepala di Kantor? Kenapa Bisa?

Beberapa cara bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala yang terjadi di kantor. Lalu dengan menemukan pemicu yang menyebabkan Anda sakit kepala, Anda bisa mencegahnya agar tidak terjadi kembali untuk kedepannya, beberapa cara alami mengatasinya merupakan:

1. Segarkan Diri Anda

Istirahatlah sejenak untuk menyegarkan diri. Mencuci wajah adalah cara terbaik untuk menyegarkan kembali tubuh yang lelah dan mengantuk. Ambil napas dalam-dalam, rileks dan merasa segar.

2. Cairan Tubuh Harus Terpenuhi

Pastikan Anda minum setidaknya 2-3 liter air sehari saat bekerja. Simpan botol air di meja Anda dan minumlah dalam jumlah kecil sepanjang hari. Kamu juga bisa minum Jahe hangat yang dicampur dengan teh, sakit kepala biasanya disertai rasa mual. Jahe tidak hanya mengurangi rasa mual, tetapi juga melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mengobati sakit kepala.

3. Jangan Lewatkan Jam Makan

Jangan lewatkan asupan karbohidrat dan protein Anda terutama di pagi hari. Sakit kepala yang Anda alami bisa jadi akibat gula darah Anda turun karena lupa makan. Anda bisa memakan camilan sehat seperti oatmeal, protein bar atau kacang-kacangan apabila tidak sempat untuk sarapan pagi.

4. Hindari Paparan yang Berlebihan dari Monitor

Untuk menghindari sakit kepala akibat terlalu lama terpapar layar komputer, jangan duduk di depan komputer dalam waktu lama. Beristirahatlah dan dapatkan udara segar dan sinar matahari. Bekerja di area yang cukup terang dan ambil langkah-langkah untuk mengurangi paparan pada layar komputer Anda. Hal ini karena cahaya dari lampu dan perangkat elektronik dapat menyebabkan sakit kepala migrain pada beberapa orang, terutama jika dilihat dalam jangka waktu yang lama.

5. Lakukan Peregangan dan Pijat diri Anda

Pijat area pelipis yang sakit selama sekitar 7-15 detik. Lepaskan dan ulangi sampai rasa sakit di kepala Anda mereda. Jika perlu, rekan kerja dapat memijat area yang sulit dijangkau dengan tangan untuk mengendurkan otot yang tegang.

Gerakan leher tidak hanya merilekskan leher, bahu, dan punggung, tetapi juga membantu meredakan nyeri saat bekerja. Leher yang kaku dapat menyebabkan sakit kepala, jadi olahraga ringan dapat membantu meredakan sakit kepala.

6. Pola Tidur Harus Benar

Pastikan Anda tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam. Berhenti menggunakan ponsel atau laptop setidaknya 30 menit sebelum tidur. Selain itu, hindari minuman berkafein, alkohol, atau obat-obatan yang dapat mengganggu tidur Anda.

Apabila Anda masih merasa sakit kepalanya, Anda bisa menggunakan obat-obatan seperti triptan,  Tylenol (acetaminophen), atau ibuprofen untuk membantu meredakan sakit kepala Anda.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Sakit Kepala di Kantor

Healthline. Diakses pada 2022. 9 Useful Hacks for Managing a Migraine Attack at Work
Healthline. Diakses pada 2022. Can Vertigo Be a Symptom of Dehydration?
Time. Diakses pada 2022. 5 Ways to Cope With Migraines at Work
VeryWellHealth. Diakses pada 2022. Causes of Headaches at Work
WebMD. Diakses pada 2022. Chronic Migraine and Employment

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn