Sering Lupa? Ini dia Alasannya

Sering Lupa Ini dia Alasannya

ReliDoc – Jakarta. Kamu sering lupa nomor hape, menaruh kunci, ulang tahun pasangan, atau yang lainnya? Ya, kejadian ini pasti kerap terjadi bukan hanya ke kamu doang tapi ke semua orang loh. Kenapa bisa terjadi ya? Yuk kita bahas di bawah ini!

Sering Lupa? Kenapa ya?

Setiap orang pasti pernah mengalami lupa diri. Umumnya, hal ini sering dialami saat Anda sedang lelah, terlalu banyak bekerja atau terlalu sibuk dengan hal lain. Kelupaan sering dialami tidak hanya oleh orang tua, tetapi juga oleh orang muda yang sehat.

Nyatanya, melupakan nama atau hal yang baru saja dipelajari adalah hal yang wajar. Ini terjadi karena informasi yang baru saja kamu pelajari belum mencapai memori jangka panjang atau kamu tidak benar-benar fokus untuk mengingatnya.

Selain itu, meski organ otak memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, otak tetap membutuhkan ruang baru untuk menyimpan hal-hal penting.

Akibatnya, otak “menghapus” informasi yang dianggap kurang penting, kurang spesifik dan sulit diingat. Informasi ini kemudian diganti dengan yang baru.

Beberapa Penyebab Sering Lupa

Melupakan sesuatu bisa membuat frustasi dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun, mungkin ada alasan tertentu mengapa kamu sering melupakan sesuatu. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

1. Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan penurunan fungsi memori. Saat kamu stres, tubuh akan menghasilkan hormon yang mengganggu kemampuan Anda untuk menyimpan informasi baru.

2. Kurang Tidur

Tidur sangat penting untuk konsolidasi memori, jadi jika kamu tidak cukup tidur, kemampuan untuk mengingat sesuatu mungkin akan terganggu.

Kondisi ini juga dapat memicu perubahan mood yang menyebabkan perubahan suasana hati, dan memengaruhi konsentrasi sehingga menjadi penyebab utama kelupaan.

3. Multitasking

Otak kita hanya dapat fokus pada satu hal pada satu waktu, jadi jika kamu mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus, kamu mungkin tidak dapat memproses dan menyimpan informasi sepenuhnya.

4. Umur

Seiring bertambahnya usia, fungsi ingatan kita secara alami menurun. Namun, penurunan ini bisa diperlambat dengan tetap aktif dan melakukan aktivitas yang menantang otak, seperti membaca dan memecahkan teka-teki.

5. Kekurangan Vitamin

Vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin B12 dan asam lemak omega-3, penting untuk fungsi otak. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan masalah memori.

Produk susu dan ikan juga bisa menjadi alasan yang sering dilupakan. Ini karena vitamin B12 yang ada di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf, terutama kesehatan otak.

6. Minum Alkohol yang Berlebihan

Kamu juga mudah lupa jika terlalu sering minum minuman beralkohol atau terlalu banyak minum alkohol hingga menjadi ketergantungan alkohol (alkoholisme).

Ini karena konsumsi alkohol yang berlebihan dapat merusak ingatan jangka pendek, bahkan setelah efek alkoholnya hilang. Minuman ini juga dapat memengaruhi kondisi mental kamu.

7. Obat-obatan

Obat penenang tertentu, antidepresan, dan obat tekanan darah tinggi dapat merusak ingatan dan menyebabkan efek samping seperti sedasi atau kebingungan.

Kondisi ini bisa membuat kamu untuk sulit memperhatikan hal-hal baru, sehingga bisa menjadi penyebab sering lupa.

Itu dia penyebab kenapa kamu sering lupa, jangan lupa untuk selalu fokus dan konsentrasi ya dan hindari pemicu-pemicu yang dapat membuat kamu sering lupa. Kamu juga jangan lupa untuk jaga kesehatan kamu ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Sering Lupa? Ini dia Alasannya

Anderson, V. WebMD. Akses pada 2023. Is It Alzheimer’s or Normal Aging?
Bellefonds, C., d. Baby Center. Akses pada 2023. What Is Pregnancy Brain?
Dallas, M. E. Everyday Health. Akses pada 2023. 5 Surprising Causes of Memory Loss.
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Memory Loss: 7 tips to Improve Your Memory.
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Memory Loss: When to Seek Help.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn