Sering Tidur Tengkurap? Ini dia 6 Risikonya!

Sering Tidur Tengkurap Ini dia 6 Risikonya!

ReliDoc – Jakarta. Tidur itu memang enak, tetapi ada satu posisi yang harus diperhatikan apabila kamu sedang ingin tidur, yaitu posisi tidur tengkurap loh! Penasaran kan kenapa tidur tengkurap berisiko? Yuk simak selengkapnya 6 risiko tidur tengkurap di bawah ini!

Sering Tidur Tengkurap, Jangan Dibiasakan!

Umumnya, posisi tidur tengkurap bisa menjadi posisi yang nyaman bagi sebagian orang, namun juga memiliki risiko tertentu yang penting untuk kita perhatikan.

Bahkan, posisi ini diketahui dapat mengurangi dengkuran dan risiko sleep apnea karena pangkal lidah secara tidak sengaja tertarik ke dalam, menyebabkan pernapasan tiba-tiba terhenti sementara saat tidur.

Risiko Tidur Tengkurap

Berikut berapa risiko tidur tengkurap yang harus kita perhatikan:

1. Tekanan pada Punggung dan Leher

Pertama-tama, salah satu risiko utama posisi tengkurap saat tidur ini adalah dapat memberikan banyak tekanan pada punggung bagian bawah dan leher. Setidaknya, ini dapat menyebabkan rasa sakit dan kaku di area ini, dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang jika Anda tidur dalam posisi ini untuk waktu yang lama.

2. Kerutan pada Wajah

Sementara, risiko lain dari posisi tengkurap saat tidur adalah dapat menyebabkan kerutan di wajah. Memang, saat kamu tidur dengan posisi ini, wajah akan menempel pada bantal, yang lama kelamaan dapat menimbulkan kerutan dan garis halus.

3. Air Liur Membuat Iritasi Kulit

Tentu saja, ngiler saat tidur dengan posisi ini dapat terjadi karena posisi kepala dan leher dapat menyebabkan mulut terbuka sehingga lebih memungkinkan air liur keluar. Ini bisa menjadi masalah terutama bagi orang yang sudah memiliki kecenderungan untuk ngiler. Selain tidak nyaman, ngiler juga bisa menyebabkan iritasi kulit bahkan infeksi jika tidak kita bersihkan dengan baik.

4. Mata Menjadi Kering

Selain itu, kekeringan mata adalah potensi masalah lain yang bisa terjadi saat tidur dengan posisi tersebut. Saat mata tertekan ke bantal, hal itu dapat menyebabkan kelopak mata menjadi terkompresi dan membatasi jumlah oksigen dan kelembapan yang mencapai mata. Hal ini dapat menyebabkan mata kering, gatal dan iritasi, serta meningkatkan risiko infeksi mata.

5. Kesulitan Bernapas

Selanjutnya, tidur dengan posisi ini juga dapat menyebabkan kesulitan bernapas, karena dapat menekan paru-paru dan mempersulit pernapasan. Ini bisa menjadi masalah terutama bagi orang yang sudah memiliki masalah pernapasan.

6. SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)

Faktanya, tidur dengan posisi tengkurap bisa sangat berbahaya bagi bayi. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), atau kematian bayi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya, merupakan salah satu risiko mematikan bagi bayi yang tidur dengan posisi ini.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa saat tidur dengan posisi tersebut, hidung bayi bisa ditutupi kasur atau bantal. Jadi, ini mengganggu pernapasan dan bayi kekurangan oksigen.

Untuk meminimalkan risiko yang terkait dengan tidur tengkurap, penting untuk menggunakan bantal yang menopang leher dan kepala kamu dalam posisi netral, dan hindari tidur dengan posisi tengkurap untuk waktu yang lama.

Kesimpulannya, meski tidur dengan posisi tengkurap bisa nyaman bagi sebagian orang, ada juga risiko tertentu yang penting untuk diwaspadai. Risiko tersebut antara lain nyeri dan kaku pada punggung bagian bawah dan leher, kerutan pada wajah, air liur dan mata kering, serta kesulitan bernapas. Untuk meminimalkan risiko ini, penting untuk menggunakan bantal yang menopang leher dan kepala Anda dalam posisi netral, dan hindari tidur tengkurap untuk waktu yang lama.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Sering Tidur Tengkurap? Ini dia 6 Risikonya!

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat RI. Akses pada 2023. Bahaya Tidur Tengkurap.
Healthline. Akses pada 2023. Best Sleeping Positions for a Good Night’s Sleep.
Kementrian Kesehatan RI. Akses pada 2023. Tips Mengatasi Nyeri Leher Akibat Salah Posisi Tidur.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn