Simak 7 Cara Mengatasi Mata Lelah

Simak 7 Cara Mengatasi Mata Lelah

ReliDoc – Jakarta. Sering bekerja di depan layar? Mata kamu yang sering melihat layar akan merasa lelah dengan gejala lainnya loh, yuk simak di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang 7 cara mengatasi mata lelah!

Mata Lelah? Kenapa Bisa?

Pada umumnya, mata lelah adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang bekerja di depan komputer atau layar gadget dalam waktu yang lama. Hal yang utama, mata lelah dapat menyebabkan sensasi terbakar, rasa gatal, dan ketidaknyamanan pada mata. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi mata lelah yang dapat dilakukan dengan mudah.

Ini dia 7 Cara Mengatasi Mata Lelah

Berikut ini 7 cara untuk mengatasi mata lelah:

1. Istirahatkan Matamu

Pertama-tama, cara paling sederhana untuk mengatasi mata lelah adalah dengan memberikan waktu istirahat pada mata kamu. Jadi, cobalah untuk menjauhkan diri dari layar komputer atau gadget selama beberapa menit setiap jamnya. Atau jika memungkinkan, berhenti sejenak dan beristirahatlah selama 10-15 menit. Kamu bisa menutup mata kamu dan santai sejenak.

2. Gunakan Obat Tetes Mata

Selanjutnya, jika merasa bahwa mata kamu terus kering dan lelah, gunakan obat tetes mata. Obat tetes mata akan membantu membasahi mata kamu dan mengurangi rasa kering dan lelah. Namun, pastikan untuk menggunakan obat tetes mata yang aman dan direkomendasikan oleh dokter.

3. Gunakan Kompres Dingin atau Hangat

Selain itu, gunakan kompres dingin atau hangat untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan pada mata. kamu dapat menggunakan kompres dingin atau hangat tergantung pada kondisi mata kamu. Setidaknya, jika kamu mengalami mata yang merah dan bengkak, gunakan kompres dingin. Sedangkan, jika kamu merasa bahwa matamu kering dan terasa gatal, gunakan kompres hangat.

4. Lakukan Gerakan Mata

Cara lain untuk mengatasi mata lelah adalah dengan melakukan gerakan mata. kamu dapat melakukan gerakan sederhana seperti mengedipkan mata atau melihat ke arah kanan dan kiri secara bergantian. Jadi, gerakan mata akan membantu mengurangi ketegangan pada mata kamu.

5. Pastikan Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang buruk dapat membuat mata kamu lelah. Lebih lanjut, pastikan ruangan kamu cukup terang dan pencahayaan yang digunakan tidak terlalu terang atau terlalu redup. kamu juga dapat mengatur kecerahan layar komputer atau gadget kamu agar sesuai dengan kondisi pencahayaan di ruangan.

6. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Jika kamu sering bekerja di depan komputer atau gadget, gunakan kacamata anti radiasi. Kacamata ini akan membantu melindungi mata kamu dari sinar radiasi yang berbahaya dan mengurangi ketegangan pada mata.

7. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata

Faktanya, makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E baik untuk kesehatan mata kamu. Oleh karena itu, konsumsi makanan seperti wortel, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan mata kamu.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi mata lelah. Kesimpulannya, dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengurangi ketidaknyamanan pada mata dan menjaga kesehatan mata kamu dengan baik. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami masalah mata yang serius.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Simak 7 Cara Mengatasi Mata Lelah

MedicineNet. Akses pada 2023. Eye Strain.
Verywell Health. Akses pada 2023. An Overview of Eye Strain (Asthenopia).
WebMD. Akses pada 2023. 13 Tips to Prevent Eye Fatigue.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn