Susah Tidur? Ini Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan!

Susah Tidur

ReliDoc – Jakarta. Sudah malam, tetapi masih mengecek handphone karena kesusahan untuk menutup mata kamu? Eitss.. Tidur itu penting banget loh, walaupun besok nggak ada kerjaan tapi istirahat mempunyai berbagai efek kesehatan. Ingin tahu lebih lanjut cara tidur pada saat kesusahan tidur? Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Susah Tidur? Coba Lakukan Hal Ini!

Ada beberapa cara untuk mengatasi susah tidur atau insomnia sebagai gangguan tidur, susah untuk tidur menjadi masalah karena hal ini dapat menimbulkan berbagai efek kesehatan, termasuk stres berkepanjangan. Maka, tidak heran jika orang yang kurang tidur cenderung merasa marah, stres, dan kelelahan mental. Baca juga manfaat tidur untuk kesehatan. Oleh karena itu, simak penjelasan cara mengatasi insomnia berikut ini.

1. Pergi Tidur pada Waktu yang Sama Setiap Hari dan Bangun pada Waktu yang Sama

Banyak orang yang kurang tidur selama seminggu menggantinya dengan tidur berlebihan di akhir pekan. Padahal, kebiasaan seperti itu bisa mengganggu siklus tidur alami tubuh Anda dan cara ini justru membuat kondisi insomnia semakin parah.

Jadi cobalah untuk bobok dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk hari libur. Ini membuat tubuh Anda lebih mudah beradaptasi dengan pola istirahat yang konsisten dan tertidur.

Selain waktu berbaring Anda, pastikan Anda istirahat sekitar 7-9 jam setiap hari agar Anda memiliki energi yang cukup untuk memulai aktivitas di pagi hari.

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Untuk membantu Anda terlelap lebih cepat, buat suasana kamar tidur Anda senyaman mungkin. Matikan lampu atau batasi pada lampu malam dan sesuaikan suhu ruangan agar tetap sejuk, lalu sebelum terlelap, jauhi elektronik dan gadget sebanyak mungkin, karena cahaya darinya dapat mengganggu produksi melatonin (hormon yang membantu Anda tertidur).

Selain itu, minyak esensial dan aromaterapi lavender dapat kita gunakan untuk merilekskan tubuh dan pikiran, menciptakan lingkungan istirahat yang lebih nyaman.

3. Batasi Waktu Tidur Siang

Beberapa orang mungkin merasa bahwa istirahat di siang hari menyegarkan tubuh mereka ketika mereka lelah dari aktivitas. Namun sebaliknya, berbaring siang juga bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari.

Jadi, jika Anda merasa sangat lelah dan ingin terlelap siang sebentar untuk menambah energi, usahakan berbaring hanya 10-20 menit sebelum jam 3 sore.

4. Batasi Penggunaan Zat Tertentu sebagai Cara Mengatasi Insomnia

Berbagai zat yang kita konsumsi dapat mempengaruhi atau menyebabkan stres, tentunya zat yang dimaksud seperti kafein dalam minuman seperti teh, kopi dan soda serta nikotin dalam rokok dapat memperburuk insomnia. Jadi jika Anda mencoba untuk mengatasi insomnia, cobalah untuk membatasi asupan keduanya. 

Walaupun, Anda dapat minum minuman berkafein, tetapi cobalah untuk mengurangi asupan Anda, terutama pada malam sebelum tidur. Pasalnya, kafein mengganggu proses tidur bahkan mencegah Anda tertidur. Baca juga bahayanya menjadi perokok aktif.

Begitu pula dengan nikotin dalam rokok yang bersifat stimulan dan menyebabkan gangguan tidur. Faktanya, perokok membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, sering terbangun di tengah malam, dan kurang tidur.

5. Lakukan Olahraga secara Teratur

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi stres akibat insomnia adalah olahraga teratur. Ya, olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya membantu Anda tertidur lebih cepat di malam hari.

Selain itu, olahraga seperti berenang dan berjalan dapat meredakan ketegangan, yang membuat dimana ini akan mengurangi stres dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Namun, berhati-hatilah dengan olahraga berat, terutama sebelum tidur. Idealnya, Anda harus berolahraga berat di pagi atau sore hari. Namun, jika Anda terpaksa berolahraga di malam hari, pastikan Anda berhenti berolahraga setidaknya 90 menit sebelum tidur.

6. Hindari atau Meminimalkan Stres

Saat seseorang mengalami stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol, yang dapat mengganggu pola tidur yang sehat. Seperti melakukan yoga secara teratur, meditasi dan relaksasi sebelum tidur.

Selain itu, Anda dapat mencoba berbagai metode untuk mengatasi insomnia, seperti mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik santai sebelum tidur.

Namun, jika berbagai cara yang disebutkan di atas gagal mengatasi masalah tidur Anda, sebaiknya periksakan ke dokter, terutama jika masalah tersebut sudah mempengaruhi aktivitas dan kesehatan Anda.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Susah Tidur? Ini Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan!

NHS. Diakses pada 2022. 10 Tips to Beat Insomnia.
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Stress and Insomnia.
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. What to do when you can’t sleep.
WebMD. Diakses pada 2022. How Much Sleep Do I Need?
WebMD. Diakses pada 2022. Insomnia Myths and Facts.
WebMD. Diakses pada 2022. Understanding Sleep Problems – The Basics.

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn