Terkena Diare? Berikut Makanan yang Dapat Dikonsumsi

Terkena Diare Berikut Makanan yang Dapat Dikonsumsi

ReliDoc – Jakarta. Sedang terkena diare? Bingung ingin makan apa saja agar tidak memperparah perut kamu? Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja sih makanan yang bisa mempercepat dan membantu kamu ketika terkena diare.

Diare? Makanan Apa Saja yang Dapat Dikonsumsi?

Pada umumnya, diare atau Gastroenteritis dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini terjadi pada sistem pencernaan dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Untuk mengurangi gejala dan mendukung fungsi pencernaan, sebaiknya Anda makan makanan lunak agar tidak membebani usus dan organ lainnya.

Orang dengan gastroenteritis harus berhati-hati dengan semua jenis makanan yang mereka makan. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang baik untuk penderita gastroenteritis:

1. BRAT

Pendek kata, BRAT atau Banana (pisang), Rice (nasi), Applesauce (apel yang dihaluskan), dan Toast (roti panggang) merupakan beberapa pilihan diet untuk diare. Selain itu, BRAT kaya akan protein dan serat serta baik untuk meredakan masalah saluran pencernaan.

Namun, mengonsumsi BRAT saja tidak memberikan semua nutrisi yang tubuh Anda butuhkan. Jadi, orang yang menderita gangguan pencernaan harus mengonsumsi bahan makanan lain seperti daging tanpa lemak, ikan, dan sayuran untuk menutupi nutrisi tubuhnya.

2. Makanan Berkuah atau Sup

Adakalanya, banyak yang menganjurkan sup untuk mereka yang sedang tidak enak badan. Faktanya, makan sup ayam akan memberi Anda protein pada saat diare. Lantaran, protein berguna untuk melawan infeksi yang membuat orang sakit.

Tentunya, sup memiliki kandungan air yang tinggi, yang meningkatkan hidrasi selama gastroenteritis. Diare menyebabkan tubuh kehilangan banyak air karena terus buang air besar. Jika Anda tidak mengganti cairan yang hilang dengan cepat, Anda berisiko mengalami dehidrasi. Dehidrasi akibat diare dapat mengancam jiwa jika tidak tertangani dengan baik. Untuk menghindari risiko ini, Anda harus minum lebih banyak air. Yang terbaik adalah mengganti cairan yang hilang dengan 8 gelas air per hari. Ingatlah untuk minum segelas air segera setelah buang air besar.

3. Kentang Rebus

Umumnya kentang rebus lembut, rendah lemak, dan terbuat dari pati yang mudah dicerna. Kentang adalah sayuran yang kaya akan potasium, elektrolit yang bisa hilang saat diare. Pati yang terkandung dalam kentang juga dapat meningkatkan volume makanan, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda mengalami diare. Hindari topping tinggi lemak seperti mentega, keju, dan krim asam, yang dapat memperburuk gastroenteritis.

4. Telur

Saat ini, konsumsi telur tidak hanya mudah, telur juga merupakan sumber protein yang baik dan memberikan nutrisi lain seperti vitamin B dan selenium, yang merupakan mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh, akan tetapi, sebaiknya hindari menggoreng telur dengan minyak atau mentega.

5. Nasi Putih atau Bubur

Pada kenyataannya, jika Anda mengalami diare, Anda harus menghindari makanan berserat tinggi untuk menenangkan usus yang bermasalah. Karena, makanan tinggi serat pencernaan dapat semakin memperumit kerja usus yang terinfeksi dan memperburuk gejala diare. Serat menghasilkan gas, saat terproses oleh bakteri yang hidup di usus Anda. Sementara itu, penumpukan gas di perut dapat menyebabkan gas dan kembung (kentut). Jadi, untuk meredakan gejala diare, pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat dan rendah serat, seperti nasi putih. Mencerna nasi putih mudah, sehingga usus Anda tidak perlu bekerja keras untuk memecahnya menjadi glukosa (gula darah). Olahan lain yang bisa Anda coba adalah nasi tim atau oatmeal.

6. Probiotik

Dalam kasus ini, cara mempercepat penyembuhan diare adalah dengan mengonsumsi probiotik, yaitu bakteri baik yang menyehatkan sistem pencernaan Anda. Adapun, makanan yang mengandung probiotik yang dapat Anda makan, seperti yogurt dan kefir. Namun, makanan ini tidak dianjurkan untuk orang yang tidak toleran laktosa.

Jika Anda menderita diare, Anda harus lebih memperhatikan pilihan makanan Anda. Jika diare Anda memburuk atau dengan gejala lain seperti tinja berdarah, muntah terus-menerus, atau demam, segera dapatkan bantuan medis.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Terkena Diare? Berikut Makanan yang Dapat Dikonsumsi

ClevelandClinic. Akses pada 2024. What to Eat When You Have Diarrhea
HealthLine. Akses pada 2024. What to Eat When You Have Diarrhea
MayoClinic. Akses pada 2024. Gastroenteritis: First aid

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn