Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Mencegah Terpapar Covid-19

Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Mencegah Terpapar Covid-19

ReliDoc – Jakarta. Satu hal dalam menghadapi Covid-19 adalah pentingnya sistem kekebalan tubuh yang sehat, apalagi adanya varian baru EG.5 atau Eris. Meskipun vaksinasi akan memberikan banyak manfaat dalam memberikan pertahanan yang Anda perlukan, vaksin ini dirancang untuk bekerja dengan pertahanan alami tubuh Anda. Simak tips yang dapat Anda gunakan untuk tingkatkan imunitas tubuh untuk mencegah terpapar Covid-19 bagi Anda dan keluarga!

Apa itu Sistem Imun?

Untuk lebih memahami bagaimana Anda dapat memperkuat sistem kekebalan Anda, penting untuk memahami apa sistem itu. Sistem kekebalan Anda adalah jaringan kompleks yang terdiri dari sel, protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama untuk melindungi Anda dari penyerang asing, seperti:

  • Virus
  • Bakteri
  • Racun
  • Jamur

Ketika tubuh Anda bertemu dengan penyerang (antigen) yang berpotensi berbahaya, tubuh Anda akan menciptakan antibodi yang menempel pada antigen tersebut. Ini bertindak sebagai semacam penanda bagi sel T tubuh Anda, yang kemudian datang dan menghancurkan antigen. Hal yang terpenting, sel T adalah sejenis sel darah putih yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman dan melindungi Anda dari penyakit.

Bagaimana Jika Imunitas Tubuh Kita Lemah?

Sistem imun atau imunitas tubuh yang lemah tidak dapat bertahan secara efektif melawan virus, bakteri, dan radikal bebas. Oleh karena itu, jika Anda merasa sakit, lelah, atau letih, ini mungkin merupakan manifestasi dari melemahnya sistem kekebalan tubuh, yang dapat dengan mudah menyebabkan kerentanan terhadap infeksi dan masalah kesehatan yang parah.

Biasanya, sel darah putih, antibodi, kelenjar getah bening, dan organ dalam berkontribusi terhadap kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu, seseorang dengan imunitas tubuh yang lemah akan memiliki risiko tinggi terkena infeksi, pneumonia, dan rendahnya imunitas akibat lemahnya daya tahan tubuh.

Makanan adalah Obat Terbaik

Karena imunitas tubuh Anda melibatkan begitu banyak sel, protein, jaringan, dan organ yang berbeda, ada banyak cara untuk memperkuat sistem kekebalan Anda, dimulai dengan apa yang Anda makan.

Nyatanya, beribu-ribu tahun yang lalu, Hippocrates menyatakan, “Biarlah makanan menjadi obatmu dan obat menjadi makananmu,” yang tentunya juga berlaku untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh Anda memerlukan nutrisi yang tepat agar dapat bekerja secara optimal. Berikut ini nutrisi yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, termasuk:

1. Vitamin C

Tentu saja, vitamin C ini membantu sistem kekebalan Anda menghasilkan antibodi. Sumber vitamin C yang bagus termasuk buah beri, buah kiwi, dan buah jeruk, serta paprika.

2. Vitamin A

Juga disebut beta karoten, vitamin ini mendukung kesehatan paru-paru dan usus dan dapat ditemukan dalam jumlah besar pada wortel, ubi jalar, brokoli, dan bayam.

3. Vitamin E

Vitamin ini adalah antioksidan kuat. Sumber vitamin E yang baik adalah minyak nabati, kacang-kacangan, dan alpukat.

4. Vitamin D

Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan kasus Covid-19 yang lebih parah, jadi memastikan kadar vitamin D Anda optimal adalah kuncinya. Vitamin D ditemukan secara alami dalam kuning telur dan jamur, dan kulit Anda dapat memproduksi vitamin tersebut saat terkena sinar matahari.

5. Zinc

Banyak enzim dalam tubuh Anda bergantung pada zinc atau seng, yang banyak ditemukan dalam makanan laut, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan.

6. Protein

Untuk memperkuat sel T Anda, kami merekomendasikan banyak protein, yang dapat ditemukan dalam daging sapi, unggas, ikan, dan telur. Makanan nabati yang mengandung sejumlah protein antara lain kacang-kacangan, quinoa, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Perubahan Gaya Hidup

Selain mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari kalori kosong seperti makanan manis dan olahan. Berikut ini ada beberapa langkah lain yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan Anda, termasuk:

  • Berolahraga untuk meningkatkan sirkulasi dan aliran sumber daya Anda
  • Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu tubuh Anda memperbaiki dan beregenerasi
  • Mengurangi stres untuk menyeimbangkan sistem metabolisme Anda
  • Minum air putih agar proses tubuh bekerja dengan baik, termasuk mengangkut sel imun

Di luar daftar ini, jika Anda memiliki kebiasaan seperti merokok, kami mendorong Anda untuk berhenti atau menguranginya. Merokok tidak hanya melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga membahayakan paru-paru Anda, yang merupakan pihak yang terkena dampak langsung dari infeksi saluran pernafasan seperti Covid-19.

Itulah tips untuk tingkatkan imunitas tubuh untuk mencegah terpapar virus Covid-19, apalagi sudah mulai meningkat kembali kasus Covid-19 akibat adanya varian baru EG.5. Tentunya dengan meningkatkan imunitas tubuh, agar Anda dan keluarga tetap sehat dan juga mencegah penyebaran virus Covid-19. Namun bila mengalami gejala terpapar virus, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Mencegah Terpapar Covid-19

Forest Urgent Care. Akses pada 2023. How to Boost Your Immune System to Fight COVID-19
Harvard Health. Akses pada 2023. 4 immune-boosting strategies that count right now
National Institutes of Health. Akses pada 2023. Nutrition as a key to boost immunity against COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn