Tips Kecantikan Alami untuk Kesehatan Kulit

Tips Kecantikan Alami untuk Kesehatan Kulit

ReliDoc – Jakarta. Kosmetik abal-abal atau salah pilih kosmetik dapat membuat kamu jadi gagal cantik! Pastinya, memiliki kulit yang kinclong menjadi dambaan setiap perempuan. Impian tersebut bisa berubah menjadi mimpi buruk jika salah pilih kosmetik, apalagi bila kosmetik tersebut menggunakan bahan-bahan yang berbahaya dan tidak berizin. Yuk simak tips kecantikan alami untuk kesehatan kulit di bawah ini.

Tips Kecantikan untuk Kulit Sehat Anda

Tentu saja, tekstur yang lembut dan kenyal serta bercahaya adalah tanda-tanda kulit yang sehat dan merupakan hal terbaik yang pernah ada. Menjaga kesehatan kulit sangat mungkin dilakukan dengan beberapa tips kecantikan alami.

Tips kecantikan alami menuntut konsistensi, sehingga Anda harus terus melakukan aktivitas tersebut dalam jangka waktu tertentu untuk melihat hasilnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk kulit sehat:

1. Menghidrasi Tubuh

Menghidrasi tubuh sendiri merupakan hal utama dan mudah untuk dilakukan, serta dapat menyelesaikan begitu banyak masalah, namun kita memilih untuk tidak menjadikannya sebagai prioritas. Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, kinerjanya tidak akan optimal dan hal ini juga terlihat pada kulit Anda, kulit Anda akan menjadi kering, bersisik, dan kusam. Menghidrasi diri sendiri adalah salah satu tips termudah untuk kesehatan kulit.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat tidak hanya penting untuk usus Anda tetapi juga untuk kesejahteraan secara keseluruhan termasuk kesehatan kulit Anda. Tips untuk kulit yang sehat adalah tentang melakukan yang terbaik untuk tubuh dan kulit Anda. Pastikan untuk memasukkan cukup antioksidan dalam makanan Anda, ini membantu melawan bakteri, penyakit dan juga mencegah radikal bebas yang mempercepat penuaan. Antioksidan memperlambat proses penuaan, peradangan, dan pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Tip untuk kulit sehat di sini adalah memasukkan makanan berikut ke dalam menu makanan Anda: aneka buah berry, bayam, buah delima, biji-bijian, kacang-kacangan, teh hijau, dan lain-lain.

3. Memilih Makanan Organik

Tentu saja, makanan organik bebas dari racun dan bahan berbahaya lainnya. Jadi mengonsumsi makanan organik jelas merupakan salah satu tips untuk kesehatan kulit. Ini memberi tubuh Anda semua nutrisi yang dibutuhkan yang membuat kulit Anda memerah secara alami.

4. Hindari Sinar Matahari saat Siang Hari

Kecantikan alami membutuhkan sedikit dari segalanya, sementara banyak hal yang bisa dilakukan secara berlebihan. Contohnya – sedikit paparan Vitamin D dari sinar matahari memang sangat bermanfaat, namun jika terpapar secara berlebihan dapat mengakibatkan kulit menjadi coklat dan kusam. Usahakan sebisa mungkin menghindari sinar matahari pada jam-jam puncak siang hari. Dan jadikan tabir surya sebagai bagian wajib dari rutinitas perawatan kulit Anda. Periksa daftar bahan tabir surya Anda dan pastikan mengandung tabir surya seng dan titanium oksida.

5. Gunakan Produk Kosmetik atau Perawatan Kulit yang Alami

Salah satu tips penting untuk kesehatan kulit adalah dengan hanya menggunakan produk perawatan kulit alami, sebagian besar produk komersial yang tersedia di pasaran penuh dengan bahan kimia keras. Produk-produk ini merusak sel-sel kulit Anda sehingga terlihat kusam sekaligus menimbulkan jerawat dan noda. Selalu perhatikan bahan-bahannya dan pilihlah yang mengandung bahan organik dan bebas bahan kimia.

6. Perbanyak Asupan Vitamin C untuk Bebas Kerut

Tahukah Anda bahwa menjaga asupan vitamin C tetap tinggi akan membantu memperlambat proses penuaan? Ini juga membantu dalam regenerasi sel untuk membuat kulit Anda awet muda. Tip kecantikan untuk wajah ini diikuti oleh para ahli karena vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen, sehingga mengurangi garis-garis halus dan kerutan!

7. Kurangi Asupan Gula

Gula menimbulkan bahaya serius bagi tubuh Anda dan sebagai imbalannya, gula hanya memenuhi keinginan Anda akan gula. Itu bukan barter yang bagus, bukan? Gula memperlambat produksi kolagen dan mengurangi elastisitas kulit sehingga terlihat kusam dan menua. Cara terbaik adalah dengan tetap menggunakan pemanis alami seperti jaggery, yang menyehatkan dan tidak membahayakan tubuh Anda. Bagi mereka yang menyukai makanan manis, tip kulit sehat ini pasti akan menjadi hal yang sulit. Tapi Anda harus melakukan apa yang harus Anda lakukan!

8. Memilih Lemak Sehat untuk Kesehatan Kulit

Tidak semua jenis lemak itu buruk, beberapa diantaranya mempunyai manfaat luar biasa bagi tubuh Anda. Lemak baik sebenarnya membantu membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan bercahaya. Tips sehat kulit tentunya melibatkan asupan lemak baik seperti alpukat, minyak zaitun, biji rami, ikan, kacang-kacangan, dan lain-lain.

9. Mendetoksifikasi Tubuh

Tubuh Anda menumpuk racun dari berbagai faktor seperti polusi, junk food, minuman tidak sehat, merokok. Penting untuk mendetoksifikasi tubuh Anda, untuk membuat kulit Anda terlihat segar dan cantik. Minumlah banyak teh hijau, air panas dengan jus lemon di pagi hari, minuman arang aktif, dan lain-lain untuk menghilangkan semua kotoran dari tubuh Anda.

10. Rutin Berolahraga

Berolahraga jelas merupakan salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan kotoran dan racun. Pernah mendengar tentang cahaya pasca-latihan? Itu bukan mitos. Saat Anda berolahraga, sirkulasi darah Anda diatur dan karenanya menambah kilau sehat pada wajah Anda. Ini bukan hanya tip untuk kesehatan kulit tetapi juga membantu pengaturan tubuh secara keseluruhan saat Anda bugar dan aktif.

11. Hindari Stres Berlebih

Tubuh yang mengalami stres akan mempengaruhi pada kesehatan kulit. Jika kita tidak mampu mengelola stress dengan baik, maka kulit pun dapat berubah menjadi lebih kusam dan gampang mucul kerutan-kerutan di wajah.

12. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Terakhir, tidur!! Tip kecantikan alami ini pasti akan datang kepada Anda secara alami dan bukankah Anda suka melakukannya? Tidur yang cukup membantu Anda meremajakan dan saat Anda tidur, kulit Anda berada dalam mode perbaikan. Jadi dapatkan krim malam atau asam hialuronat dan tidur nyenyak selama 8 jam setiap malam!

Belajarlah untuk mencintai kulit Anda saat ini. Anda dapat menggunakan tips kecantikan alami untuk kesehatan kulit di atas. Faktanya, perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup sehat dapat membantu menunda penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Kecantikan Alami untuk Kesehatan Kulit

Healthline. Akses pada 2023. Refine Your Routine with 40+ Expert Skin Care Tips
Be Beautiful. Akses pada 2023. Best 11 Natural Beauty Tips For Healthy Skin
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Skin care: 5 tips for healthy skin

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn