Tips Menjaga Berat Badan saat Natal dan Tahun Baru

Tips Menjaga Berat Badan saat Natal dan Tahun Baru

ReliDoc – Jakarta. Libur Natal dan Tahun Baru bagi sebagian orang merupakan suatu hal yang perlu dimeriahkan, tapi dalam kemeriahan itu ada tantangan, tantangan agar tidak naik berat badannya. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, nih kita kasih tips untuk menjaga berat badan saat Natal dan Tahun Baru, yuk simak di bawah ini.

Berat Badan saat Natal dan Tahun Baru Bisa Bertambah?

Mempertahankan berat badan selama musim liburan Natal dan Tahun Baru bisa jadi menantang, karena sering kali ada suguhan menggoda dan pesta meriah yang ditawarkan. Namun, dengan sedikit perencanaan dan pengendalian diri, kamu bisa menikmati liburan tanpa menambah berat badan.

Tips Menjaga Berat Badan saat Natal dan Tahun Baru

Berikut beberapa tips menjaga berat badan saat Natal dan Tahun Baru:

● Rencanakan Makanan Kamu

Akan sangat membantu untuk merencanakan makanan kamu terlebih dahulu, sehingga kamu tahu apa yang akan kamu makan dan kapan. Ini dapat membantu kamu menghindari membuat pilihan makanan impulsif dan tetap berpegang pada rencana makan sehat kamu yang biasa.

● Jangan Melewatkan Makan

Mungkin tergoda untuk melewatkan makan untuk tidak menambah kalori pada saat pesta liburan besar, tetapi ini sebenarnya bisa menjadi bumerang balik ke kita loh. Melewatkan makan dapat menyebabkan gula darah kamu turun, yang menyebabkan kamu mengidam dan makan berlebihan di kemudian hari. Sebagai gantinya, cobalah makan makanan teratur dan seimbang sepanjang hari.

● Hindari Ngemil Sembarangan

Musim liburan bisa penuh dengan kesempatan untuk ngemil sembarangan, seperti di pesta kantor atau saat menonton TV. Untuk menghindari makan berlebihan, cobalah untuk menghindari ngemil di depan TV atau saat kamu tidak terlalu lapar.

● Pilih Suguhan Kamu dengan Bijak

Tidak apa-apa untuk menikmati beberapa suguhan selama liburan, tetapi cobalah untuk memilih dengan bijak. Misalnya, kamu dapat memilih sepotong kecil cokelat hitam daripada kue atau sepotong buah daripada permen.

● Tetap Terhidrasi

Minum air yang cukup penting untuk menjaga kesehatan dan berat badan yang sehat. Usahakan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air per hari.

Minum air putih dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 24-30 persen. Hal ini tentu mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Agar proses ini berjalan lancar dan manfaat penurunan berat badan tercapai, biasakan minum air putih sebelum makan.

● Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat dan kesehatan secara keseluruhan. Tidur sama pentingnya dengan makan sehat dan olahraga. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur merupakan faktor yang meningkatkan risiko obesitas. Cobalah untuk tidur 7-9 jam per malam.

● Tetap Aktif

Olahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menjaga berat badan tetap terkendali. Usahakan bugar dalam beberapa aktivitas fisik, seperti jalan kaki atau olahraga, secara teratur selama musim liburan.

Secara keseluruhan, kunci untuk menjaga berat badan kamu di Natal dan Tahun Baru adalah memperhatikan pilihan makanan kamu dan tetap aktif. Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa menikmati musim liburan tanpa khawatir berat badan bertambah.

Tapi kalau semisal kamu sakit, jangan sungkan dan langsung hubungi dokter kamu ya. Agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah kesehatan kamu terutama pada akhir tahun.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Menjaga Berat Badan saat Natal dan Tahun Baru

Healthline. Diakses pada 2022. 26 Weight Loss Tips That Are Actually Evidence-Based.
Healthline. Diakses pada 2022. Want to Lose Weight Fast? These Science-Backed Tips Can Help You Lose Weight Sustainably
NHS. Diakses pada 2022. 12 tips to help you lose weight.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn