Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Penglihatan yang Baik

Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Penglihatan yang Baik

ReliDoc – Jakarta. Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day jatuh pada tanggal 12 Oktober, tahun ini dengan tema ‘Love Your Eyes at Work’ memusatkan perhatian dunia pada pentingnya perawatan mata di tempat kerja. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mata, kita membahas tips menjaga kesehatan mata untuk penglihatan yang baik!

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata untuk Penglihatan yang Baik

Pastinya, mata adalah bagian penting dari kesehatan Anda. Anda dapat melakukan banyak hal untuk menjaganya tetap sehat dan memastikan Anda dalam kondisi terbaik. Jangan anggap remeh! Berikut ini panduan sederhana menjaga kesehatan mata Anda:

1. Pola Makan yang Seimbang

Kesehatan mata yang baik dimulai dari makanan di piring Anda. Faktanya, nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak. Berikut ini makanan yang baik untuk kesehatan mata:

  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi.
  • Salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya.
  • Telur, kacang-kacangan, buncis, dan sumber protein non-daging lainnya.
  • Jeruk dan buah atau jus jeruk lainnya.
  • Tiram dan daging.

Pola makan yang seimbang juga membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Hal ini menurunkan kemungkinan Anda terkena obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Berhenti Merokok

Tentu saja, merokok sama buruknya bagi mata Anda dan juga seluruh tubuh Anda. Bahkan, penelitian telah mengaitkan merokok dengan peningkatan risiko degenerasi makula terkait usia, katarak, dan kerusakan saraf optik, yang semuanya dapat menyebabkan kebutaan.

3. Lindungi Mata dari Sinar UV dengan Kaca Mata Hitam

Kacamata hitam akan membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Karena, terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan peluang Anda terkena katarak dan degenerasi makula. Jika Anda memakai lensa kontak, beberapa menawarkan perlindungan UV. Sebaiknya kenakan kacamata hitam sebagai lapisan tambahan.

4. Gunakan Kacamata Pelindung untuk Keamanan

Jika Anda menggunakan bahan berbahaya atau yang terbawa udara saat bekerja atau di rumah, kenakan kacamata pelindung. Olahraga seperti hoki es, bola raket, dan lacrosse juga dapat menyebabkan cedera mata. Kenakan pelindung mata. Helm dengan masker pelindung atau kacamata olahraga dengan lensa polikarbonat akan melindungi mata Anda.

5. Istirahatkan Mata dari Layar Gadget

Menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama dapat menyebabkan:

  • Ketegangan mata
  • Penglihatan kabur
  • Kesulitan fokus pada jarak jauh
  • Mata kering
  • Sakit kepala
  • Sakit leher, punggung, dan bahu

Untuk melindungi mata Anda:

  • Pastikan resep kacamata atau lensa kontak Anda mutakhir dan bagus untuk dilihat di layar komputer.
  • Atur layar sehingga mata Anda sejajar dengan bagian atas monitor. Itu memungkinkan Anda melihat layar sedikit ke bawah.
  • Cobalah untuk menghindari silau dari jendela dan lampu. Gunakan layar anti-silau jika diperlukan.
  • Pilih kursi yang nyaman dan suportif. Posisikan agar kaki Anda rata dengan lantai.
  • Jika mata Anda kering, berkediplah lebih banyak atau coba gunakan air mata buatan.
  • Cobalah aturan 20-20-20: Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit. Lihatlah sejauh 20 kaki selama 20 detik. Bangunlah setidaknya setiap 2 jam dan istirahatlah selama 15 menit.

6. Kunjungi Dokter Mata secara Teratur

Tentu saja, setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak kecil sekalipun. Ini membantu melindungi penglihatan Anda dan memungkinkan Anda melihat yang terbaik. Pemeriksaan mata juga dapat menemukan penyakit, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Penting untuk mengenalinya sejak dini, karena penyakit ini lebih mudah diobati.

Pemeriksaan mata komprehensif mungkin mencakup:

  • Tentang riwayat kesehatan pribadi dan keluarga Anda.
  • Tes penglihatan untuk mengetahui apakah Anda rabun jauh, rabun jauh, menderita astigmatisme (kornea melengkung yang mengaburkan penglihatan), atau presbiopia (perubahan penglihatan terkait usia).
  • Tes untuk melihat seberapa baik mata Anda bekerja.
  • Tes tekanan mata dan saraf optik untuk memeriksa glaukoma.
  • Pemeriksaan luar dan mikroskopis mata Anda.

Kesehatan mata juga berhubungan dengan usia, semakin tua usia Anda, semakin Anda harus mewaspadai gangguan mata yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Faktor penting lainnya yang perlu diingat berapapun usianya adalah bagi orang yang menggunakan lensa kontak. Pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih setiap kali Anda memakai lensa kontak dan jaga kebersihan setiap kali Anda menangani mata Anda.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Penglihatan yang Baik

WebMD. Akses pada 2023. 6 Tips for Eye Health and Maintaining Good Eyesight
NIH. Akses pada 2023. Healthy Vision Tips
CDC. Akses pada 2023. Tips to prevent vision loss
Pharm Easy. Akses pada 2023. 9 Simple Tips To Keep Your Eyes Healthy!

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn