Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

ReliDoc – Jakarta. Sadarkah kamu jika pekerjaan menjadi seorang ibu rumah tangga dapat menguras energi dan emosional yang berlebih. Patut untuk kita ketahui hal-hal yang dapat menjadi pemicu munculnya gangguan mental pada ibu rumah tangga. Yuk, baca selengkapnya tips menjaga kesehatan mental ibu rumah tangga di sini!

Kenapa Harus Ibu Rumah Tangga?

Memang, sering kali pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dianggap hal sederhana. Padahal, menjadi seorang ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang sangat kompleks. Dari mengurus suami, anak, keluarga kemudian mengurus rumah, baik dari hal kecil seperti menyiapkan makanan dan keperluan harian rumah. Meskipun pekerjaannya dikerjakan di rumah, seorang ibu rumah tangga lebih rentan terkena stres dan tekanan batin. Namun,  seorang ibu rumah tangga harus menjaga kesehatan mentalnya, agar tetap bisa mengurus keluarganya dengan baik.

Faktor yang Memicu

Umumnya, gangguan mental pada Ibu rumah tangga muncul dalam berbagai bentuk, bisa berupa stres, gangguan cemas hingga menyebabkan depresi atau tekanan batin. Berikut berbagai faktor yang memicu masalah kesehatan mental ibu rumah tangga, seperti:

  1. Masalah Rumah Tangga, seperti perdebatan dalam rumah tangga.
  2. Kurangnya perhatian atau kepedulian dari pasangan.
  3. Tekanan atau tuntutan dari keluarga.
  4. Tidak ada yang membantu dalam mengurus rumah dan anak.
  5. Tidak ada teman untuk ngobrol.
  6. Terlalu capek dan kurang istirahat.

Cara Mencegah Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Berikut beberapa tips untuk ibu rumah tangga, agar dapat menjaga kesehatan mental:

1. Me Time

Luangkan waktu untuk me time, bersantai sejenak dengan diri sendiri. Hal ini dapat membantu dalam menenangkan diri dan merefleksikan diri.

2. Mencari Komunitas yang Baru dan Positif

Tujuannya adalah untuk mendapat lingkungan yang baru dan teman baru.

3. Menyempatkan Diri untuk Melakukan Hobi/Hal yang Disukai

Hal ini dapat membantu dalam memberikan energi positif dalam menjalani hari-hari, hal ini juga dapat membantu untuk menemukan dan menambah potensi diri.

4. Jangan Membandingkan Diri/Keluarga dengan Orang Lain

Jangan sekali-kali mencoba untuk membandingkan keluarga sendiri (suami, anak, bahkan diri sendiri) dengan orang lain, hal itu hanya dapat menambah beban pikiran. Karena keadaan rumah tangga setiap orang pasti berbeda-beda.

5. Belajar untuk Berpikir Tenang

Faktanya, hal ini dapat membantu dalam mengontrol emosi dalam suatu situasi.

6. Menjadikan Suami Teman Ngobrol

Selain itu, mengobrol, berdiskusi dan bahkan mengambil sebuah keputusan dalam rumah tangga, ada baiknya bersama dengan suami. Karena suami adalah partner dalam menjalani hari-hari.

7. Merawat Diri

Kerap kali ibu rumah tangga lupa untuk merawat dirinya sendiri. Karena, penting untuk bisa merawat diri walaupun sudah menjadi seorang istri ataupun ibu.

8. Bertemu Teman

Pendek kata, kehadiran seorang teman akan mengurangi rasa kesendirian dalam menjalani hari. Sehingga, ada baiknya jika meluangkan waktu untuk bertemu teman, baik di rumah maupun di luar.

9. Berolahraga

Tentu saja, olahraga adalah salah satu cara untuk menaikkan mood, menjaga suasana hati dan menambah hormon pemicu bahagia.

10. Kunjungi Ahli

Jika merasa memiliki tekanan batin, stres atau kecemasan berlebihan, segera konsultasikan kepada ahlinya, agar dapat ditangani dengan tepat.

Nah Reli Friends, itu dia penjelasan mengapa seorang ibu rumah tangga rentan terkena gangguan mental. Beberapa tips di atas dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk menjaga kesehatan mental agar tidak terkena gangguan mental.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Wagner.Carolyn. Akses pada 2023. 10 essential ways new moms can support their mental health.
The Fashionable House Wife. Akses pada 2023. 3 Tips For Taking Care of Your Mental Health as a Housewife.
CNNIndonesia. Akses Pada 2023. 7 cara menjaga kesehatan mental ibu.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn