Tips Menjaga Sistem Pernapasan untuk Kamu!

tips-menjaga-sistem-pernapasan-relidoc

ReliDoc – Jakarta. Sistem pernapasan merupakan sistem penting dalam tubuh kita, apabila tidak dijaga, aktivitas sehari-hari kita akan terganggu. Organ pernapasan bukan hanya paru-paru saja, loh Reli Friends. Mulut, hidung, trakea dan ada banyak lagi yang termasuk ke dalam sistem pernapasan kita loh, dan mereka juga sama pentingnya untuk dijaga. Nah ini ada tips menjaga sistem pernapasan untuk kamu!

Tips Menjaga Sistem Pernapasan

Berikut merupakan beberapa cara dan langkah yang dapat kamu lakukan dalam membantu menjaga sistem pernapasan kamu:

1. Rutin Olahraga

Mau muda atau tua, ramping atau besar, berbadan sehat atau hidup dengan penyakit kronis atau cacat, aktif secara fisik dengan olahraga dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Sama seperti olahraga teratur membuat otot Anda lebih kuat, olahraga juga membuat paru-paru dan jantung Anda lebih kuat. Ketika kebugaran fisik Anda meningkat, sehingga tubuh Anda menjadi lebih efisien dalam mendapatkan oksigen ke dalam aliran darah dan mengangkutnya ke otot-otot yang bekerja. Itulah salah satu alasan mengapa Anda cenderung tidak mudah mengalami sesak napas setelah rutin berolahraga dari waktu ke waktu karena kemampuan metabolisme energi tubuh meningkat.

2. Konsumsi Minuman dan Makanan Bervitamin

Mengkonsumsi makanan bergizi mempengaruhi pada kesehatan organ pernapasan. Apabila kita kekurangan vitamin, kita akan lebih rentan terkena penyakit yang juga menyerang sistem pernapasan kita.

3. Hindari Paparan Polusi

Polusi udara di luar tentunya tidak selalu bagus. Paparan polutan di udara dapat merusak paru-paru. Tentunya ketika masih muda dan kuat, paru-paru Anda dapat dengan mudah melawan racun ini. Akan tetapi, dengan bertambahnya usia, paru-paru akan kehilangan sebagian dari resistensi itu dan menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

4. Jangan Merokok atau Berhenti Merokok

Setiap kali Anda merokok, Anda menghirup berbagai bahan kimia ke dalam paru-paru Anda, termasuk nikotin, karbon monoksida, hingga tar. Bahan kimia ini meningkatkan lendir, mempersulit paru-paru Anda untuk membersihkan diri, dan mengiritasi dan membuat radang dalam tubuh. Ini dikarenakan, saluran udara Anda menyempit, membuatnya lebih sulit untuk bernapas.

Apabila Anda merupakan perokok aktif, maka disarankan untuk berhenti merokok, karena akan menghasilkan manfaat kesehatan langsung dan jangka panjang.

5. Melindungi Diri dari Infeksi

Pilek atau infeksi pernapasan lainnya dapat membuat masalah yang lebih serius. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri merupakan:

  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air. Pembersih tangan (hand sanitizer) berbasis alkohol adalah pengganti yang baik jika Anda tidak ada tempat cuci tangan.
  • Menghindari keramaian selama flu.
  • Kebersihan mulut yang baik dapat melindungimu dari kuman di mulut yang menyebabkan infeksi. Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dan temui dokter gigi Anda setidaknya setiap enam bulan sekali.
  • Dapatkan vaksinasi setiap tahun untuk influenza. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah vaksin pneumonia tepat untuk Anda.
  • Gunakanlah masker. Jaga jarak Anda, lindungi orang-orang di sekitar Anda, termasuk orang yang Anda cintai. Tetap di rumah sampai Anda merasa lebih baik.
  • Terapkan gaya hidup yang sehat. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah olahraga dengan rutin, menjaga asupan gizi, hingga menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda.
  • Manajemen stress untuk imun yang baik. Stress yang berlebihan dapat menurunkan kesehatan fisik Anda, sehingga kelola lah stress Anda dengan baik.

Jangan lupa untuk menjaga sistem pernapasan Anda ya, apabila ada masalah dengan saluran pernapasan Anda, langsung melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Menjaga Sistem Pernapasan

Lung.org. Diakses pada 2022. Tips to Keep Your Lungs Healthy
Lung.org. Diakses pada 2022. Exercise and Lung Health
Healthline. Diakses pada 2022. 5 Ways to Keep Your Lungs Healthy and Whole
Lung Foundation Australia. Diakses pada 2022. Quitting Smoking

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn