Tips Nonton Konser dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa Raga

Tips Nonton Konser dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa Raga

ReliDoc – Jakarta. Grup band yang ditunggu-tunggu penggemarnya, Coldplay akan segera menggelar konsernya di Gelora Bung Karno malam ini, 15 November 2023. Apa saja nih persiapan untuk hadir di konser musik tersebut agar nonton dengan aman dan nyaman. Yuk simak tips nonton konser dan manfaatnya untuk kesehatan jiwa raga pada artikel ini!

Tips Nonton Konser

Nonton konser merupakan kegiatan yang diminati banyak orang. Menikmati pertunjukan musik secara live tentunya berbeda dengan mendengarkannya melalui platform lain. Selain itu, Anda bisa bertemu dengan idola Anda saat menghadiri konser.

Mungkin, bagi Anda yang baru pertama kali datang, Anda merasa cemas untuk menghadiri konser. Tapi, jangan khawatir. Berikut ini adalah tips untuk nonton konser:

1. Menjaga Tubuh agar Tetap Fit

Memiliki kondisi fisik yang prima tentunya akan menambah pengalaman Anda saat menghadiri konser. Pastinya kamu nggak mau ketinggalan karena tiba-tiba sakit di hari H. Menjelang hari besar, pastikan tubuh Anda tetap fit.

2. Memakai Pakaian yang Nyaman

Kenakan pakaian sesuai dengan tempatnya. Jika pertunjukannya di dalam ruangan, kenakan pakaian yang hangat karena biasanya di dalam terasa dingin karena adanya AC. Sebaliknya, kenakan pakaian yang menyerap keringat agar terhindar dari panas saat menghadiri konser outdoor. Misalnya saja memakai kaos dan celana jeans.

3. Datang Lebih Awal

Ingatlah bahwa akan ada banyak orang yang menghadiri konser tersebut. Itu sebabnya antriannya biasanya panjang. Belum lagi pada kategori tertentu tidak ada nomor kursi atau jabatan tertentu yang diberikan kepada mereka. Jadi, semakin cepat Anda datang, semakin baik pula pemandangan yang Anda dapatkan.

4. Jangan Lupa Membawa Tiketnya

Tiket adalah hal yang paling penting untuk dibawa. Jangan terlalu bersemangat hingga terburu-buru dan lupa membawa tiket. Periksa juga ketentuan penukaran tiket online. Metode penukaran mungkin berbeda dari satu promotor ke promotor lainnya. Ada yang memperbolehkan penukaran pada D-Day, dan ada pula yang memerlukan satu hari sebelum acara.

5. Isi Penuh Daya Ponsel

Tip lain untuk Anda adalah memastikan ponsel Anda terisi penuh. Menghadiri sebuah konser biasanya memakan waktu seharian penuh, mulai dari mengantri hingga menonton pertunjukan. Saat mengantri untuk memasuki venue, mungkin tidak ada colokan listrik di sekitar venue. Jadi, pastikan untuk mengisi daya ponsel Anda hingga penuh.

6. Jangan Lupa Makan

Meski menyenangkan, menghadiri konser juga melelahkan. Pastikan untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat ke konser. Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk menonton pertunjukan langsung.

7. Bawalah Air Minum

Beberapa promotor tidak memperbolehkan tamu membawa makanan dan minuman ke dalam tempat musik. Tapi promotor lain mengizinkannya. Periksa ketentuan yang diberlakukan oleh promotor. Jika diperbolehkan, sebaiknya membawa air dari rumah.

8. Hanya Membawa yang Perlu saja

Saat menyaksikan pertunjukan langsung, penonton berdesakan rapat. Membawa terlalu banyak barang hanya akan membatasi pergerakan Anda, membuat pengalaman Anda kurang menyenangkan. Jadi, bawalah barang-barang yang diperlukan saja dan bawalah tas kecil agar mudah bergerak.

9. Hafalkan Liriknya

Tips terakhir untuk pertama kali menghadiri konser adalah menghafalkan lagu-lagunya. Tujuannya agar kamu bisa sing along atau bernyanyi bersama idolamu sepanjang konser.

Manfaat Nonton Konser untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat nonton konser secara live bagi kesehatan:

1. Nonton Konser Bermanfaat bagi Kesehatan Fisik

Peneliti psikologi dan sosiologi semakin tertarik pada dampak seni terhadap kesehatan dan, lebih khusus lagi, dampak nonton konser terhadap kesehatan fisik. Penelitian menunjukkan bahwa konser live mengurangi pelepasan kortisol, hormon stres yang mengontrol respons tubuh kita terhadap stres (lonjakan kortisol yang terus-menerus berhubungan dengan penyakit jantung dan diabetes). Para peneliti juga memperhatikan bahwa peserta mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung setelah menonton musik live. Pengalaman musik live bahkan dapat bertindak sebagai metode manajemen nyeri alami; Konser dapat meredakan nyeri fisik dengan memicu pelepasan endorfin, yang mengurangi persepsi nyeri seseorang, atau bahkan menghalangi sinyal nyeri sebelum mencapai otak.

2. Nonton Konser Meningkatkan Kesehatan Mental

Ada manfaat signifikan nonton konser terhadap kesehatan mental. Sebuah studi menunjukkan bahwa “terlibat dengan musik”, yang dalam hal ini para peneliti definisikan sebagai menari atau menghadiri konser, menghasilkan perasaan sejahtera secara keseluruhan, dan peserta melaporkan adanya peningkatan suasana hati dan rasa terhubung dengan orang lain. Konser adalah kesempatan unik untuk merasakan musik dan interaksi sosial. Ada hubungan neurokimia antara musik dan kesehatan mental yang memiliki dampak sangat positif.

Faktanya, musik live telah terbukti memicu pelepasan oksitosin, meningkatkan rasa vitalitas, persahabatan, dan kepercayaan, serta dopamin. Musik secara umum bahkan telah diresepkan untuk mengobati depresi dan meningkatkan mood serta kontrol motorik halus pada pasien penyakit Parkinson.

3. Nonton Konser Meningkatkan Fungsi Otak

Musik meningkatkan kreativitas, memori, kewaspadaan, dan kejernihan, dan musik live telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif pada pasien demensia. Saat melihat aktivitas otak subjek dalam pemindaian MRI, para peneliti menemukan bahwa musik mengaktifkan lebih banyak area otak daripada bahasa; Faktanya, pada tahap awal perkembangan, bayi mulai memproses musik sebelum mereka dapat memproses ucapan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik melepaskan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang mendorong neurogenesis: pertumbuhan neuron baru. Intinya, mendengarkan musik, baik rekaman maupun live, membuat otak Anda tetap awet muda.

Orang yang rutin menikmati musik live meningkatkan kreativitas dan kemampuan kognitif mereka; mengurangi kadar hormon stres sekaligus meningkatkan produksi endorfin, dopamin, dan oksitosin; mengalami hubungan sosial yang konsisten atau kegembiraan kolektif  dan bahkan hidup lebih lama.

Penutup

Itulah tadi tips nonton konser dan manfaat nya untuk kesehatan. Tak hanya tiket konser, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum, selama, dan sesudah nonton konser untuk menjaga kesehatan Anda. Selamat menonton konser dengan aman dan nyaman, serta tetap jaga kesehatan!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Nonton Konser dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa Raga

Nugs dot net. Akses pada 2023. Benefits of Live Music to Physical and Mental Health
Friday Health Plan. Akses pada 2023. The Surprising Health Benefits of Going to Concerts
Idioteq. Akses pada 2023. Tips for Watching Music Concert for the First Time

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn