Tips Persiapan Anak Masuk Sekolah

Tips Persiapan Anak Masuk Sekolah

ReliDoc – Jakarta. Libur sekolah segera berakhir, itu tandanya masuk sekolah pun sudah dekat. Gimana nih persiapannya? Yuk, ketahui tips persiapan anak masuk sekolah di bawah ini!

Masuk Sekolah Kembali setelah Liburan

Tidak terasa sekarang sudah masuk minggu ke-2 bulan Juli, yang mana liburan panjang sekolah akan berakhir. Libur panjang kemarin tentunya kalian menghabiskan waktu yang banyak untuk liburan bersama keluarga atau hanya sekedar menghabiskan waktu santai di rumah. Masuk sekolah pada tahun ajaran baru tentunya memerlukan persiapan yang banyak apalagi untuk anak yang baru masuk ke jenjang pendidikan yang baru. Senang tentunya, tapi bagaimana persiapan anak untuk masuk sekolah? Apakah sudah mempersiapkan semuanya dengan baik?

Nah, untuk kalian yang anaknya akan masuk ke jenjang pendidikan yang baru, tentunya anak akan melewati masa MPLS. Apa sih itu MPLS? atau ada yang sudah pernah atau sedang menjalaninya?  Berikut penjelasannya.

Apa itu MPLS?

Istilah MPLS ini kepanjangan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS adalah kegiatan dari pihak sekolah untuk memperkenalkan sekolah dan seluruh lingkungan atau bagian yang ada dalam sekolah, baik sarana dan prasarana yang tersedia. Untuk kegiatan ini yang diwajibkan untuk ikut adalah siswa/siswi yang baru masuk atau yang baru masuk di tahap kelas 1 baik dari tingkat SD, SMP maupun SMA. Kegiatan ini akan berlangsung selama jam sekolah dan biasanya berlangsung selama 3 hari berturut – turut dalam minggu pertama masuk sekolah. Dalam kegiatan ini materi umum yang akan diberikan seperti :

  • Pengenalan program sekolah.
  • Pengenalan sarana dan prasarana sekolah.
  • Pengenalan cara belajar (kurikulum yang digunakan).
  • Konsep pengenalan diri.
  • Pembinaan awal kultur atau budaya sekolah.

Untuk tujuannya sendiri adalah agar para pengajar atau guru mengenali potensi dan latar belakang yang anak didik miliki, mengetahui atau mendapatkan metode yang tepat dan efektif untuk mengajar. Untuk siswa/siswi, tujuan kegiatan MPLS agar antar para peserta didik dapat saling mengenal, memiliki motivasi dan semangat yang baik untuk mengikuti kelas belajar mengajar, memunculkan perilaku yang positif, jujur, mandiri, menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada, baik antara murid maupun guru dan membantu peserta didik dapat beradaptasi, mengenal lingkungan dan sistem yang ada di sekolah yang baru.

Tips bagi Orang Tua untuk Persiapan Anak Masuk Sekolah

Tentunya kita sebagai orang tua harus turut serta membangkitkan semangat anak untuk kembali ke sekolah. Orang tua bisa menciptakan suasana yang menyenangkan tentang kembali ke sekolah kepada anak agar mereka siap ke sekolah. Berikut ini adalah tips bagi orang tua untuk persiapan anak masuk sekolah:

1. Menjaga Kualitas Tidur Anak yang Baik

Jika saat libur, orang tua memperbolehkan anak untuk tidur larut malam dan bangun siang hari, maka atur jadwal tidur anak agar tidak lebih dari pukul 9 malam. Tentu saja, dengan mengatur ulang jadwal tidur, anak dapat bangun pagi dalam kondisi segar.

2. Menormalisasi Perasaan Cemas Anak

Sebaiknya, orang tua dapat menanyakan bagaimana perasaan anak menjelang hari-hari kembali ke sekolah, misalnya apa hal yang menarik yang akan anak lakukan ketika bersekolah nanti. Orang tua juga perlu menormalisasi perasaan cemas atau khawatir anak soal kembali ke sekolah supaya anak memahami bahwa perasaan seperti itu adalah wajar dan dapat teratasi.

3. Menumbuhkan Perasaan Sense of Belonging pada Anak

Selanjutnya, orang tua dapat menumbuhkan kembali perasaan sense of belonging atau keadaan saat seseorang merasa memiliki sesuatu, bahwa anak adalah bagian dari sekolah sehingga mereka perlu kembali ke sekolah untuk mempelajari hal baru, baik secara akademik maupun sosial.

4. Menyiapkan Perlengkapan untuk Sekolah

Terakhir, orang tua juga dapat ikut serta membantu anak mempersiapkan diri untuk kembali ke sekolah yaitu dengan memastikan segala kebutuhan anak telah disiapkan, mulai dari seragam hingga peralatan sekolah. Dengan begitu, anak merasa bahwa kebutuhannya untuk kembali bersekolah telah terpenuhi.

Tips Persiapan Masuk Sekolah

Berikut ini adalah tips persiapan untuk masuk sekolah:

1. Mencatat Keperluan Sekolah

Hal ini bertujuan agar kita tahu hal apa saja yang perlu disediakan untuk persiapan anak masuk sekolah dan juga supaya tidak ada barang atau keperluan anak yang terlewatkan (tidak terbeli).

2. Membeli Keperluan Sekolah

Tentunya hal ini adalah hal yang paling seru baik orang tua maupun anak lakukan. Namun juga melelahkan, karena harus bolak-bolik masuk toko yang berbeda untuk mencari perlengkapan yang anak butuhkan, seperti seragam sekolah dan segala perintilannya, buku pelajaran, buku tulis, alat tulis, dan lain sebagainya yang sudah masuk dalam catatan keperluan sekolah.

3. Pastikan Kesehatan Fisik dan Mental

Setelah berlibur panjang dan menghabiskan waktu liburan dengan bermain tentunya hal itu menguras banyak energi. Bisa saja tubuh akan kaget untuk melakukan rutinitas yang baru contoh kecilnya seperti bangun pagi, yang dimana mungkin selama libur anak terbiasa tidur larut dan bangun siang, sekarang anak harus tidur lebih cepat dan bangun pagi. Untuk masuk dalam lingkungan yang baru atau tahun pelajaran yang baru tentunya anak harus memiliki kondisi kesehatan yang baik. Begitu juga dalam hal kesehatan mental, yang dimana anak harus siap menghadapi hal baru dan bertemu dengan orang-orang baru.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental Anak sejak Dini

4. Mencari Tempat Bimbel atau Les

Walaupun hal ini tidak wajib. Bimbel atau bimbingan belajar adalah salah kegiatan tambahan di luar sekolah yang dilakukan guna memberikan bantuan kepada anak agar mendapatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal di sekolah. Memasukkan anak dalam kelas bimbel atau bimbingan belajar, tentunya harus melihat minat dan bakat yang dimiliki anak agar bimbel atau les yang diikuti tidak sia-sia dan anak pun semangat dan giat dalam mengikutinya.

5. Mengenali Gaya Belajar Anak

Hal ini adalah hal yang penting namun masih banyak yang mengabaikannya. Tujuan dari mengenali gaya belajar adalah agar anak bisa menikmati belajar atau mengulangi pelajaran dengan cara yang anak sukai dan hal itu membuat anak dapat mengerti dan mengingat pelajaran tersebut.

Itu dia penjelasan singkat mengenai MPLS dan tips yang dapat dipersiapkan untuk masuk sekolah. Pastinya kesehatan anak juga perlu dijaga agar dapat mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik. Semoga berguna ya untuk kalian semua.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Persiapan Anak Masuk Sekolah

Care.com. Akses pada 2023. 15 Tips How To Get Ready for School.
Scholastic. Akses pada 2023. 8 Tips to Prepare for the First Day of School.
Stories.Trevo. Akses pada 2023. Tips Persiapan Masuk Sekolah Tahun Ajaran Baru

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn