Tradisi Natal di Berbagai Negara yang Perlu Kamu Ketahui

Tradisi Natal di Berbagai Negara yang Perlu Kamu Ketahui

ReliDoc – Jakarta. Waktu Natal merupakan salah satu waktu terindah dalam setahun. Selama beberapa minggu dalam setahun, lampu-lampu dekorasi Natal yang terpasang sejak awal Desember. Negara-negara memiliki tradisi yang berbeda-beda loh, yuk simak tradisi natal di berbagai negara di bawah ini!

Tradisi Natal di Berbagai Negara

Setiap hari raya keagamaan pasti memiliki ritual atau kebiasaan tersendiri yang membuat musim liburan menjadi begitu spesial. Kamu juga harus mengetahui beberapa tradisi Natal paling populer di seluruh dunia, yang meriah dan menyenangkan nih.

Beberapa Tradisi Natal di Berbagai Negara

● Jepang

Di Jepang, Natal adalah hari libur yang relatif baru yang semakin populer, terutama di kalangan anak muda. Salah satu keunikan Natal di Jepang adalah tradisi makan Fried Chicken di malam Natal.

Tradisi lainnya adalah kue Natal, kue bolu putih dengan hiasan buah stroberi dan krim kocok. Hadiah Natal tidak umum di Jepang seperti di negara lain, tetapi menjadi lebih populer, terutama di kalangan anak muda.

● Finlandia

Malam Natal adalah waktu untuk makan khusus, dan banyak orang juga mengunjungi sauna dan mengikuti kegiatan perayaan lainnya. Ini adalah waktu bagi keluarga dan teman untuk berkumpul dan menikmati hidangan Natal tradisional Finlandia, yang biasanya meliputi daging babi panggang, kentang rebus, dan berbagai casserole. Setelah makan malam, orang Finlandia sering pergi ke sauna untuk bersantai dan melepas lelah.

Pada Hari Natal, banyak keluarga mengunjungi kuburan untuk memberi penghormatan kepada orang-orang terkasih yang telah meninggal.

● Jerman

Malam Natal adalah waktu perayaan utama, dan banyak orang menghadiri kebaktian gereja khusus yaitu “Christmette“. Setelah kebaktian, keluarga berkumpul untuk pesta yang sering kali mencakup hidangan seperti angsa atau bebek panggang, pangsit kentang, dan kol merah.

Salah satu tradisi unik di Jerman adalah “Christkind“, atau “Anak Kristus”, yang membawakan hadiah untuk anak-anak pada Malam Natal. Penggambaran sebagai bidadari wanita berambut pirang, Christkind membuka musim Natal di pasar Natal Nuremberg setiap tahun.

● Republik Ceko

Di Republik Ceko, Malam Natal adalah waktu untuk makan malam spesial bersama keluarga dan teman. Makan malam ini seringkali mencakup hidangan tradisional, seperti ikan mas, salad kentang, dan sauerkraut. Setelah makan malam, biasanya menghadiri gereja untuk misa tengah malam.

● Swedia

Biasanya perayaan Natal dengan puding nasi meriah yang disebut “Risgryngrot“. Risgryngrot adalah hidangan Natal tradisional Swedia pada Malam Natal. Ini adalah makanan penutup yang terbuat dari puding beras dan almond, dan sering disajikan dengan almond kecil yang tersembunyi di dalamnya.

Menurut tradisi, siapa pun yang menemukan almond di bagian risgryngrot mereka akan mendapat keberuntungan di tahun yang akan datang.

● Norwegia

Banyak orang merayakan Malam Natal dengan pergi ke gereja dan kemudian pulang bermain ski dalam kegelapan, membawa obor untuk menerangi jalan mereka.

Ini juga tradisi bagi anak-anak untuk meninggalkan sepatu mereka di luar pintu kamar tidur mereka pada Malam Natal, dan di pagi hari, mereka akan menemukan sepatu mereka penuh dengan hadiah dan suguhan kecil.

● Spanyol

Di Catalonia, merupakan tradisi merayakan Natal dengan parade tokoh-tokoh raksasa yaitu “the cavalcade of the three kings“. Pawai tersebut mencakup boneka besar dan kendaraan hias, dan orang-orang sering melempar permen dan camilan lainnya ke kerumunan.

● Filipina

Natal adalah salah satu hari raya yang paling lama dirayakan di dunia, dengan persiapan dimulai pada bulan September. Salah satu tradisi unik adalah pembuatan lampion rumit, yang disebut “parol“.

Lampion ini terbuat dari bambu atau bahan lainnya, dan seringkali berbentuk seperti bintang atau bentuk geometris lainnya. Lampion adalah simbol musim Natal di Filipina dan sering digunakan untuk menghiasi rumah, gereja, dan ruang publik.

● Polandia

Malam Natal di Polandia adalah bagian terpenting dari liburan, dan banyak orang merayakannya dengan hidangan khusus dengan nama “Wigilia“. Makanan biasanya termasuk hidangan seperti sup bit, ikan, pierogi, dan kolak buah kering.

Hal yang umum untuk bertukar hadiah pada Hari Natal, bukan pada Malam Natal seperti di beberapa negara lain. Hadiah sering diberikan kepada anak-anak oleh “Mikołaj” (Sinterklas) atau “Dziadek Mróz” (Kakek Frost).

● Italia

Malam Natal di Italia adalah waktu untuk pesta khusus yaitu “La Vigilia” (The Vigil) atau “Feast of the Seven Fishes“, yang biasanya berupa makanan laut, seperti cumi, kerang, dan belut. Di beberapa daerah, ada juga tradisi meninggalkan sedikit makanan untuk Bayi Yesus.

● Islandia

Malam Natal di Islandia adalah waktu untuk bertukar hadiah, dan banyak orang juga membaca cerita dari buku khusus berjudul “Jólabókaflóð“, yang berisi kumpulan cerita dan puisi bertema Natal.

Jólabókaflóð, atau “Christmas Book Flood“, adalah acara liburan tradisional di Islandia. Ini adalah saat orang Islandia bertukar buku sebagai hadiah, dan menganggapnya sebagai bagian utama dari musim Natal di negara tersebut.

Selama Jólabókaflóð, orang Islandia biasa menghabiskan minggu-minggu menjelang Natal dengan melihat-lihat toko buku dan memilih buku untuk diberikan sebagai hadiah. Banyak orang juga berpartisipasi dalam “klub buku”, di mana mereka bertukar buku dengan sekelompok teman atau anggota keluarga.

Dalam beberapa tahun terakhir, tradisi Jólabókaflóð menjadi semakin populer, dengan sejumlah acara dan kegiatan di seluruh negeri untuk merayakan acara tersebut. Acara ini sering kali meliputi pembacaan buku, bincang-bincang penulis, dan kegiatan bertema sastra lainnya.

Nah itu dia perayaan Natal yang unik di seluruh dunia. Malam Natal tentu saja merupakan waktu yang menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga, tetapi jika kamu mengalami gejala penyakit yang mengganggu sebelum Natal, kamu harus segera menghubungi dokter dan konsultasi ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tradisi Natal di Berbagai Negara yang Perlu Kamu Ketahui

Country Living. Akses pada 2022. 20 Christmas Traditions from Around the World.
Lifehack. Akses pada 2022. 15 Unique Christmas Traditions from Around the World.
Momondo. Akses pada 2022. Weird But Wonderful Christmas Traditions from Around The World.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn