Waspada Bahaya Asam Urat

Waspada Bahaya Asam Urat

ReliDoc – Jakarta. Sering merasa sakit ataupun nyeri pada bagian sendi? Jangan abaikan gejala tersebut, karena bisa saja itu asam urat. Yuk, waspada bahaya asam urat dan ketahui lebih jelasnya di sini!

Apa itu Asam Urat?

Asam urat adalah gangguan kesehatan yang dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian sendi seperti kaki dan lutut akibat tingginya kadar asam urat dalam darah. Faktanya, asam urat memiliki peran penting sebagai antioksidan sehingga perlu untuk kita menjaga kadarnya agar tetap stabil.  Selain itu, asam urat itu merupakan hasil proses metabolisme yang normal dihasilkan setiap individu dari pemecahan protein, terutama purin. Sumber purin yang akan terproses metabolisme menjadi asam urat sebagian berasal dari makanan yang dikonsumsi (20%), tapi sebagian besar (>80%) adalah hasil metabolisme sel yang terjadi terus-menerus sepanjang hari. Penyakit ini banyak menyerang orang dewasa hingga lanjut usia.

Hal terpenting, memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol, makanan yang mengandung purin tinggi dan gula tinggi akan sangat mudah terkena asam urat. Karena, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi jika dibiarkan begitu saja.

Penyebab dan Gejala

Pada umumnya asam urat merupakan senyawa yang diolah tubuh untuk mengurai purin, yang mana purin sangat penting untuk tubuh, baik dalam mengatur pertumbuhan sel dan menyediakan energi dan setelah tubuh menggunakannya maka purin akan terbuang melalui urin. Sebagian besar asam urat tinggi tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Penyakit ini timbul oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi dan hal ini terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin dan kurangnya gerak tubuh, sehingga purin menumpuk.

Gejala yang dapat penderita asam urat rasakan  seperti:

  • Nyeri sendi hebat yang muncul tiba-tiba dan berulang kali
  • Rasa tidak nyaman dan sakit
  • Adanya peradangan yang menyebabkan bengkak.
  • Sendi terasa kaku dan nyeri saat digerakkan

Jika tidak ditangani dengan segera, hal ini bisa semakin parah dan tentunya berbahaya.

Bahaya Asam Urat

Berikut bahaya asam urat yang bagi penderitanya:

1. Kerusakan Sendi

Kadar asam urat yang terus-terusan tinggi hingga tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan sendi yang parah dan memerlukan tindakan operasi.

2. Batu Ginjal

Kristal yang menumpuk akibat asam urat dapat berubah menjadi batu ginjal. Jika hal ini sudah terjadi maka kamu perlu berhati-hati. Gejala yang paling umum penderita rasakan adalah nyeri pinggang bagian kiri atau kanan tergantung letak batu.

3. Tophi

Tophi merupakan penumpukan kristal padat di bawah kulit, hingga akhirnya membentuk benjolan kecil berwarna putih berisi cairan seperti pasta gigi. Bahayanya ketika benjolan tersebut terus bertumbuh dan mengikis kulit dan jaringan pada persendian yang akhirnya menyebabkan kerusakan parah pada sendi.

4. Jantung

Tingginya asam urat menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah dan hal ini akan menyebabkan aliran darah ke jantung pun terganggu. Jika hal ini terjadi, maka penyakit jantung koroner akan muncul.

5. Diabetes

Untuk penderita yang memiliki riwayat diabetes, hal ini akan dapat memperburuk kondisi.

6. Gangguan Asidosis Metabolik

Ini adalah kondisi saat ginjal seseorang mengalami kesulitan membuang kelebihan asam urat dari dalam tubuh. Dalam kondisi tersebut, asam urat membentuk kristal, yang kemudian menempel pada persendian tubuh. Ketika asidosis metabolik terjadi di dalam tubuh, penderitanya mengalami pusing, lemas, sesak nafas, bahkan kehilangan kesadaran, yang dapat berujung pada kematian.

Pengobatan

Pengobatan asam urat kita lakukan guna menurunkan kadar asam urat menjadi normal. Dokter akan meresepkan obat seperti :

  • Colchicine,untuk mengatasi gejala nyeri ketika serangan gout terjadi
  • Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti Diclofenac, ibuprofen, dan Meloxicam.
  • Probenecid atau atau febuxostat (feburic), untuk menurunkan kadar asam urat
  • Kortikosteroid.
  • Inhibitor xanthine oxidase, allopurinol (Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric).

Pencegahan

Untuk pencegahannya kamu dapat melakukan hal berikut :

  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok.
  • Menurunkan berat badan, jika kamu kelebihan berat badan.
  • Rutin berolahraga.
  • Mengonsumsi makan sehat.
  • Menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat seperti jeroan, seafood dan kacang-kacangan.

Asam urat adalah penyakit yang dekat dengan siapa saja, namun jangan menyepelekan. Asam urat jika penderita abaikan gejalanya, pasti akan menimbulkan penyakit baru. Tentunya  ini akan membuat kondisi kesehatan semakin buruk. Segera konsultasikan dengan dokter, jika gejala yang kamu rasakan tidak kunjung hilang.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Waspada Bahaya Asam Urat

Mayo Clinic. Akses pada 2020. Gout.
Healthline. Akses pada 2023. Gout Complications.
WebMD. Akses pada 2023. What is a Uric Acid Blood Test?
WebMD. Akses pada 2023. Signs Your Gout Is Getting Worse.
Patient.Info. Akses pada 2023. Gout.
Medical News Today. Akses pada 2023. What are the potential complications of gout?

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn