Waspada Penyakit Autoimun. Apa saja Penyebabnya?

Waspada Penyakit Autoimun. Apa saja Penyebabnya

ReliDoc – Jakarta. Gangguan sistem kekebalan tubuh menyebabkan aktivitas sistem kekebalan tubuh rendah atau berlebihan. Mari kita waspada penyakit autoimun. Apa saja penyebabnya? Yuk simak selengkapnya pada artikel ini!. 

Apa itu Penyakit Autoimun?

Penyakit autoimun adalah kondisi yang mana sistem kekebalan tubuh Anda secara keliru merusak sel-sel sehat pada tubuh Anda. Jenisnya termasuk rheumatoid arthritis, penyakit Crohn, dan beberapa kondisi tiroid.

Umumnya, sistem kekebalan Anda melindungi Anda dari penyakit dan infeksi. Sehingga, saat mendeteksi patogen ini, ia menciptakan sel spesifik untuk menargetkan sel asing. Biasanya, sistem kekebalan tubuh Anda dapat membedakan antara sel asing dan sel Anda. Namun jika Anda mengidap penyakit autoimun, sistem kekebalan Anda salah mengira bagian tubuh Anda. Seperti persendian atau kulit, sebagai benda asing. Ini melepaskan protein yang kita sebut autoantibodi yang menyerang sel-sel sehat.

Biasanya, beberapa penyakit autoimun hanya menargetkan satu organ saja. Diabetes tipe 1 merusak pankreas Anda. Kondisi lain, seperti lupus eritematosus sistemik, atau lupus, dapat memengaruhi seluruh tubuh Anda.

Penyebab Penyakit Autoimun

Faktanya, dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik. Namun beberapa orang lebih mungkin terkena penyakit autoimun daripada yang lain. Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit autoimun meliputi:

1. Jenis Kelamin

Orang yang berjenis kelamin perempuan saat lahir antara usia 15 dan 44 tahun lebih mungkin terkena penyakit autoimun dibandingkan orang yang berjenis kelamin laki-laki saat lahir.

2. Riwayat Keluarga

Lebih daripada itu, Anda mungkin lebih mungkin terkena penyakit autoimun karena gen yang diturunkan, meskipun faktor lingkungan juga dapat berkontribusi.

3. Faktor Lingkungan

Selain itu, paparan sinar matahari, merkuri, bahan kimia seperti pelarut atau yang penggunaannya dalam pertanian, asap rokok, atau infeksi bakteri dan virus tertentu, termasuk COVID-19, dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun.

4. Etnis

Sementara itu, beberapa penyakit autoimun lebih sering terjadi pada orang-orang dalam kelompok tertentu. Misalnya, orang kulit putih di Eropa dan Amerika Serikat lebih mungkin terserang penyakit otot autoimun, sedangkan lupus cenderung lebih banyak terjadi pada orang Amerika keturunan Afrika, Hispanik, atau Latin.

5. Nutrisi

Pola makan dan nutrisi Anda dapat memengaruhi risiko dan tingkat keparahan penyakit autoimun.

6. Kondisi Kesehatan Lainnya

Kondisi kesehatan tertentu, termasuk obesitas dan penyakit autoimun lainnya, dapat membuat Anda lebih mungkin terkena penyakit autoimun.

Gejala Umum dari Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun dapat memengaruhi mata, jantung, persendian, kelenjar tiroid, saraf, pankreas, ginjal, kulit, usus, dan banyak lagi. Gejalanya tergantung pada bagian tubuh Anda yang terkena penyakit. Misalnya, jika Anda menderita penyakit celiac, penyakit ini akan merusak usus kecil dan Anda mungkin mengalami gejala usus seperti diare (buang air besar) atau sakit perut.

Selain gejala khusus pada kondisi autoimun, Anda mungkin juga mengalami gejala umum, seperti:

  • kelelahan atau kelelahan
  • kehilangan selera makan
  • penurunan berat badan
  • merasa ada sesuatu yang tidak beres.

Jika Anda mengalami salah satu gejala umum ini, ada baiknya Anda menemui dokter umum.

Pengobatan

Saat ini, penyakit autoimun tidak dapat disembuhkan. Namun, ada pengobatan yang tersedia untuk mengatasi gejala dan memperlambat perkembangan penyakit dengan menekan sistem kekebalan Anda. Mungkin, pengobatan ini dalam bentuk tablet atau suntikan.

Pastinya, perawatan akan tergantung pada kondisi yang Anda alami. Namun secara umum perubahan gaya hidup juga dapat membantu, seperti:

  • memiliki pola makan yang sehat dan berat badan yang sehat
  • istirahat dan tidur yang cukup
  • melakukan latihan yang cocok untuk Anda
  • mengurangi stres dan mendapatkan dukungan yang cukup.

Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui pilihan pengobatan terbaik untuk Anda. 

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Waspada Penyakit Autoimun. Apa saja Penyebabnya?

WebMD. Akses pada 2023. Autoimmune Diseases: What Are They? Who Gets Them?
Healthline. Akses pada 2023. Autoimmune Diseases: Types, Symptoms, Causes & More
Healthify. Akses pada 2023. Autoimmune diseases overview

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn