Yuk Ketahui 5 Cara Menangani Bibir Kering

Yuk Ketahui 5 Cara Menangani Bibir Kering

ReliDoc – Jakarta. Bibir terasa kering dan pecah-pecah, jadinya kamu ngebasahin dengan lidah kamu, tapi emangnya efektif ya? Nah di artikel ini akan kita bahas cara penanganan yang sesuai buat bibir kamu yang pecah, simak selengkapnya 5 cara menangani bibir kering di bawah ini yuk!

Bibir Kering, Kenapa Terjadi?

Bibir kering merupakan masalah yang umum terjadi pada setiap orang. Biasanya, hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti perubahan cuaca, kelembapan udara yang rendah, dehidrasi, atau penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai. Namun, bibir kering dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dan bahkan menyakitkan.

Faktor yang Membuat Bibir Kering

Berikut, ada beberapa faktor yang bisa membuat bibir menjadi kering, di antaranya:

1. Kurangnya Kelembapan

Faktor pertama-tama, bibir kering dapat terjadi karena kurangnya kelembapan atau kelembapan yang rendah di sekitar lingkungan. Tentu saja, hal ini bisa terjadi saat cuaca sedang panas, di musim dingin, atau di ruangan yang kurang terhidrasi.

2. Dehidrasi

Sementara, dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan bibir menjadi kering. Ini bisa terjadi ketika kita kurang minum air atau ketika kita beraktivitas fisik yang banyak dan mengeluarkan banyak keringat.

3. Kebiasaan Buruk

Selain itu, beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan bibir menjadi kering, seperti sering menjilat bibir, menggigit bibir, atau merokok.

4. Reaksi Alergi

Faktanya, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu, seperti makanan atau bahan kimia dalam produk kosmetik, yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering atau terasa gatal.

5. Produk Kosmetik yang Tidak Sesuai

Penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai, seperti lipstik yang terlalu kering atau lip liner yang mengandung alkohol, juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering.

6. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin B atau zat besi, juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering.

7. Medis

Beberapa kondisi medis, seperti psoriasis atau eksim, dapat menyebabkan bibir menjadi kering. Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat isotretinoin untuk jerawat atau obat antihistamin untuk alergi, juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering sebagai efek sampingnya.

Itu sebabnya, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab bibir kering agar dapat mengatasi dan mencegahnya dengan benar.

Cara Menangani Bibir yang Kering

Berikut ini adalah lima cara untuk menangani bibir kering agar bibirmu tetap sehat dan lembut:

1. Minum Cukup Air

Dehidrasi dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Minumlah cukup air setiap hari agar tubuhmu tetap terhidrasi dan bibirmu tetap lembut. Disarankan untuk minum minimal 8 gelas air per hari.

2. Gunakan Lip Balm atau Pelembab Bibir

Gunakan lip balm atau pelembab bibir yang mengandung bahan-bahan seperti petroleum jelly, minyak almond, atau shea butter. Produk-produk ini dapat membantu melembabkan bibir dan mencegah kekeringan bibir.

3. Hindari Produk Kosmetik yang Tidak Sesuai

Beberapa produk kosmetik, seperti lipstik yang terlalu kering atau lip liner yang mengandung alkohol, dapat membuat bibir menjadi kering. Hindari penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan bibirmu dan pilih produk kosmetik yang melembabkan.

4. Gunakan Masker Bibir

Masker bibir dapat membantu melembabkan bibir dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan masker bibir alami, seperti madu atau minyak kelapa, atau menggunakan produk masker bibir yang sudah tersedia di pasaran.

5. Jangan Menjilat Bibir Terlalu Sering

Meskipun menjilat bibir dapat memberikan sensasi lembut pada bibir yang kering, namun tindakan ini dapat membuat bibir menjadi lebih kering. Karena air liur mengandung enzim yang dapat membuat bibir menjadi kering. Oleh karena itu, hindari kebiasaan menjilat bibir terlalu sering.

Bibir kering dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan bahkan menyakitkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat bibir agar tetap sehat dan lembut. Dengan cara-cara di atas, kamu bisa mengatasi bibir kering dan menjaga bibirmu tetap sehat dan cantik.

Itu dia kenapa kamu bisa bibir kering dan cara penanganan yang tepat terhadap bibir yang kering, kamu bisa menggunakan tips-tips ini untuk membantu menangani bibir kering. Apabila masih kering, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Yuk Ketahui 5 Cara Menangani Bibir Kering

MedlinePlus. Akses pada 2023. Chapped lips
International Journal of Cosmetic Science. Akses pada 2023. The efficacy of synthetic pseudo‐ceramide for dry and rough lips.
International Journal Of Women’s Dermatology. Akses pada 2023. Art of prevention: Practical interventions in lip-licking dermatitis

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn