Manfaat Kolin untuk Kesehatan

Manfaat Kolin untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Zat gizi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh telah ditemukan, yang  fungsinya mirip dengan vitamin dan mineral, yaitu Kolin. Nutrisi yang bukan hanya untuk ibu hamil dan menyusui, tetapi untuk semua kalangan. Yuk, baca selengkapnya manfaat kolin untuk kesehatan di sini!

Apa itu Kolin?

Kolin adalah jenis nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara optimal dan maksimal dan kolin juga dapat mencegah penumpukkan lemak di hati. Zat gizi yang fungsinya mirip dengan vitamin. Selanjutnya, kolin merupakan molekul yang memainkan peran penting dalam berbagai proses biologis dalam tubuh manusia. Faktanya, kolin sering diklasifikasikan sebagai vitamin B kompleks, meski sebenarnya bukan senyawa vitamin.

Cara Kerja Kolin dalam Tubuh

Poin penting lainnya, kolin bertindak sebagai prekursor dalam sintesis fosfatidilkolin yang merupakan komponen utama fosfolipid dalam membran sel. Pastinya, hal ini membantu dalam menjaga integritas struktural, melanjutkan fungsi sel-sel tubuh dan juga untuk pensinyalan di otak dan sistem saraf. Selain itu, kolin juga berperan dalam metabolisme lemak. Di hati, kolin membantu mengangkut lemak dari hati ke jaringan lain untuk digunakan sebagai energi. Ini membantu mencegah penumpukan lemak di hati dan meningkatkan kesehatan hati. Pendek kata, kolin diperoleh dari makanan. Berikut ini makanan yang kaya akan kolin, seperti :

  • Kuning telur
  • Hati sapi
  • Kedelai
  • Ikan
  • Susu
  • Sayuran hijau
  • Kacang-kacangan

Namun, jika asupan kolin dalam tubuh tidak terpenuhi, maka kondisi kesehatan akan menurun dan menyebabkan gangguan kesehatan. Seperti munculnya gangguan fungsi otak, gangguan metabolisme lemak, gangguan jantung. Bahkan dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin, masalah otot,  dan terganggunya suasana hati yang membuat emosional tidak stabil.

Manfaat Kolin

Berikut beberapa manfaat dari kolin untuk kesehatan:

1. Sebagai Metabolisme Lemak

Pada umumnya, kolin berperan dalam transportasi lemak dan metabolisme di hati. Setidaknya, ini membantu mencegah penumpukan lemak dan perkembangan penyakit hati berlemak.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain itu, kolin terlibat dalam sintesis neurotransmitter asetilkolin, yang berperan dalam fungsi kognitif seperti memori, belajar dan konsentrasi. Secara umum, kekurangan kolin dapat mengganggu kinerja kognitif.

Baca juga: Butuh Fokus? Ini 10 Cara untuk Meningkatkan Konsentrasi Kamu

3. Membantu Pertumbuhan dan Pemeliharaan Sel

Kolin merupakan komponen penting dalam pembentukan fosfolipid, salah satu komponen utama membran sel. Penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh.

4. Membantu Mengurangi Risiko Jantung

Kolin dapat membantu mengatur metabolisme lemak dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: Perlu Tahu! Perbedaan Panic Attack dengan Serangan Jantung 

5. Menjaga Kesehatan Otot

Kolin mempengaruhi kontraksi otot dan koordinasi gerakan otot. Ini penting untuk kesehatan otot dan fungsi neuromuskular yang tepat.

Itu dia penjelasan mengenai kolin dan manfaatnya. Penting tuk diketahui bahwa persyaratan kolin dapat bervariasi, tergantung pada faktor seperti usia, jenis kelamin, dan status kesehatan. Bicaralah dengan ahli gizi atau dokter sebelum mengonsumsi suplemen kolin apa pun untuk memastikannya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Kolin untuk Kesehatan

Lefton, J. Verywell Health. Akses pada 2023. What Is Choline?
WebMD. Akses pada 2023. Choline.
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Acetylcholine (ACh).

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn